Publication Ethics

Etika Publikasi (Publication Ethics)

Amerta Nutrition (pISSN 2580-1163, e-ISSN 2580-9776) adalah jurnal elektronik dengan double-blind peer-reviewed. Surat pernyataan ini menjelaskan kaidah laik etik yang ditegakkan oleh semua pihak yang terlibat dalam publikasi artikel ke dalam jurnal ini, termasuk penulis (author), ketua dewan redaksi (editor in chief), anggota dewan redaksi (the editorial board), mitra bestari (the peer-reviewer) maupun penerbit (publisher) dalam hal ini adalah Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga. Pernyataan ini diadopsi berdasarkan COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Panduan Etika untuk Publikasi Jurnal (Ethical Guideline for Journal Publication)

Publikasi sebuah artikel dengan menggunakan yang dilakukan dengan peer-review seperti halnya pada Amerta Nutrition sangat penting untuk membangun keilmuan gizi. Hal ini merupakan bentuk refleksi secara nyata dari karya atau hasil penelitian para penulis dan institusi darimana mereka berasal. Artikel yang di peer-review memastikan metode ilmiah yang benar dan menjaga standard kualitas publikasi Amerta Nutrition. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi semua pihak yang terlibat dalam publikasi di Amerta Nutrition untuk menjaga standard laik etik baik sebagai penulis, redaksi, mitra bestari, penerbit maupun masyarakat secara umum. 

Departemen Gizi Kesehetan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga sebagai penerbit Amerta Nutrition melaksanakan tanggungjawabnya untuk menjaga standard mutu penerbitan sebuah artikel dalam setiap tahap penerbitan dengan serius dan kami memahami tanggungjawab dan etik yang harus dijaga. Kami berkomitmen untuk menjaga agar adanya sponsorship, pencetakan, distribusi dan bentuk komersialisasi Amerta Nutrition tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan redaksi terhadap sebuah artikel.

Keputusan publikasi (Publication decisions)

Redaktur Amerta Nutrition bertanggungjawab untuk menentukan manuskrip yang telah masuk dan dilakukan peer review untuk dipublikasikan. Validasi dari penelitian atau kajian pustaka serta pentingnya manuscript tersebut untuk pengembangan keilmuan, peneliti selanjutnya dan juga para pembaca Amerta Nutrition selalu menjadi pertimbangan yang utama dalam pengambilan keputusan. Redaktur Amerta Nutrition dapat merujuk kepada arahan Dewan Redaktur dan selalu mengacu pada aturan dan perundangan yang ada di Republik Indonesia berkaitan dengan copyright dan plagiarisme. Ketua dewan redaktur dapat memberi wewenang kepada anggota redaktur yang lain untuk pengambilan keputusan dengan memperhatikan hasil peer review.

Kesetaraan (Equality)

Redaktur akan selalu menjunjung tinggi rasa keadilan dan fairness setiap saat dalam mengevaluasi manuscript tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, agama dan keyakinan, etnik, kewarganegaraan maupun ideologi politik dari penulis.

Kerahasiaan (Confidentiality)

Redaktur dan semua staff redaksi tidak diperbolehkan membuka informasi mengenai manuskrip yang telah masuk Amerta Nutrition kepada siapapun selain kepada penulis korespondensi (corresponding author), dewan redaksi (editorial board) dan penerbit (publisher) jika dirasa layak.

Disclosure and conflicts of interest

Materi yang belum dipublikasikan dari sebuah manuscript yang masuk ke Amerta Nutrition tidak diperbolehkan untuk dipergunakan oleh redaktur sebagai bentuk dari penelitiannya sendiri tanpa adanya persetujuan tertulis atau written consent dari penulis.

Tanggungjawab Mitra Bestari (Duties of Reviewers)

Kontribusi Pengambilan Keputusan Editorial (Contribution to Editorial Decisions)

Mitra bestari atau (peer reviewer) bertugas untuk membantu redaktur dalam membuat keputusan editorial manuscript yang masuk ke Amerta Nutrition. Mitra bestari dapat memberikan saran atau masukan kepada penulis untuk meningkatkan kualitas manuskrip secara tidak langsung melalui pengelola jurnal atau redaktur Amerta Nutrition.

Kecepatan respon (Promptness)

Setiap mitra bestari akan ditawarkan kesediaannya untuk mereview manuskrip yang sesuai dengan bidang keahliannya. Diharapkan potensial reviewer dapat menjawab tawaran dari redaktur untuk mereview sebuah manuskrip selambat-lambatnya 3 hari setelah pemberitahuan pertama melalui email atau kontak personal. Jika dalam waktu 3 hari tidak memberikan balasan maka redaktur akan menawarkan review kepada mitra bestari yang lain. Setiap mitra bestari yang bersedia me-review sebuah manuskrip diharapkan dapat memberikan umpan balik atau komentar terhadap manuskrip tersebut selama 14 hari sejak tanggal kesediaan mereview disampaikan ke Amerta Nutrition. Jika mitra bestari merasa tidak dapat mereview manuskrip dalam tenggat waktu 14 hari sesudah memberikan kesediaan mereview, diharapkan dapat menginformasikan kepada redaktur untuk perpanjangan waktu atau menyatakan mengundurkan diri dari tugas mereview manuscript tersebut.

Kerahasiaan (Confidentiality)

Setiap manuscript yang diterima oleh mitra bestari harus diperlakukan sebagai suatu dokumen rahasia. Manuscript tersebut tidak boleh di perlihatkan atau didiskusikan dengan orang atau pihak lain.

Standard Obyektivitas (Standards of Objectivity)

Dalam mereview sebuah manuskrip, mitra bestari diharapkan dapat melakukannya dengan obyektif. Mitra bestari diharapkan dapat menyampaikan masukan atau saran dengan jelas dan disertai dengan didukung dengan argumen yang kuat.

Pengakuan Sumber (Acknowledgement of Sources)

Mitra bestari dapat memberikan saran berupa masukan untuk artikel atau reference lain yang relevan dengan manuscript yang direview namun belum disitasi oleh penulis. Pertanyaan, masukan atau saran mitra bestari hendaknya disertai dengan argumen yang kuat dengan disertai dengan sitasi sumber acuan yang jelas. Mitra bestari juga dapat memberikan masukan pada redaktur apabila mensinyalir bahwa manuscript yang disampaikan memiliki kesamaan yang substansial atau overlap dengan manuscript lain ataupun dengan artikel lain yang sudah terpublikasikan.

Pengungkapan (Disclosure) dan Conflict of Interest

Informasi atau ide yang didapatkan oleh mitra bestari dari manuscript yang masuk harus dijaga kerahasiaannya dan tidak dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Mitra bestari tidak seharusnya menilai manuscript berdasarkan benturan kepentingan masa lampau sekarang atau masa depan baik berasal dari bentuk kerjasama, persaingan atau hubungan dan koneksi lain dengan penulis, institusi atau perusahaan yang berkaitan dengan manuscript dalam review.

Tanggungjawab Penulis (Duties of Authors)

Standard penulisan (Reporting standards)

Penulis pada artikel penelitian orisinil harus mempresentasikan hasil dengan terbuka dan secara obyektif membahas signifikansi manuskrip yang dibuatnya. Data yang mendasari penulisan manuscript harus dapat ditampilkan secara akurat didalamnya. Sebuah manuskrip harus mengandung penjelasan yang cukup detail agar peneliti lain dapat mereplikasi penelitian tersebut. Penipuan laporan dan secara sadar menuliskan pernyataan yang tidak sesuai dengan data sebenarnya merupakan bagian dari perilaku ilmiah yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Plagiarisme (Originality and Plagiarism)

Penulis harus memastikan bahwa manuskrip yang dibuat adalah hasil penelitian yang orisinil dan apabila penulis merujuk atau menggunakan hasil pemikiran, data atau tulisan orang lain harus disitasi dengan baik dan benar. Tiap penulis utama diwajibkan untuk menandatangani Surat Pernyataan Orisinalitas di atas materai 6000 (terlampir). Amerta Nutrition menganjurkan penggunaan parafrase ide atau kalimat dari orang lain dengan disertai sitasi yang sesuai dengan panduan bagi penulis (Guide for author). 

Publikasi Ganda (Multiple, Redundant or Concurrent Publication)

Penulis tidak seharusnya mempublikasikan manuskrip yang sama kepada lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Perilaku seperti tersebut diatas termasuk sebagai bentuk publikasi yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber (Acknowledgement of Sources)

Pengakuan sumber secara tepat harus selalu dilakuan oleh penulis dalam penggunaan sumber penulisan dari artikel atau reference yang digunakan dalam manuscript. Penulis seharusnya hanya mensitasi artikel yang berpengaruh dan relevan dengan manuscript yang ditulisnya.

Authorship

Prinsip authorsip dalam Amerta Nutrition mengikuti guidelines for authorship dari ICMJE (The International Committee of Medical Journal Editors). Authorship harus dibatasi kepada mereka yang telah membuat kontribusi yang signifikan pada konsep, desain, pelaksanaan atau interpretasi dari penelitian yang ditulis. Semua orang yang memberikan kontribusi secara signifikan dapat ditulis sebagai co-author. Jika ada yang berpartisipasi secara substantif namun tidak memenuhi persyaratan authorship sesuai ICMJE maka seharusnya dituliskan dalam acknowledgement atau sebagai kontributor dalam acknowldegement. Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua co-authors telah menyetujui versi final dari manuscript yang dimasukkan kedalam Amerta Nutrition.

Subyek Bahan Berbahaya, Manusia atau Hewan (Hazards and Human or Animal Subjects)
 
Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, manusia, hewan, dan mikroba, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa melekat dalam penggunaannya, penulis harus jelas menuliskannya ini dalam naskah (manuskrip).
 
Keterbukaan (Disclosure) dan Conflicts of Interest
 
Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka konflik substantif keuangan atau kepentingan yang ditafsirkan dapat mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek tersebut harus diungkapkan.
 
Kesalahan Mendasar dalam Artikel Terpublikasi (Fundamental errors in published work)
 

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan pada artikel yang sudah terbit di Amerta Nutrition[A1] , merupakan kewajiban penulis untuk segera memberitahukan redaktur Amerta Nutrition atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel.


 [A1]Perhatikan penulisan amerta