GUIDE FOR AUTHOR

PETUNJUK PENULISAN “THE INDONESIAN JOURNAL OF OCCUPATIONAL SAFETY AND HEALTH”

 

 

The Indonesian Journal of Occupational Safety And Health menerima karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian. Artikel hasil penelitian adalah suatu karya tulis hasil  penelitian yang belum pernah di publikasikan.

 A.  Bentuk Penulisan Naskah

Artikel ilmiah diketik 1 spasi pada satu halaman di atas kertas berukuran A4, format Times New Rowman, ukuran font 12 dengan margin dari semua tepi 2,5 cm. Jumlah halaman antara 12-15 halaman, termasuk tabel dan  gambar. Tidak diperkenankan ada catatan kaki (footnote). Format penulisan 2 kolom.

Artikel ilmiah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia baku atau Bahasa Inggris. Cara penulisan nama ilmiah harus memperhatikan kaidah atau peraturan tata tulis yang berlaku. Semua artikel ilmiah yang masuk akan dinilai oleh penyunting ahli yang ditunjuk oleh redaksi.

 B.  Organisasi Artikel Ilmiah

1.        Judul (Title)

Judul harus ringkas dan jelas dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Format Times New Rowman, ukuran font 14). Diupayakan tidak lebih dari 18 kata. Di bawah judul harus ditulis nama penulis (atau para penulis), nama institusi dan alamat email. Bila para penulis berasal dari institusi yang berbeda, maka harus diberi nomor dan setiap tanda diberi nama institusi penulis. Di bawah institusi penulis dicantumkan email kontak.

2.      Abstrak (Abstract)

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, antara 200-250 kata, dibuat  ringkas dan jelas sehingga mudah dipahami pembaca tanpa harus membaca seluruh isi makalah. Keywords/ kata kunci ditulis setelah abstract berjarak 1 spasi dari kalimat terakhir. Abstrak berisi tujuan penelitian, metode, hasil utama dan kesimpulan utama

3.      Pendahuluan (introductions)

Berisi penjelasan tentang latar belakang penelitian dilakukan, inti permasalahan dan tujuan.

4.      Metode (Methods)

Berisi penjelasan tentang rancang bangun penelitian, lokasi dan waktu, populasi, besar, dan cara pengambilan sampel, variabel penelitian, cara pengumpulan serta analisis data.

5.      Hasil (Result)

Bagian ini berisi hasil penelitian yang disampaikan dalam bentuk narasi, tabel, dan atau gambar serta hasil uji statistik, dengan penjelasan tanpa pembahasan. Judul tabel ditulis di atasnya sedangkan judul gambar ditulis di bawahnya.

 6.      Pembahasan (discussion)

Pembahasan bukanlah penulisan ulang hasil penelitian, melainkan harus berisi penataan ringkas bagian penting hasil penelitian, argumentasi yang mendukung, pembahasan terhadap hasil penelitian lain yang relevan yang telah di publikasikan dan kontribusi temuan untuk pengayaan dan pengembangan ilmu dan teknologi bagi masyarakat.

7.      Simpulan

Kesimpulan berisi pernyataan singkat tentang hasil temuan sebagai jawaban rumusan permasalahan dan tujuan.

8.      Daftar Pustaka (Reference)

Daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan abjad (sistem Harvard) dengan nama keluarga didahulukan dan ditulis lengkap, sedangkan nama diri disingkat (ditulis huruf pertamanya saja). Bila nama keluarga tidak diketahui kata terakhir dari nama tersebut  dianggap sebagai  nama keluarga. Daftar pustaka hanya memuat referensi yang dikutip dalam artikel. Semua referensi yang dikutip dalam artikel harus dimasukkan daftar pustaka.

TAMBAHAN :

Semua artikel ilmiah dilakukan pengecekan plagiarisme melalui software TURNITIN sebanyak 2 kali yaitu saat pertama kali jurnal masuk dan setelah jurnal mendapat review dari reviewer. Hasil pengecekan plagiarisme melalui software TURNITIN maksimal 30%.