PENGARUH PERSEPSI KEADILAN REMUNERASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR

Angga Fitri Valina Hartono

= http://dx.doi.org/10.20473/jeba.V27I12017.5511
Abstract views = 69 times | views = 178 times

Abstract


Sampai dengan saat ini remunerasi di lingkungan Pemerintah dirasa masih menimbulkan kecemburuan di antara para pegawai, hal ini terkait juga dengan penilaian kinerja yang dilakukan dengan DP3 yang notabene penilaiannya secara subjektif dan terkesan formalitas saja. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh persepsi keadilan remunerasi yang dirasakan oleh pegawai terhadap kinerja pelayanan yang mereka berikan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama persepsi keadilan remunerasi mempengaruhi kinerja pelayanan pegawai. Semakin tinggi tingkat persepsi pegawai atas keadilan remunerasi maka semakin tinggi kinerja pelayanan yang mereka berikan karena persepsi yang positif akan memberikan dampak yang positif pula terhadap suatu objek. Secara parsial persepsi keadilan distributif dan keadilan prosedural memiliki hubungan yang positif dengan kinerja pelayanan, sedangkan persepsi keadilan interaksional berhubungan negatif dengan kinerja pelayanan. Keadilan distributif menjadi prediktor terbaik dari kinerja pelayanan pegawai.

 

Kata kunci: Keadilan organisasional, remunerasi, kinerja pelayanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:
Hasil gambar untuk base search logohttps://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a9/Google_Scholar_logo_2015.PNGImage result for isjdHasil gambar untuk logo ipi portal garuda
 

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License