JESTT

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Artikel Ilmiah diketik sepanjang tidak lebih dari 6.000 kata atau antara 15-16 halaman (huruf Century Gothic 10) pada halaman kertas A4.
  2. Marjin halaman atas, bawah, kanan, dan kiri 1″ n jarak 1,5 spasi. Khusus untuk indentitas penulis, dan abstrak spasi single.
  3. Sistematika pembahasan dalam artikel setidaknya terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut: (Contoh di lampiran A1)
    • Judul harus berbeda dengan judul Skripsi. Dibawah judul harus terdapat tanda disclamer [1])
    • Nama Penulis Jabatan dan Alamat  Korespondensi  Penulis. Nama Penulis Pertama adalah Mahasiswa, Nama Pembimbing dituliskan di urutan terakhir nama penulis. Spasi Single.
    • Abstrak disajikan di awal teks dan maksimal 150 kata dalam Bahasa Inggris, huruf Italic. Abstrak diikuti dengan sedikitnya empat kata kunci (keywords). Abstrak harus meliputi : latar belakang dan/atau tujuan penulisan karya ilmiah, metode/pendekatan, hasil penelitian, simpulan. Spasi Single.
    • Pendahuluan menguraikan latar belakang (motivasi) penelitian, rumusan masalah penelitian, pernyataan tujuan, dan (jika dipandang perlu) organisasi penulisan artikel.
    • Landasan Teori dan Pengembangan Hipotesis (jika ada), memaparkan kerangka teoritis berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan hipotesis atau proposisi penelitian dan model penelitian (jika dipandang perlu). Penulisan tersebut tanpa menambahkan sub judul
    • Metode Penelitian memuat metode seleksi dan pengumpulan data, pengukuran dan definisi operasional variabel, dan metode analisis data.
    • Hasil dan Pembahasan memuat hasil analisis penelitian dan pembahasan hasil penelitian.
    • Simpulan berisi pembahasan mengenai temuan dan simpulan penelitian.
    • Daftar Pustaka memuat sumber-sumber yang dikutip dalam penulisan artikel. Hanya sumber yang diacu yang dimuat di daftar referensi ini.
  4. Kutipan langsung yang panjang (lebih dari 3,5 baris) diketik dengan jarak baris satu dengan indented style (bentuk berinden).
  5. Semua halaman termasuk lampiran dan referensi harus diberi nomor urut halaman.
  6. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul, dan sumber (bila relevan). Judul tabel ditulis di atas tabel sedangkan judul gambar ditulis di bawah gambar. Sumber gambar/tabel ditulis di bawah gambar/tabel.

Contoh :

TABEL

Tabel 1.

Judul Tabel

 

Sumber : nama. Tahun, judul.penerbit

GAMBAR

Sumber : nama. Tahun. Judul. Penerbit

Gambar 1.

Judul Gambar

  1. Kutipan dalam teks sebaiknya ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun tanpa koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu. Contoh:
    • Satu sumber kutipan dengan satu penulis: Miller (1977). Jika disertai nomor halaman: Miller (1977:245). Jika kutipan berada di akhir teks, maka ditulis: (Miller, 1977:245)
    • Satu sumber kutipan dengan dua penulis: Jensen dan Meckling (1976). Jika Jika disertai nomor halaman: Jensen dan Mecking (1976:196). Jika kutipan berada di akhir teks, maka ditulis: (Jensen dan Mecking, 1977:196)
    • Satu sumber kutipan dengan lebih dari dua penulis: Laporta dkk (2000), atau Laporta et al (2000). Jika Jika disertai nomor halaman: Laporta dkk (2000:175). Jika kutipan berada di akhir teks, maka ditulis: (Laporta dkk, 2000:175)
    • Dua sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: Sharpe (1963); Litner (1964). Jika disertai nomor halaman: Shape (1963:155); Litner (1964:140). Jika kutipan berada di akhir teks, maka ditulis: (Shape, 1962:155; Litner, 1964:140)
    • Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama: Miller (2003, 2008:45). Jika tahun publikasi sama: Jensen (1986a, 1986b:30)
    • Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya akronim institusi yang bersangkutan, misalnya (UNAIR, 2008:10)
  2. Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) dengan ketentuan penulisan sebagai berikut:
    • Daftar referensi disusun sesuai alfabet nama penulis atau nama institusi.
    • Susunan setiap referensi: nama penulis, tahun publikasi, judul jurnal atau buku teks, nama jurnal atau penerbit, nomor halaman.

Contoh:

Abel, A.B. 1983. Optimal Investment under Uncertainty. American Economics Review 73/1:228-233

Abowd, J.M, dan D.S. Kaplan. 1999. Executives Compensation: Six Questions that need Answering. NBER working paper: 1-37

American Accounting Association. 1977. Committee on Concepts and Standards for External Financial Reports. Statement on Accounting Theory and Theory Acceptance. Sarasota, FL: AAA

Megginson, W.L. 1997. Corporate Finance Theory. Addison-Wesley Educational Publishers Inc

  1. Semua sumber kutipan yang ditulis di dalam artikel ilmiah, harus ditulis di Daftar Pustaka

[1]) Penulisan  Disclamer : Jurnal ini merupakan bagian dari Skripsi yang ditulis oleh (Nama; NIM), yang diuji pada (tanggal ujian skripsi).

 

 

Copyright Notice

  1. Setiap naskah yang diserahkan penulis harus sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku.
  2. Hak publikasi atas semua materi naskah Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan yang diterbitkan/dipublikasikan dipegang oleh dewan redaksi atas dasar kesepakatan bersama dengan penulis.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara elektronik dapat diakses secara gratis untuk tujuan pendidikan dan penelitian. Di luar tujuan tersebut, pengakses akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan UU Hak Cipta.

 

Creative Commons License
JESTT by Universitas Airlangga is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.