DOI: http://dx.doi.org/10.20473/jn.V11I12016.40-44

PROFIL EKG PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK JANTUNG

Fira Soraya, Elyana Asnar, Muhammad Aminuddin

Abstract


Pendahuluan: Sebanyak 31,7% penduduk Indonesia memiliki hipertensi. Hipertensi dapat mengakibatkan perubahan pada anatomi dan atau fungsi jantung yang dapat menyebabkan morbiditas dan atau mortalitas. Perubahan itu sendiri dapat dideteksi dengan elektrokardiografi (EKG). Berdasarkan alasan tersebut, tujuan dari studi ini adalah mengetahui profil EKG pasien hipertensi di Poliklinik Jantung RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Metodologi: Studi ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Sampel penelitian didapatkan melalui data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik sampel total selama periode 1-31 Maret 2015. Data yang terkumpul diolah berdasarkan jenis kelamin, usia dan ada tidaknya hipertrofi ventrikel kiri jantung.

Hasil: Terdapat 140 pasien hipertensi selama periode 1-31 Maret 2015. Prevalensi hipertensi didapatkan sama antara pria dan wanita. Prevalensi rentang usia tertinggi pasien hipertensi adalah usia 51-60 tahun. Dua Hasil EKG menunjukkan hipertrofi ventrikel kiri, dimana kedua hasil tersebut terdapat pada pria usia 55 tahun dan 61 tahun, dan 138 hasil EKG menunjukkan selain hipertrofi ventrikel kiri, seperti aritmia dan fibrilasi atrial.

Diskusi: Hasil yang diperolah dan telah diolah menunjukkan hasil yang sama antara pria dan wanita, dimana menurut beberapa penelitian yang telah ada terdapat perbedaan antara pria dan wanita. Hal ini kemungkinan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Kata kunci: hipertensi, EKG, hipertrofi ventrikel kiri

Full Text:

Untitled PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This journal is indexed by:

    
     
     


Creative Commons License

This journal (p-ISSN:1858-3598; e-ISSN:2502-5791) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats