Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Template manuskrip dapat diunduh disini.

A.   Petunjuk Umum

  1. Ketentuan penulisan manuskrip dalam INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental mengacu pada Publication Manual of the American Psychological Association, Sixth Edition http://www.apastyle.org/manual/index.aspx
  2. Manuskrip dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah tata bahasa yang baik dan benar. Penulisan manuskrip dalam bahasa Inggris umumnya dalam bentuk past tense.
  3. Manuskrip yang ditulis dalam bahasa Inggris atau penulis yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, harus dikirim ke English Editor terlebih dahulu untuk diperiksa tata bahasa Inggrisnya.
  4. Manuskrip ditulis dalam format MS Word dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm), kolom tunggal, dengan tata letak teks sesederhana mungkin. Dianjurkan untuk hanya menggunakan fasilitas penulisan yang disediakan dalam MS Word (bold, italics, subsripct, superscript, equation, dll).
  5. Semua bagian teks dalam manuskrip ditulis dengan menggunakan huruf Cambria.
  6. Panjang manuskrip ilmiah hendaknya berkisar antara 7000 kata atau kurang lebih 15-20 halaman, termasuk gambar, grafik dan tabel (jika ada) yang menyertainya.
  7. Gambar dan tabel hanya untuk menerangkan hal-hal yang tidak mudah diterangkan dalam teks. Harap dipastikan bahwa kualitas dan ukuran gambar yang disajikan cukup memadai untuk menghasilkan kualitas cetak yang baik.
  8. Naskah harus diunggah melalui sistem Open Journal System (OJS). Silahkan klik menu register pada section ONLINE SUBMISSION diatas untuk pengguna yang baru pertama kali mengirim naskah.
  9. Segala macam korespondensi yang berhubungan dengan INSAN JPKM dilakukan melalui surel insan@psikologi.unair.ac.id.

 

B.   Petunjuk Khusus

  1. Istilah-istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah dalam teks ditulis dalam huruf italic.
  2. Tinjauan pustaka (literature review) tidak dicantumkan sebagai bagian dari struktur manuskrip. Dengan demikian pengutipan pustaka yang dianggap penting dapat dipadukan dalam bab pendahuluan (introduction) atau dalam pembahasan.
  3. Pengutipan pustaka acuan dalam pembahasan seperlunya saja dan yang lebih diutamakan adalah pembahasan terhadap hasil analisis data yang ditemukan sendiri.

 

C.    Format/ Struktur Isi dan Sistematika Manuskrip

Isi dan sistematika manuskrip yang ditulis dipaparkan secara naratif menggunakan format essai dalam bentuk paragraf, dan tidak menggunakan sistematika pembaban rinci seperti skripsi/ tesis/ disertasi (tanpa penomoran di depan sub judul) dan harus memuat komponen:

 

  1. Judul: Judul sebaiknya ringkas dan lugas menggambarkan isi tulisan. Boleh menggunakan judul yang kreatif dan menarik minat pembaca (maksimal 14 kata). Lokasi penelitian dipaparkan di bagian metode, tidak disebut di judul.
  2. Nama Penulis: Tuliskan nama lengkap penulis tanpa gelar, instansi tempat penulis bekerja/ belajar, dan alamat korespondesi (e-mail) penulis.
  3. Abstract/Abstrak: Ditulis dalam Bahasa Inggris dan dalam Bahasa Indonesia. Diketik satu spasi, maksimum 150 kata memuat antara lain: hipotesis, subjek penelitian, metode dan hasil.
  4. Key words/Kata Kunci: Kata-kata pokok dalam penelitian, dapat diambil dari variabel penelitian, karakteristik subjek penelitian, dan teori yang diacu (minimum tiga kata atau gabungan kata, ditulis berdasarkan urutan abjad).

 

Pendahuluan

Uraikan tentang latar belakang permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian, kajian teori, dan diakhiri dengan hipotesis (jumlah hlm maks. 20%). Berisi; (a) paparan perkembangan terkini bidang ilmu yang diteliti yang argumentasinya didukung oleh hasil kajian pustaka primer dan mutakhir; (b) paparan kesenjangan; (c) argumentasi peneliti dalam menutup kesenjangan tersebut sebagai janji kontribusi penelitian bagi perkembangan ilmu; dan (d) paparan tujuan penelitian.

 

Metode

Berisi identifikasi variabel, subjek penelitian, instrumen penelitian, dan metode penelitian termasuk teknik analisis statistik yang digunakan (jumlah halaman maksimal 20%). Berisi paparan tentang segala sesuatu yang memang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian secara jelas seolah olah memberi peluang peneliti lain untuk melakukan replikasi atau verifikasi terhadap penelitiannya. Hindari definisi-definisi yang dikutip dari buku.

 

Hasil Penelitian

Hasil penelitian terdiri dari statistika deskriptif, hasil uji asumsi, dan hasil uji hipotesis kemudian dianalisis secara kritis (maks. 20%) dipaparkan secara berurutan atau terpadu. Paparan bagian hasil berisi hasil analisis data. Jika ada tabel/bagan/gambar berisi paparan hasil analisis yang sudah bermakna dan mudah dipahami maknanya secara cepat. Tabel/bagan/gambar tidak berisi data mentah yang masih dapat atau harus diolah.

 

Diskusi

Penjelasan mengenai hasil penelitian, dikaitkan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya, dianalisis secara kritis dan dikaitkan dengan literatur terkini yang relevan (jumlah hlm maks.  30-40%). Paparan bagian diskusi berisi pemberian makna secara substansial terhadap hasil analisis dan perbandingan dengan temuan-temuan sebelumnya berdasarkan hasil kajian pustaka yang relevan, mutakhir dan primer. Perbandingan tersebut sebaiknya mengarah pada adanya perbedaan dengan temuan penelitian sebelumnya sehingga berpotensi untuk menyatakan adanya kontribusi bagi perkembangan ilmu. Diskusi diakhiri dengan rumusan simpulan dan saran.

 

Simpulan

Isi simpulan merupakan jawaban dari tujuan penelitian bukan rangkuman hasil penelitian. Simpulan dan saran dibuat secara ringkas, jelas dan padat didasarkan pada hasil dan diskusi (maks. 1 hlm), dibuat  dalam bentuk alinea (bukan numerik), berisi temuan penelitian sebagai sintesis antara hasil analisis data dan hasil pembahasan, serta lebih menonjolkan hal-hal yang baru yang memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu psikologi.

 

Pustaka Acuan

Tuliskan daftar pustaka yang menjadi acuan secara alfabetis dan kronologis. Pustaka Acuan adalah Daftar Acuan (Referensi) bukan Bibliografi, maka harus memuat semua sumber yang diacu dalam manuskrip, dan tidak perlu memuat sumber yang tidak diacu. Daftar rujukan berisi semua yang dirujuk dalam teks yang berasal dari sumber yang; (a) relevan, (b) minimal 80% mutakhir (10 tahun terakhir), dan (c) minimal 80% primer, terutama dari terbitan berkala ilmiah.

 

Berikut ini disajikan contoh-contoh penulisan daftar pustaka;

(a) Buku

Neuman, W.L. (1994). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

 

(b) Jurnal tanpa Digital Object Identifier (DOI)

Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well-being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.

Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications for local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.

 

(c) Jurnal dengan Digital Object Indentifier (DOI)

Herbst-Damm, K. L., & Kulik, J. A. (2005). Volunteer support, marital status, and the survival times of terminally ill patients. Health Psychology, 24(1), 225-229. DOI: 10.1037/0278-6133.24.2.225.

 

(d) Artikel dari harian/mingguan/bulanan

  1. Ada penulis: Supriatna, Y. (2007, 20 Maret). Gaya Hidup “Sakit”. Kompas, hlm.27.
  2. Tidak ada penulis: Memberdayakan Polres Bandara. (2007, 20 Maret). Kompas, hlm.27.

 

(e) Artikel dari majalah online

Clay, R. (2008, June). Science vs. ideology: Psychologists fight back about the misuse of research. Monitor on Psychology, 39(6). Diunduh dari: http://www.apa.org/monitor/ tanggal 10 Agustus 2012.

 

(f) Artikel dari Internet

Rinholm, J. (2001). Classroom behavior strategies: Helping children stay on task. Diakses pada tanggal 28 Maret 2001 dari http://members.home.net/jrinholm/Tidbits/offtask.htm.

 

(g) Tesis atau disertasi yang tidak dipublikasikan

Rimawati, A. B. (2010). Model teoretik prasangka sosial. (Disertasi tidak dipubli-kasikan). Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya.

 

(h) Naskah dari universitas yang tidak dipublikasikan

Nuryati, A., & Indati, A. (1993). Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Manuskrip sebelumnya tidak pernah dipublikasikan dimanapun, atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di terbitan manapun (atau apabila manuskrip tergolong dalam kedua kategori tsb, penjelasan telah disediakan penulis dalam kolom "Comments to the Editor").

  2. Manuskrip diketik dalam format file OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.

  3. Apabila tersedia, tautan URL dari referensi yang digunakan sudah dicantumkan.

  4. Manuskrip ditulis dengan font Cambria ukuran 12; serta seluruh tabel, gambar, grafik dan ilustrasi telah diletakkan sebagaimana mestinya, bukan diakhir naskah.

  5. Manuskrip telah ditulis dengan mengikuti gaya selingkung INSAN JPKM yang telah dijabarkan dalam laman Author Guidelines.

  6. Ketika melakukan submisi manuskrip, penulis telah melakukan instruksi Ensuring a Blind Review yang menjamin anonimitas proses review.

 

Copyright Notice

INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental adalah terbitan berkala dengan akses terbuka, sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis. Siapapun berhak menggunakan informasi yang tercantum dalam terbitan ini, selama mengutip sumber aslinya.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.