Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Media Gizi Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN BAGI PENULIS JURNAL ILMAH

MEDIA GIZI INDONESIA

 

Update April 2017

 

I.     PETUNJUK UMUM

Makalah yang dikirim ke redaksi merupakan makalah hasil pemikiran sendiri, bersifat ilmiah, mengandung unsur kekinian dan belum pernah dipublikasi. Untuk menghindari duplikasi, redaksi  tidak menerima makalah yang juga dikirim pada jurnal lain pada waktu yang bersamaan untuk publikasi.

 

Setiap pengirim makalah harus melampirkan:

  • Curriculum Vitae singkat corresponding author pada lembar terpisah, berisi nama lengkap dan gelar penulis, alamat beserta nomor telp (atau HP) rumah dan institusi, pendidikan formal, publikasi dan/atau penelitian 5 tahun terakhir (opsional)
  • Lembar pernyataan orisinalitas (bahwa tulisan yang dikirimkan tidak memuat unsur plagiarism)

 

II.      FORMAT PENULISAN MAKALAH

Makalah diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, margin tepi kiri 4 cm, tepi kanan, atas dan bawah 3 cm, tipe huruf Times New Roman, dengan ukuran (font): Judul artikel 16 pt, nama penulis 10 pt, identitas penulis 9 pt, abstrak (abstract) dan isi artikeliJudul 16 pt, nma 11 pt, tabel dan gambar 9 pt. Khusus tabel, spasi di dalam tabel dibuat 1 spasi (spasi tunggal). Makalah dikirim dalam bentuk print-out dan soft copy dengan jumlah halaman makalah 10-15 halaman. Isi makalah dibuat dalam dua kolom.

 

SISTEMATIKA PENULISAN

JUDUL

Nama Penulis (tanpa gelar)

Afiliasi, Kota

Email:

 

Abstrak (disertai kata kunci)

Abstract (disertai keywords)

Pendahuluan

Metode

Hasil dan Pembahasan

Kesimpulan dan Saran

Daftar Pustaka

 

Keterangan

a.      Judul dan Identitas Penulis

Judul dibuat singkat, padat, informatif dan mudah dipahami. Panjang judul maksimal terdiri dari 20 kata. Nama-nama penulis dan identitasnya (afiliasi, kota) dicantumkan pada bagian bawah judul artikel. Nama penulis yang akan menjadi corresponding author diberi keterangan dengan memberikan tanda berupa angka superscript. Bagi mahasiswa skripsi, nama dosen pembimbing ditulis sebagai penulis kedua

 

b.      Abstrak (Abstract) dan Kata-kata Kunci (keywords)

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf Times New Roman, font 11 pt, spasi tunggal. Jumlah kata tidak melebihi 250 kata, disusun dalam 1 (satu) paragraf, mencantumkan kata-kata kunci (keywords) yang disebutkan pada bagian bawah paragraf abstrak sebanyak 3-5 kata spesifik dan sering dipakai dalam artikel. Hindari kutipan dan penggunaan singkatan pada abstrak.

 

Abstrak memuat informasi singkat latar belakang masalah yang diangkat, tujuan penelitian, ringkasan singkat metode (desain penelitian, pemilihan subyek, metode analisa), hasil dan pembahasan (gunakan data yang paling spesifik menjawab tujuan dengan disertai tingkat signifikansi hasil uji statistik, jika ada), kesimpulan serta manfaat/urgensi kesimpulan yang didapat.

 

c.    Isi Makalah

Bagian inti makalah terdiri dari sub judul: pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran.

 

Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, dan pernyataan tujuan

 

Metode

Bagian metode berisi langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara  lengkap namun padat, mulai dari rancangan penelitian (termasuk metode pengambilan sampel (jika ada), sampel, bahan yang digunakan, alat yang digunakan, cara kerja, pengumpulan data dan teknik analisis data.

Dalam metode juga disertakan pernyataan bahwa penelitian tersebut telah mendapatkan persetujuan dari komisi etik (penelitian yang melibatkan subyek manusia dan/atau hewan percobaan).

 

Hasil dan Pembahasan

Hasil penelitian menyajikan secara ringkas, padat dan jelas hasil penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel dan grafik yang informatif dan dapat lebih memperjelas penyampaian hasil.

  • Nomor dan judul tabel ditempatkan di bagian atas tabel dan dicetak tebal. Penomoran tabel dilakukan secara berurutan. Garis yang digunakan pada tabel hanya bagian row kepala tabel dan bawah saja (tanpa garis kolom) dengan spasi tunggal. Apabila perlu ada penjelasan singkat mengenai data pada table, penjelasan dituliskan pada bagian bawah tabel.
  • Nomor dan judul gambar diletakkan di bawah gambar dan dicetak tebal. Penomoran gambar dilakukan secara berurutan. Gambar akan dicetak hitam putih sehingga perlu diperhatikan penggunaan warna/motif untuk membedakan series pada grafik/diagram.
  • Tabel dan gambar yang berupa kutipan dari sumber referensi lain (selain hasil penelitian), harus mencantumkan sumber referensinya di bagian bawah tabel/ gambar.

 

Pembahasan menjelaskan makna temuan/hasil secara ringkas, padat dan jelas. Argumen yang dijelaskan harus relevan, sesuai lingkup pokok bahasan/permasalahan serta menjawab permasalahan/tujuan penelitian. Gunakan referensi (hasil penelitian lain atau teori) untuk mendukug penjelasan hasil penelitian anda. Jika ada singkatan, gunakan singkatan yang standar. Penggunaan singkatan harus didahului dengan kepanjangannya terlebih dahulu. Istilah asing ditulis dengan huruf Italic. Angka yang digunakan pada awal kalimat, dituliskan dalam bentuk kata.

 

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan memaparkan hal-hal penting yang didiskusikan dalam hasil dan pembahasan secara singkat, padat dan jelas, dan menjawab tujuan penelitian. Kesimpulan dapat diakhiri dengan saran (jika dianggap perlu).

 

Persantunan/acknowledgement (jika dianggap perlu)

Persantunan memuat ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang berperan penting dalam pelaksanaan penelitian (misalnya penyandang dana) dan atau penulisan artikel ilmiah serta memuat penjelasan  jika penelitian ini merupakan bagian dari rangkaian penelitian dalam skripsi/tesis/disertasi.

 

Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka mengacu pada APA Referencing Guide 6th edition. [Publication Manual of the American Psychologycal Association. (6th ed.). (2010). Washington, D.C.: American Psychological Association]. Daftar pustaka disusun secara sistematis dan diurut secara abjad/alfabetis menurut nama pengarang. Secara umum, penulisan daftar pustaka sebagai berikut:

Penulis, A.A., Penulis, B.B, & Penulis, C.C.(tahun publikasi). Judul publikasi: sub judul. (Edisi [jika bukan edisi pertama]). Tempat diterbitkan: Penerbit.

 

Minimal 80% pustaka yang digunakan berasal dari sumber primer yang up to date (diterbitkan tidak lebih dari 10 tahun sebelum karya ilmiah disampaikan ke MGI). Sumber yang tidak dipublikasikan, misalnya manuscript atau personal communication tidak dapat dijadikan referensi tulisan.

 

 

CONTOH PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

 

Rujukan dari buku
  • King, M. (2000). Wrestling with the angel: A life of Janet Frame. Auckland, New Zealand: Viking.
  • Krause, K.-L., Bochner, S., & Duchesne, S. (2006). Educational psychology for learning and teaching (2nd ed.). South Melbourne, Vic., Australia: Thomson.

 

Buku atau laporan yang dibuat oleh organisasi, asosiasi, atau lembaga pemerintah

University of Waikato. (1967). First hall of residence (Information series No. 3). Hamilton, New Zealand: Author.

 

Bab buku pada buku yang memiliki editor

Helber, L. E. (1995). Redeveloping mature resorts for new markets. In M. V. Conlin & T. Baum (Eds.), Island tourism: Management principles and practice (pp. 105-113). Chichester, England: John Wiley.

 

Makalah konferensi - online

Bochner, S. (1996, November). Mentoring in higher education: Issues to be addressed in developing a mentoring program. Paper presented at the Australian Association for Research in Education Conference, Singapore. Diakses dari http://www.aare.edu.au/96pap/bochs96018.txt

 

  1. Artikel dalam jurnal – versi elektronik dengan DOI

Hohepa, M., Schofield, G., & Kolt, G. S. (2006). Physical activity: What do high school students think? Journal of Adolescent Health, 39(3), 328-336. doi:10.1016/j.jadohealth.2005.12.024

 

Artikel dalam jurnal – versi elektronik tanpa DOI

Harrison, B., & Papa, R. (2005). The development of an indigenous knowledge program in a New Zealand Maori-language immersion school. Anthropology and Education Quarterly, 36(1), 57-72. Diakses dari ProQuest Education Journals database.

 

Artikel dalam jurnal – versi cetak

Gibbs, M. (2005). The right to development and indigenous peoples: Lessons from New Zealand. World Development, 33(8), 1365-1378.

 

Artikel dalam jurnal (hanya versi internet – tanpa versi cetak)

Snell, D., & Hodgetts, D. (n.d.). The psychology of heavy metal communities and white supremacy. Te Kura Kete Aronui, 1. Diakses dari http://www.waikato.ac.nz/wfass/tkka

 

Skripsi/ tesis/ disertasi versi cetak

Dewstow, R. A. (2006). Using the Internet to enhance teaching at the University of Waikato (Unpublished master’s thesis). University of Waikato, Hamilton, New Zealand.

 

Skripsi/ tesis/ disertasi versi web

Dewstow, R. A. (2006). Using the Internet to enhance teaching at the University of Waikato (Master’s thesis, University of Waikato, Hamilton, New Zealand). Diakses dari  http://researchcommons.waikato.ac.nz/handle/10289/2241

 

Halaman web (jika yang dirujuk adalah beberapa halaman pada alamat web yang sama, gunakan halaman homepage)

Statistics New Zealand. (2007). New Zealand in profile 2007. Diakses dari  http://www.stats.govt.nz

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Makalah yang dikirim ke redaksi merupakan makalah hasil pemikiran sendiri, bersifat ilmiah, mengandung unsur kekinian dan belum pernah dipublikasi.
  2. File dalam bentuk OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  3. Jika ada daftar pustaka yang diunduh dari internet maka menyediakan alamat URLs.
  4. Makalah diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, margin tepi kiri 4 cm, tepi kanan, atas dan bawah 3 cm, tipe huruf Times New Roman, dengan ukuran (font): Judul artikel 16 pt, nama penulis 10 pt, identitas penulis 9 pt, abstrak (abstract) dan isi artikel 11 pt, judul 16 pt, nama 11 pt, tabel dan gambar 9 pt. Khusus tabel, spasi di dalam tabel dibuat 1 spasi (spasi tunggal).
  5. Penulisan daftar pustaka mengacu pada APA Referencing Guide 6th edition. [Publication Manual of the American Psychologycal Association. (6th ed.). (2010). Washington, D.C.: American Psychological Association]. Daftar pustaka disusun secara sistematis dan diurut secara abjad/alfabetis menurut nama pengarang.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

  1. Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal MEDIA GIZI INDONESIA ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
  2. Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal MEDIA GIZI INDONESIA berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau oleh pihak lainnya. 

 

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 350000.00 (IDR)
Authors are required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs (Public Health Faculty member, Universitas Airlangga).

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.