GUIDE FOR AUTHOR

PETUNJUK BAGI (CALON) PENULIS

JURNAL PROMKES

  1. Artikel yang ditulis untuk Jurnal Promkes meliputi hasil telaah dan hasil penelitian di bidang promosi dan pendidikan kesehatan. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 11 pts, dengan spasi single, dicetak pada kertas A4 sepanjang maksimum 10-15 halaman (nomor halaman di kanan atas) dengan margin top 2,5; bottom 2,5; left 4 dan right 2,5 cm artikel disusun dalam 2 kolom. Artikel diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 1 eksemplar beserta soft copy-nya. Pengiriman naskah dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: jurnal.promkes@gmail.com
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul; nama penulis; abstrak disertai kata kunci; pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, serta daftar pustaka.
  3. Judul artikel dalam bahasa Indonesia tidak boleh lebih dari 12 kata, dan judul artikel dalam bahasa Inggris tidak boleh lebih dari 10 kata. Judul dicetak dengan huruf capital di tengah-tengah,  /dengan ukuran huruf 14 pts.
  4. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail.
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 250 kata, sedangkan jumlah kata kunci adalah 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak minimal berisi judul artikel, tujuan, metode, dan hasil penelitian.
  6. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
  7. Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.
  8. Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 40-60% dari total panjang artikel.
  9. Bagian simpulan berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa inti sari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
    1. Daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar pustaka. Sumber pustaka minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Pustaka yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian (termasuk skripsi, tesis, dan disertasi).
    2. Pengutipan menggunakan teknik pustaka berkurung (nama, akhir tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai dengan keterangan tentang nomor halaman tetap asal kutipan. Contoh: (Subagyo, 2013)

Daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.