Strategi Pendidik Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid 19

Pandemi pendidikan strategi anak covid-19

Authors

  • Rahayu Firta Dewi
    rahayufirtadewi@gmail.com
    Magister Pengembangan Sumber Daya Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga
December 9, 2021

Downloads

Pandemi Coronavirus 2019 (COVID-19) telah menciptakan tantangan bagi komunitas pendidikan global. Sebagai upaya alternatif, banyak lembaga pendidikan yang  mengembangkan protokol belajar mengajar secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh tebaga pendidik dalam mengoptimalkan mutu pendidikan anak usia dini di masa pandemic agar anak tetap memperoleh kualitas pendidikan yang baik dengan situasi belajar yang menyenangkan. Peneliti  menggukan metode  studi  literatur  dengan  cara  mengumpulkan  literature bahan-bahan  materi  yang  bersumber  dari  buku,  jurnal,  dan sumber  lainnya  yang  berkaitan  dengan  strategi dalam pembelajaran anak usia dini. Selama masa lockdown, proses penugasan, kegiatan Home Visit, dan juga laporan kegiatan harian anak menjadi solusi penting dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar anak selama pandemi covid-19. Hal ini bertujuan agar semua aspek perkembangan anak dapat berkembang dengan baik sesuai dengan capaian perkembangan anak. Orang tua, guru, stakeholder lembaga pendidikan anak usia dini memiliki andil besar dalam menciptakan pembelajaran yang positif selama pandemic