Strategi Pendidik Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid 19
Downloads
Pandemi Coronavirus 2019 (COVID-19) telah menciptakan tantangan bagi komunitas pendidikan global. Sebagai upaya alternatif, banyak lembaga pendidikan yang mengembangkan protokol belajar mengajar secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh tebaga pendidik dalam mengoptimalkan mutu pendidikan anak usia dini di masa pandemic agar anak tetap memperoleh kualitas pendidikan yang baik dengan situasi belajar yang menyenangkan. Peneliti menggukan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan literature bahan-bahan materi yang bersumber dari buku, jurnal, dan sumber lainnya yang berkaitan dengan strategi dalam pembelajaran anak usia dini. Selama masa lockdown, proses penugasan, kegiatan Home Visit, dan juga laporan kegiatan harian anak menjadi solusi penting dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar anak selama pandemi covid-19. Hal ini bertujuan agar semua aspek perkembangan anak dapat berkembang dengan baik sesuai dengan capaian perkembangan anak. Orang tua, guru, stakeholder lembaga pendidikan anak usia dini memiliki andil besar dalam menciptakan pembelajaran yang positif selama pandemic
Acta Peadiatrica. (2020). Paediatric COVID-19 admissions in a region with open schools during the two first months of the pandemic. Sweden: Wiley Online Library.
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. Journal of Language, Literature, Culture, and Education , 65-78.
Angus, D. C. (2020). Optimizing the Trade-off Between Learning and Doing in a Pandemic. American Medical Association , 1895-1896.
Bustan, R., Nurfadilah, & Fitria, N. (2016). Pelatihan Optimalisai Tumbuh Kembang Anak pada Orangtua Anak Usia Dini. Jurnal AL-Azhar Indonesia Seri Humaniora , 274-182.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Usia Dini Melaluii Pembiasaan dan Keteladanan. 203-213.
Crawford, J., Henderson, K. B., Rudolph, J., Malkawi, B., Glowatz, M., Burton, R., et al. (2020). COVID-19: 20 countries' higher education intra-period digital pedagogy responses. Journal of Applied Learning & Teaching , 9-28.
Foster, T. D., Froyen, L. C., Skibbe, L. E., Bowles, R. P., & Decker, K. B. (2016). Fathers' and mothers' home learning environments and children's early academic outcomes. Springer , 1-19.
Ilhan, F., Ozfidan, B., & Yilmaz, S. (2019). Home Visit Effectiveness on Students' Classroom Behavior and Academic Achievement. Journal of Social Studies Education Research , 61-80 .
Khadilkar, H., Ganu, T., & Seetharam, D. P. (2020). Optimising Lockdown Policies for Epidemic Control using Reinforcement Learning. 1-8.
Komalasari, E. (2015). Layanan Home Visit Pendidikan Anak Usia Dini bagi Anak Kurang Sejahtera. Ya'dib , 77-85.
Leer, J., & Lopez-Boo, F. (2018). Assessing the quality of home visit parenting programs in Latin America and the Caribbean. Early Child Development and Care , 1-14.
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 177-186.
Nasri, N. M., Husnin, H., Mahmud, S. N., & Halim, L. (2020). Mitigating the COVID-19 Pandemic: A Snapshot from Malaysia into the Coping Strategies for Preservice Teachers' Education. Journal of Education for Teaching , 1-8.
Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1052-1062 .
Nuryana, A., Pawito, & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Jurnal Universitas Kebangsaan , 19-24.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020.
Putri, E. D., & Afriansyah, H. (2019). Pengertian, Proses Administrasi Ketatausahaan Sekolah. OSFPeprints , 1-5.
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 508-520.
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa , 145-154 .
Copyright (c) 2021 Airlangga Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ADJ by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. The journal allows the author(s) to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License