FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING DENGAN RELIGIUSITAS ISLAMI SEBAGAI PEMODERASI
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau mengenai Creative Accounting. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa akuntansi angkatan 2018-2020 yang berada di Universitas Muhammadiyah Riau. Populasi penelitian ini sebanyak 640 mahasiswa, dan sampel penelitian ini sebanyak 314 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden melalui Google Form. Analisis data yang digunakan penelitian ini ialah uji statistik dekriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan alat bantu SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan etika profesi akuntan dan orientasi etis berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa religiusitas islami memoderasi orientasi etis mengenai persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Sedangkan, religiusitas islami bukan varibel pemoderasi orientasi etis mengenai persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting.
Anggraini, D. T., & Aziza, N. A. (2022). Dapatkah Religiusitas Islami Memoderasi Pengaruh Sifat Machiavellian dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Persepsi Praktik Creative Accounting?. Jurnal Akuntansi ldan lGovernance, l2(2), l76-93.
Arfan, lL. lI. l(2011). lAkuntansi lKeperilakuan, lcetakan lkedua. lJakarta: lSalemba lEmpat.
Asprilliadita, lA., l& lAisyah, lM. lN. l(2019). lPengaruh Pengetahuan Etika, Religiusitas, Dan Sensitivitas Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative Accounting. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 7(3).
Comunale, C., Thomas, S dan Gara, lS. l(2006). lProfessional lEthical lCrises l: lA lCase lStudy lof lAccounting lMajors. lManagerial lAuditing lJournal, l21 l(6), l636 l– l656.
Fitria, lM., l& lSari, lV. lF. l(2014). lPengaruh lOrientasi lIdealisme, lRelativisme, lTingkat lPengetahuan lAkuntansi, lDan lGender lTerhadap lPersepsi lMahasiswa lAkuntansi lTentang lKrisis lEtika lAkuntan lProfesional l(Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di kota Padang). Wahana Riset Akuntansi, 2(1), 387-404.
Imaniar, Wanda Atria. (2022). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Dan Orientasi Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting.Skripsi. Universitas Mulawarman. lSamarinda
Jaya, lI. lP., l& lSukirno. l(2020). lThe lEffect lof lReligiosity land lEthical lOrientation lon lPerceptions lof lUndergraduate lAccounting lStudents lon Creative Accounting. Jurnal Dinamika Akuntansi, 12(1), 68-76
Juliardi, D., Bavana, W., & Firdaus, M. I. (2019). Factors Affecting Students' Perception about Creative Accounting. Advances in Business and Management Research, 124, 58- 67
Michael, A. and Dixon, R. (2019) l‘Audit ldata lanalytics lof lunregulated lvoluntary ldisclosures land lauditing lexpectations lgap', lInternational lJournal lof lDisclosure land lGovernance, l16(4), lpp. l188–205. ldoi: l10.1057/s41310-019-00065-x
Mulyadi. l(2014). lAuditing. lEdisi lkeenam. lJakarta: lSalemba lEmpat
Notoatmodjo, lS. l(2014). lPromosi lKesehatan ldan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pamungkas, I. D. (2014). Pengaruh Religiusitas dan Rasionalisasi dalam Mencegah dan Mendeteksi Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 48-59.
Rahayu, N. D., Hartiyah, S., & Putranto, A. (2022). Pengaruh Etika Profesi Akuntan, Orientasi Etist, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Jenis Perguruan Tinggi Terhadap Persepsi Mahasiswa Mengenai Creative Accounting. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(6), 98-107.
Saputri, I., & Sari, R. C. (2018). Pengaruh Orientasi Etis, Gender, Dan Jenis Perguruan Tinggi Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative accounting. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(1)..
Scott, W. R. (2015). Financial accounting theory (Seventh). Canada: Pearson.
Sevi, D., Mulyati, S., & Kurniawan, A. (2021). The Effect Of Knowledge Of Ethics, Religiosity, Ethical Sensitivity, Ethical Orientation To Accounting Students Percepion Of Creative Accounting Practices. Accruals (Accounting Research Journal of Sutaatmadja). 5(1), 63-88. https://doi.org/10.35310/accruals.v5i01.685
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,CV.
Tambunan, B. H., & Silitonga, A. G. (2020). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(2), 247-255.
Valentia, T., & Susanty, lM. l(2021). lFaktor-Faktor lYang lMemengaruhi lPersepsi lWajib lPajak lTerhadap lTindakan lPenggelapan lPajak. lE-Jurnal lAkuntansi lTsm, l1(4), l335-348.
Virana, lIrna. l(2022). lCreative lAccounting: lLocus lOf lControl lDan lSensitivitas lEtis lDengan lReligiusitas lSebagai lVariabel lModerating l(Studi lPada lPerusahaan-Perusahaan lDi lKota lMakassar). lSkripsi. lUniversitas lIslam Negeri Alauddin Makassar
Yasin, L., Anggraini, D., & Wulandari, E. (2023, May). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Mengenai Praktik Creative Accounting. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp. 691-698).
Copyright (c) 2024 Desi Masrika Puspa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia agree to the following terms:
The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution (CC BY NC SA)
BAKI (Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.