Journal History

Berkala Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin

(BIKKK)

Periodical of Dermatology and Venereology

Diterbitkan sejak 9 Agustus 1989 oleh Departemen/Staf Medik Fungsional Kesehatan Kulit dan Kelamin

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga - Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya

Saat ini keberadaan jurnal ilmiah semakin dibutuhkan karena merupakan bentuk registrasi dan pengarsipan hasil kegiatan kecendikiaan para profesional atau ilmuwan. Hasil karya ilmiah tersebut perlu diseminasi secara luas, sehingga memberikan pengetahuan kepada pembaca dan meningkatkan pengakuan dan reputasi bagi penulisnya. Fungsi jurnal ilmiah adalah jembatan antara penulis (peneliti) dan pembaca (pengguna). Selain itu, jurnal ilmiah juga bisa meningkatkan reputasi instansi dari para penulis (peneliti).  


Memasuki tahun 2014, Majalah Berkala Kesehatan Kulit dan Kelamin (BIKKK)/Periodical of Dermatology and Venereology mulai penerbitan volume 26 nomor1 bulan April 2014 telah berubah penampilan, mulai dari cover, isi, dan sistem manajemen dengan beberapa penyempurnaan dan penyegaran supaya lebih baik dari sebelumnya.  Perubahan itu meliputi:

 
Perubahan cover. Walaupun tetap tidak meninggalkan dominasi warna biru seperti sebelumnya, mulai penerbitan kali ini warna cover dibuat lebih segar dengan padanan warna putih dengan sedikit sentuhan silver. Perubahan yang lain adalah menyangkut desain cover dan pilihan font. Tampilan sampul depan juga dibuat lebih menarik dengan penambahan gambar penampang kulit, selain supaya BIKKK identik dengan isinya yaitu tentang kesehatan kulit dan kelamin. 


Penyempurnaan nama majalah menjadi  “BIKKK, Berkala Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Periodical of Dermatology and Venereology”. Penambahan singkatan BIKKK dilakukan seperti layaknya jurnal – jurnal internasional yang hampir semua mempunyai singkatan dari nama jurnalnya.  


Perubahan kualitas kertas untuk peningkatan mutu BIKKK yang mendekati kualitas jurnal internasional, selain lebih indah juga lebih tahan lama untuk dokumentasi karya ilmiah dari para penulis maupun pembaca. Perubahan Susunan Dewan Penyunting. Telah dilakukan penyegaran anggota dewan penyunting supaya semangat untuk memberikan yang terbaik bagi pembaca terbarukan. Kami berharap adanya kemajuan dalam hal kualitas, isi, dan pelayanan kami kepada pembaca setia BIKKK.

 
Selanjutnya kami tunggu partisipasi sejawat untuk mengirimkan naskah ilmiah baik dalam bentuk penelitian, telaah kepustakaan, ataupun laporan kasus menarik, terutama yang memberikan delta kebaruan.