Editorial Policies

Focus and Scope

Jejaring Administrasi Publik (JAP) adalah jurnal dengan akses terbuka dan peer-review jurnal. Tujuan dari JAP adalah untuk menerbitkan artikel-artikel  kritis dan original yang memajukan pemahaman teoritis, praktik adminitrasi negara/public melalui penelitian. Jurnal JAP mendorong, dan terbuka pada makalah yang menuliskan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif serta campuran kualitatif dan kuantitatif.

Scope bidang kajian diantaranya Policy, Governance, Administrative Reform, Collaborative Governance, Dynamic Public Service,Democracy dan Local Governance, e-governance, pemberdayaan masyarakat.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah yang diserahkan ke JAP akan menjalani proses seleksi dan penilaian oleh Dewan Redaksi untuk memastikan kesesuaiannya dengan pedoman penulisan, fokus, dan ruang lingkup, serta memiliki kualitas akademik yang sangat baik. Naskah akan ditinjau menggunakan metode blind peer review atau anonymous peer review yang tidak mengungkap nama penulis kepada orang yang mengevaluasi atau, sebaliknya, dalam hal ini baik penulis maupun pengevaluasi  tidak mengetahui identitas masing-masing.

Desk Review. Pada tahap desk review, naskah akan diperiksa untuk memastikan telah memenuhi pedoman penulisan, fokus, dan ruang lingkup dengan kualitas akademik yang sangat baik. Jika tidak memenuhi syarat, penulis diberi kesempatan untuk merevisi naskahnya sesuai kriteria yang diberikan. Namun, ada juga kemungkinan naskah tersebut akan langsung ditolak.

Ulasan sejawat. Naskah yang telah lolos tahap desk review akan disampaikan kepada dua reviewer yang ahli di bidang naskah yang diserahkan. Proses peninjauan akan dilakukan dalam waktu 6 minggu. Naskah yang tidak lolos proses desk review tidak akan dilanjutkan ke tahap ini.

Keputusan peninjau. Peninjau akan memberikan rekomendasi berikut:

  1. Diterima; artinya naskah tersebut dapat diterima untuk diterbitkan
  2. Diterima dengan revisi kecil; berarti bahwa naskah dapat diterima untuk publikasi setelah direvisi sebagai tanggapan atas masalah pengulas
  3. Diterima dengan revisi besar; Artinya, kekurangan substantif dalam naskah, seperti analisis data, teori utama yang digunakan, dan penulisan ulang paragraf, perlu direvisi.

Ditolak; Artinya, manuskrip tersebut tidak dapat diterima untuk publikasi atau ulasan yang diberikan terkait dengan masalah yang sangat mendasar

Keputusan peninjau akan dipertimbangkan oleh Dewan Editor untuk menentukan proses naskah selanjutnya.

Tahap Revisi. Setelah naskah diterima dengan notasi revisi kecil atau besar, naskah itu akan dikembalikan ke penulis dengan formulir ringkasan tinjauan. Untuk naskah yang diterima dengan revisi besar, penulis diberi waktu 3 minggu untuk merevisi. Sedangkan untuk naskah yang diterima dengan revisi kecil diberikan waktu 2 minggu untuk revisi. Saat mengembalikan naskah hasil revisi, penulis diwajibkan mengisi dan melampirkan formulir ringkasan ulasan.

Keputusan terakhir. Pada tahap ini, naskah akan dievaluasi ulang oleh Dewan Editor untuk memastikan bahwa penulis telah merevisi untuk menanggapi kekhawatiran pengulas. Dalam keputusan akhir ini, naskah masih dapat ditolak jika penulis tidak secara serius melakukan revisi yang diperlukan.

Koreksi. Setelah naskah dianggap diterima oleh Dewan Redaksi, naskah tersebut akan menjalani proses proofreading untuk menjaga kualitas kebahasaan.

Konfirmasi publikasi. Pada tahap ini, tata letak akhir naskah akan dikirim kembali ke penulis untuk memastikan bahwa isinya sesuai dengan tulisan penulis. Pada tahap ini, penulis dapat merevisi setiap kesalahan ketik yang ditemukan pada naskah akhir. Setelah konfirmasi dari penulis diberikan, Editor akan memproses naskah untuk publikasi online di website serta publikasi cetak.

 

Publication Frequency

Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun:

  1. Januari-Juni
  2. Juli-Desember

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...