Guide for Author

Majalah Biomorfologi terbit 2 edisi dalam setahun. Setiap volume  terdiri dari 4 edisi dalam 2 tahun. Majalah biomorfologi memuat karya tulis ilmiah dibidang kedokteran dan kesehatan berupa hasil penelitian, telaah pustaka, dan laporan kasus. Telaah pustaka dibatasi untuk penulis pakar yang diundang oleh redaksi. Naskah yang dikirimkan harus berisi ide original yang belum pernah dipublikasikan / dipresentasikan dalam bentuk apapun dan dimanapun dan tidak dalam review / pertimbangan untuk dipublikasikan oleh pihak lain. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan gaya bahasa efektif dan akademis. Naskah  harus bebas dari kesalahan pengetikan dan memiliki panjang yang proporsional. Semua penulis yang terlibat dalam pembuatan artikel terkait harus menandatangani lembar pernyataan bahwa naskah belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan tidak dalam pertimbangan untuk dipublikasikan oleh pihak lain serta menyertakan surat kelaikan etik (ethical clearance) untuk hasil penelitian dan laporan kasus. Naskah harus diserahkan dalam file soft copy berupa CD  atau melalui email. Naskah harus diketik dengan program MS Word dengan spasi 1,5 pada kertas ukuran  A4. Naskah diketik dengan font Times New Roman ukuran 11, rata kiri-kanan (justify) dengan batas kiri, kanan, atas, dan bawah 1 inci (2,54 cm). Panjang naskah 10 - 12 halaman.

 

Semua jenis naskah harus terdiri dari:

  1. Judul harus singkat, spesifik dan informatif. Judul harus terdiri tidak lebih dari 14 kata, ditulis pada baris paling atas dengan font Times New Roman, ukuran 11, huruf besar semua, huruf cetak tebal, rata kiri, sedangkan nama latin ditulis cetak miring (italic).
  2. Nama (-nama) penulis lengkap (tanpa gelar) dan instansi asal penulis, ditulis dengan diawali huruf besar setiap kata (Capitalize Each Word), font Times New Roman, ukuran 11, rata kiri, tanpa diakhiri titik. Bila penulis lebih dari 1 ditulis semua dipisahkan dengan koma. Menambahkan kode angka (superscript) dibelakang nama penulis. Instansi asal penulis ditulis di bawah nama penulis diawali dengan kode angka (superscript). Penulisan nama instansi disertai dengan nama kota instansi tersebut berada.
  3. Abstrak harus terstruktur dengan deskripsi singkat (berisi tidak lebih dari 250 kata). Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  4. Abstrak dari hasil penelitian harus terdiri dari latar belakang, tujuan, metode dan materi, hasil, dan simpulan ditulis cetak tebal dalam satu paragraf.
  5. Abstrak dari telaah pustaka harus terdiri dari latar belakang, tujuan, diskusi, dan simpulan ditulis cetak tebal dalam satu paragraf.
  6. Abstrak dari laporan kasus harus terdiri dari latar belakang, tujuan, kasus, diskusi, dan simpulan ditulis cetak tebal dalam satu paragraf.
  7. Kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata dan atau frase, ditulis di bawah abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, diawali dengan huruf besar (Sentence case), dipisahkan koma dan tanpa diakhiri titik.
  8. Korespondensi ditulis di bawah abstrak meliputi nama, alamat lengkap, no telpon, fax, alamat email dari salah satu penulis yang bertanggung sebagai pihak koresponden.
  9. Korespondensi diikuti oleh bagian berikut sesuai dengan jenis artikel (Hasil penelitian, Telaah pustaka, Laporan kasus):
    1. Hasil penelitian, terdiri dari bagian-bagian berikut: Latar belakang, Tujuan, Metode dan materi, Hasil, Diskusi, Simpulan
    2. Telaah pustaka, terdiri dari bagian-bagian berikut: Latar belakang, Tujuan, Diskusi, Simpulan.
    3. Laporan kasus, terdiri dari bagian-bagian berikut: Latar belakang, Tujuan, Kasus, Diskusi, Simpulan.
  10. Grafik, diagram, bagan, gambar ilustrasi, dan foto, hendaknya dibatasi jumlahnya, diproduksi minimal 300 dpi dalam bentuk JPEG, diberi legenda yang jelas, diberi nomor dengan angka arab dan judul, ditulis rata tengah di bagian bawahnya. Gambar/foto yang berwarna akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 50.000,-/gambar.
  11. Tabel hendaknya dibatasi jumlahnya, merupakan tabel terbuka dan diberi nomor dengan angka arab serta judul, ditulis rata tengah di bagian atasnya.
  12. Semua kata dalam bahasa selain Bahasa Indonesia harus ditulis dengan cetak miring. Penggunaan singkatan adalah yang telah umum disepakati, dan harus diberi penjelasan kepanjangannya pada penyebutan pertama singkatan tersebut.
  13. Angka desimal, ditandai dengan koma (,) untuk bahasa Indonesia dan titik (.) untuk bahasa Inggris.
  14. Berikut contoh penulisan:
    1. Latar belakang
    2. Tujuan
    3. Metode dan materi
    4. Hasil
    5. Diskusi

Subtitle topik 1

Subtitle topik 2

Dst…

  1. Simpulan
  2. Daftar pustaka.
  3. Penulisan daftar pustaka disesuaikan dengan sistem Harvard.
    1. Jurnal

Nama terakhir penulis pertama, inisial. Nama terakhir penulis kedua, inisial. dst., Tahun. Judul artikel (Sentence case). Nama Jurnal (setiap kata diawali huruf besar), Volume(No): halaman.

  • Enam penulis atau kurang

Boughton, J.M., 2002. The Bretton Woods proposal: an in depth look. Political Science Quarterly, 42(6): 305-11.

Manna, P. & Jain, S.K., 2012. Vitamin D upregulates glucose transporter 4 (GLUT4) translocation and glucose utilization mediated by cystathionine-γ-lyase (CSE) activation and H2S formation in 3T3L1 adipocytes. J Biol Chem, 287(50): 42324-32.

Breslavsky, A. Frand, J. Matas, Z. Boaz, M. Barnea, Z. Shargorodsky, M., 2013. Effect of high doses of vitamin D on arterial properties, adiponectin, leptin and glucose homeostasis in type 2 diabetic patients. Clinical Nutrition, 32(6): 970-5.

 

  • Lebih dari enam penulis

Hamden, K. Carreau, S. Jamoussi, K. Miladi, S. Lajmi, S. Aloulou, D. Ayadi, F. Elfeki, A., 2009. 1α,25 dihydroxyvitamin D3: Therapeutic and preventive effects againts oxidative stress, hepatic, pancreatic and renal injury in alloxan-induced diabetes in rats. J Nutr Sci Vitaminol, 55(3): 215-22.

 

  1. Buku

Nama terakhir, inisial., Tahun. Judul buku. Edisi. Kota tempat penerbit: penerbit.

 

Barker, R. Kirk, J. Munday, R.J., 1988. Narrative analysis. 3rd ed. Bloomington: Indiana University Press.

 

  1. Buku yang diedit/ Bab dari buku yang diedit

Nama terakhir penulis bab, inisial. ed/eds., Tahun bab. Judul bab. Dalam: Nama editor (Inisial nama awal. Nama terakhir, ed.)ed/eds. Tahun buku. Kota tJudul buku. empat penerbit: Penerbit. Nomor bab atau halaman.

 

Keene, E. editor., 1988. Natural language. Cambridge: University of Cambridge Press.

Samson, C., 1970. Problems of information studies in history. Dalam: S. Stone, ed. 1980. Humanities information research. Sheffield: CRUS, 44-68.

Oster, J.M. Gutrecht, J.A. Gross, P.T., 2005. Epilepsy and syncope. Dalam: H. Royden Jones, ed. Netter’s Neurology. Teterboro, New Jersey: Icon Learning Systems. 264-280.

 

  1. Buku yang diterjemahkan

Nama terakhir, inisial., Tahun. Judul buku. Diterjemahkan dari (bahasa) oleh (Inisial nama awal penerjemah, nama terakhir). Kota tempat penerbit: Penerbit.

 

Fawcet, D.W., 1994. Buku ajar histologi. Diterjemahkan dari bahasa Inggris oleh J. Tambayong. Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC.

 

e. Buku elektronik

E-book

Nama terakhir, inisial., Tahun. Judul buku. [e-book] Kota tempat penerbit: Penerbit. Diunduh: (tanggal akses) dari (alamat website).

 

Fishman, R., 2005.  The rise and fall of suburbia. [e-book] Chester: Castle Press. Diunduh 12 Mei 2010 dari http://libweb.anglia.ac.uk.

 

f. Buku prosiding

Nama terakhir, inisial. Tahun. Judul artikel. Dalam: Nama editor, ed atau nama organisasi. Judul buku. Lokasi, Tanggal. Tempat penerbit: Penerbit. Tanggal. Tempat penerbit: Penerbit.

 

Artaria, M.D. Rahmawati, Y. Setianingsih, H., 2012. Variasi genetika lokus STR codis (THO1, TPOX) pada temuan rangka prasejarah dari Gilimanuk. Dalam: N.M. Karmaya, I.W. Sugiritama, eds. Prosiding Pertemuan Ilmiah Nasional Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia XIII. Bali, Indonesia, 12-13 Oktober 2012. Denpasar: Udayana University Press.

 

  1. Tesis/disertasi

Nama terakhir, inisial. Tahun publikasi. Judul tesis/disertasi. Kategori (skripsi/tesis/disertasi/laporan penelitian). Kota penerbit: Nama Universitas.

 

Richmond, J., 2005. Customer expectations in the world of electronic banking: a case study of the Bank of Britain. Disertation. Chelmsford: Anglia Ruskin University.

 

  1. Website

Penulis/institusi/Lembaga, Tahun. Judul tulisan. Diunduh: (tanggal akses) dari (alamat website).

 

National Electronic Library for Health, 2003. Can walking make you slimmer and healthier? Diunduh: 10 April 2005 dari http://www.nhs.uk.hth.walking.

 

  1. Penulisan citationdi dalam artikel sebagai berikut:
    1. Bila lebih dari 2 penulis dalam satu artikel:

….sesuai dengan hasil penelitian tersebut (Titus, et al., 2007).

  1. Dua penulis dalam satu artikel:

Penelitian terbaru (White & Brown, 2004) menunjukkan bahwa....

  1. Bila terdiri dari satu artikel atau lebih:

….dalam melakukan pendalaman (Pinzon, 2007).

…bawah level lesi (Liporace, 2006; Snell, 2002).

….spondilosis, serta tumor vaskular (Lindsay, et al., 2004; Titus, et al., 2007).

  1. Editor akan mengirimkan pemberitahuan tentang artikel yang telah diserahkan

berupa:

  1. Ditolak
  2. Diterima dengan perbaikan oleh penulis
  3. Langsung diterima.

Biaya pengganti ongkos cetak artikel yang diterima harus dilunasi sebelum artikel naik cetak sesuai dengan surat pemberitahuan dari Ketua Penyunting (melalui email), sebesar Rp. 250.000,- untuk mahasiswa S1 dan Rp. 400.000,- untuk yang lainnya dan dapat dilunasi secara tunai dan atau transfer rekening Bank Mandiri a.n. Kusuma Eko Purwantari, No. Rekening: 142-00-1456304-2.

 

 

CP: Dewi Ratna Sari, dr., M.Si.

Departemen Anatomi dan Histologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga, Surabaya.

Telp: (031)5020251 ext:1148

Email: majalahbiomorfologi@fk.unair.ac.id