PENGARUH KUALITAS AUDIT SPI DAN TOTAL ANGGARAN TERHADAP KEPUASAN AUDIT DILINGKUNGAN UNIVERSITAS AIRLANGGA
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan auditee sebagai pelanggan audit internal Satuan Pengawas Intern itu. Studi ini mengkaji dampak dari kualitas audit dan total anggaran terhadap kepuasan auditee dalam lingkungan Universitas Airlangga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis regresi berganda dalam pengujian hipotesis. Kepuasan auditee sebagai variabel dependen diukur dengan indikator kepuasan auditee yang telah dikembangkan dari Indeks Kepuasan Masyarakat milik Kepmenpan No.63 / KEP / M.PAN / 7/2003, sedangkan Variabel independen adalah kualitas audit yang diukur dengan indikator kualitas audit dikembangkan dari Audit Internal Standar Profesi dan total anggaran yang diukur dengan total anggaran dari auditee. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 auditee dari unit Universitas Airlangga itu. Regresi digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas audit telah positif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan auditee sedangkan untuk anggaran tolal tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan auditee.
Agustin, Aulia. 2013. "Pengaruh Pengalaman, Independensi, dan Due Professional Care Auditor terhadap Kualitas Audit Laporan Keuangan Pemerintah: Studi Empiris Pada BPK-RI Perwakilan Provinsi Riau". http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/100, diakses pada 17 Juli 2013.
Akmal. 2006. Pemeriksaan Intern (Internal Audit). Jakarta: PT. Indeks.
Behn, Bruce K., et al. 1997. "The Determinants of Audit Client Satisfaction among Clients of Big 6 Firms." Accounting Horizons 11.1 (1997): 7,7-24.
Chariri, Anis dan Ghazali. 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ch ariri , Anis . 2011 . " Teori Legitimasi dan Pengungkapan Sosial- Lingkungan", http://staff.undip.ac.id/akuntansi/anis/2011/04/21/teori-legitimasi-pengungkapan-sosial-lingkungan, diakses pada 15 Juli 2013.
Endah, Sih Mirmaning Damar, Stephana Dyah Ayu R, dan St. Lily Indarto. 2011. "Pengujian Kualitas Audit Terhadap Ekspektasi Klien Dalam Audit Judgement". Seri Kajian Ilmiah, Vol. 14, No.2, Nopember 2011.
Fadhlurokhman dan Nurdhiana. 2009. "Pengaruh Atribut-Atribut Kualitas Audit Terhadap Kepuasan Klien". Aset, Vol. 11, No.2, September 2009: 141-147.
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu
Ikbal, Muhammad. 2012. "Hubungan Karakter Perusahaan Dan Profitabilitas Dengan Praktek Pengungkapan Sosial Dan Lingkungan". Jurnal Kinerja, Vol.9, No.2, Nopember 2012 hal 25-36.
Institut Akuntan Publik Indonesia. 2011. Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP). Jakarta: Salemba Empat. Institute of Internal Auditors. 2004. Standard for The Professional Practice of Internal Auditing. Jakarta: Konsorsium Organisasi Profesi Audit Internal.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Konsorsium Organisasi Profesi Audit Internal. 2004. Standar Profesi Audit Internal. Jakarta : Yayasan Pendidikan Internal Audit.
Lindblom, C.K. 1994. "The Implication of Organizational Legitimacy for Corporate Social Performance and Disclosure". Critical Perspective on Accounting Conference.New York.
Marliyati. 2009. "Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Audit Terhadap Loyalitas Klien Dengan Mediator Kepuasan Klien: Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public di Indonesia", http://eprints.undip.ac.id/24197/, diakses pada 17 Juli 2013.
Meidawati, Neni. 2001. "Meningkatkan Akuntabilitas Auditor Independen Melalui Standar Profesional".
Media Akuntansi. Edisi 16 Januari-Februari Tahun 8-2001.
Murtini, Sri. 2003. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Klien Audit Di Indonesia". http://eprints.undip.ac.id/10524/, diakses pada 16 Juli 2013.
Parasuraman, A., Valeri A., Zeithmal, dan Leonard L. Berry. 1985. "Problem and Strategis in Service Marketing". Journal of Marketing (Spring). Vol. 49:38-46.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2011 tentang Satuan Pengawasan Intern Di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.
Santoso, Singgih. 2001. Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo.
Sari, Rizkia Anggita. 2012. "Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia". Jurnal Nominal Vol.1, No.1, hal 124-140.
Soelendro, Arie. 2000. Paradigma Baru Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Jakarta: Prosiding KNA IV IAI. Tubb, Richard M. 1992. "The Effect of Experience on The Auditor Organnization and Amount of Knowledge".
The Accounting Revie. Oktober Vol.67 No.4:783-801.
Tugiman, Hiro. 2004. Standar Profesi Audit Internal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Widagdo, Ridwan. 2002. "Analisis Pengaruh Atribut-Atribut Kualitas Audit Terhadap Kepuasan Klien: Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta", http://eprints.undip.ac.id/10719/, diakses pada 16 Juli 2013.
Widodo, Darso. 2013. "Manajemen Struktur", https://sites.google.com/site/bukustruktur/, diakses pada 16 Juli 2013.
The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
						















