PENGARUH PERSEPSI KEADILAN REMUNERASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR
Downloads
Sampai dengan saat ini remunerasi di lingkungan Pemerintah dirasa masih menimbulkan kecemburuan di antara para pegawai, hal ini terkait juga dengan penilaian kinerja yang dilakukan dengan DP3 yang notabene penilaiannya secara subjektif dan terkesan formalitas saja. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh persepsi keadilan remunerasi yang dirasakan oleh pegawai terhadap kinerja pelayanan yang mereka berikan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama persepsi keadilan remunerasi mempengaruhi kinerja pelayanan pegawai. Semakin tinggi tingkat persepsi pegawai atas keadilan remunerasi maka semakin tinggi kinerja pelayanan yang mereka berikan karena persepsi yang positif akan memberikan dampak yang positif pula terhadap suatu objek. Secara parsial persepsi keadilan distributif dan keadilan prosedural memiliki hubungan yang positif dengan kinerja pelayanan, sedangkan persepsi keadilan interaksional berhubungan negatif dengan kinerja pelayanan. Keadilan distributif menjadi prediktor terbaik dari kinerja pelayanan pegawai.
Kata kunci: Keadilan organisasional, remunerasi, kinerja pelayanan
Andriani, N.P., E. Setyowati, dan F. Nurani. - . The Mechanism of Preparation on Purwodadi Botanical Garden Unit Towards Remuneration. Journal of Public Administration Research (JOPAR). Vol. 1. No.1.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Behrens, Christoph and P. Paramitha. 2011. Performance Based Remuneration For Civil Servants. Jurnal Studi Pemerintahan. Vol. 2 No. 1.
Bergen, C.W.V., and D. Bandow. 2012. Contemporary Workplace Punishment And Discipline Recommendations. International Journal Of Interdisciplinary Research. Vol. 1, No. 1.
Cropanzano, R., D.E. Bowen, and S.W. Gilliland. 2007. The Management of Organizational Justice. Articles. Academy of Management Perspectives.
Damayanti, Komi dan F. Suhariadi. 2010. Hubungan antara Persepsi terhadap Keadilan Organisasi dengan Komitmen Karyawan pada Organisasi di PT Haji Ali Sejahtera Surabaya. Jurnal. Surabaya: Universitas Airlangga.
Danish, R.Q. dan A. Usman. 2010. Impact of Reward and Recognition on Job Satisfaction and Motivation: An Empirical Study from Pakistan. International Journal of Busisness and Management. Vol. 5 No. 2.
Daromes, F. Eduardus. 2006. Pengaruh Keadilan Organisasional terhadap Intensitas Turnover Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Indonesia. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Dewantoro, Suryo. 2012. Pengaruh Aspek.Aspek Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Metrologi Kementrian Perdagangan. Tesis. Universitas Gadjah Mada.
Elamin, A.M., and Nasser, Alomaim. 2011. Does Organizational Justice Influence Job Satisfaction and Self-Perceived Performance In Saudi Arabia Work Environment?. International Management Review. Vol. 7 No. 1.
Erlijana. 2006. Analisis Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui Variabel Mediator Komitmen Pegawai pada Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tesis. Universitas Airlangga.
Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21: Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, Zairin. 2011. Pelayanan Publik yang Prima Tidak Cukup Hanya Mengandalkan Kebijakan Remunerasi. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS (Juni): Vol.5, No.1.
Heslin, Peter A., and D.V. Walle. 2009. Performance Appraisal Procedural Justice: The Role of a Manager's Implicit Person Theory. Journal of Management.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.
Kristanto, Sentot. 2013. Pengaruh Keadilan Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Komitmen dan Intensi Keluar di PT Indonesia Power UBP Bali. Tesis. Universitas Udayana.
Khan, Saima dan U. Habib. -. Procedural Justice & Organizational Performance. Abasyn Journal of Social Sciences. Vol. 4 No.1.
Kumorotomo, Wahyudi. 2011. Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) dan Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai: Kasus Di Provinsi Gorontalo Dan Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS (Juni): Vol.5, No.1
Matlala, Manoko M. 2011. Employee Fairness Perceptions Of A Performance Management System. Dissertation. University Of South Africa.
Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2006. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Edisi 1, Cetakan ke 8. Jakarta: Bumi Aksara.
Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang Kewajiban Pegawai Negeri Sipil.
Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pemberian dan Pemanfaatan Insentif Pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil.
Prasetyani, Nurul. 2009. Analisis Kinerja Pelayanan Publik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Demak. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Rawls, John. 2011. A Theory of Justice: Teori Keadilan. Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sancoko, Bambang. 2010. Pengaruh Remunerasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Vol. 17. No. 1.
Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Semil, Nurmah. 2005. Analisis Kinerja Pelayanan Publik Instansi Pemerintah (Studi Kasus di Kantor Pertanahan Kota Semarang). Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Soleh, Muhammad. 2005. Hubungan Persepsi Masyarakat tentang Perilaku Birokrasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Tesis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran Nomor 02 Tahun 2013 tanggal 15 Februari tentang Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja PNS.
Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama.
Tahar, Ilham. 2012. Kajian Sistem Remunerasi Berbasis Kinerja (Studi Kasus pada BI). Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.
Taniredja, Tukiran dan Hidayati, Mustafidah. 2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.
Walsh, Marie B. 2003. Perceived Fairness Of And Satisfaction With Employee Performance Appraisal. Dissertation. Louisiana State University.
Warokka, A., C.G. Gallato, and T. a/l Moorthy. 2012. Organizational Justice In Performance Appraisal System And Work Performance: Evidence From An Emerging Market. Journal of Human Resources Management Research. Vol. 2012.
Widyastuti, Yeni. 2010. Pengaruh Persepsi Remunerasi Pegawai, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Percontohan Serang Provinsi Banten. Jurnal Administrasi Publik. Vol. 1 No. 2.
Yusuf, M. 2011. 8 Langkah Kreatif Tata Kelola Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Jakarta: Salemba Empat.
www.setkab.go.id
www.anri.go.id
www.antaranews.com
The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License