Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus dan ruang lingkup kelimuan dalam JIET ini meliputi:
          - Kebijakan moneter
          - Kebijakan fiskal
          - Kebijakan dan keuangan internasional
          - Kajian ekonomi gender
          - Perlindungan sosial
          - Ekonomi SDA dan lingkungan
          - Ekonomi politik
          - Ekonomi maritim
Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan menerima penyerahan artikel dari seluruh dunia. Semua artikel yang diterima akan dipublikasikan secara terbuka, dan akan tersedia secara gratis untuk semua pembaca dengan visibilitas dan jangkauan di seluruh dunia.

 

Section Policies

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Dalam proses peninjauan, setidaknya ada dua reviewer untuk masing-masing manuskrip topik terkait. penilaian dari reviewer pertama akan menjadi acuan bagi editor dalam mengambil keputusan, jika hanya ada dua reviewer. Membutuhkan waktu tiga minggu bagi reviewer untuk menyelesaikan satu proses peninjauan.

Umumnya calon reviewer akan dipilih berdasarkan reputasi mereka dalam nomor publikasi internasional dan kualitas studi. Selanjutnya, editor mengirimkan surat undangan kepada masing-masing kandidat reviewer. Setelah calon reviewer diberitahu tentang ketersediaan proses peninjauannya, editor dapat membuat akun untuk setiap reviewer dan kemudian mengirimkan naskah melalui OJS.

Semua proses peninjauan dilakukan dengan cara blind review dan dikelola oleh editor di OJS.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics

ETIKA PUBLIKASI

Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan (JIET), termasuk Penerbit, Penulis, Editor dan Peninjau.

Kode etik ini sebagian besar didasarkan pada prinsip-prinsip yang dijunjung oleh Committee on Publication Ethics (COPE), yang menguraikan standar untuk perilaku yang baik dan mengusulkan solusi untuk dilema etika yang dihadapi pihak-pihak yang terlibat telah dirancang untuk meningkatkan reputasi jurnal.

  • Kode Etik untuk Penerbit

Departemen Ilmu Ekonomi, Universitas Airlangga (FEB Unair) sebagai penerbit Jurnal ini dengan serius menjalankan tugas perwaliannya atas semua tahap penerbitan, menghormati privasi semua pihak yang terlibat, melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan tanggung jawab penerbitan lainnya. Penerbit berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, sponsor, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editorial. Selain itu, FEB Unair dan Dewan Editorial JIET berkomitmen untuk menetapkan kebijakan jurnal yang tepat, menjaga integritas catatan akademis, mempublikasikan konten secara tepat waktu, dan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan / atau penerbit lain di mana ini berguna dan diperlukan.

  • Kode Etik untuk Penulis

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis  harus memastikan bahwa naskah yang dikirimkan harus merupakan karya asli. Jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, itu harus tepat dikutip atau dikutip. Semua pekerjaan dalam naskah harus bebas dari plagiarisme, self-plagiarisme, pemalsuan, fabrikasi, atau penghilangan materi yang signifikan. Plagiarisme adalah kesalahan ilmiah dan dalam semua bentuknya merupakan perilaku penerbitan tidak etis yang tidak dapat diterima.

Publikasi Ganda, Berlebihan, atau Bersamaan

Penulis seharusnya tidak secara umum menerbitkan manuskrip yang menggambarkan pada dasarnya penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan pekerjaan yang sama, secara keseluruhan atau sebagian, ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Namun, untuk mendorong kontribusi interdisipliner, JIET dapat mempertimbangkan karya yang tidak dipublikasikan yang telah diserahkan atau disajikan dalam konferensi tetapi belum diterbitkan dalam teks lengkap dalam konferensi. Namun penulis harus menentukan dan mengakui pengajuan ganda dan menyatakan bahwa pengiriman jurnal mengandung materi penting yang tidak termasuk dalam proses.

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi obyektif dari signifikansinya. Naskah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya jika memungkinkan. Pernyataan yang curang atau dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat dalam naskah. Penulis dapat diminta untuk menyediakan data mentah sehubungan dengan kertas untuk tinjauan editorial. Mereka harus siap untuk menyediakan data tersebut dalam waktu yang wajar.

Autorship

Karangan harus dibatasi bagi mereka yang telah membuat kontribusi signifikan terhadap penelitian yang dilaporkan dalam naskah. Penulis yang sesuai bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan jurnal dan mengelola komunikasi antara rekan penulis. Afiliasi utama untuk setiap penulis harus menjadi institusi tempat mayoritas pekerjaan mereka selesai.

Konflik Kepentingan dan Pengungkapan

Penulis harus menghindari konflik kepentingan atau munculnya konflik kepentingan selama proses penelitian. Penulis harus mengungkapkan dalam naskah setiap konflik kepentingan, seperti konflik kepentingan pribadi, komersial, keuangan atau lainnya, yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka.

Hukum Kekayaan Intelektual dan Hak Cipta

Pengarang harus memeriksa manuskrip mereka untuk kemungkinan pelanggaran kekayaan intelektual dan undang-undang hak cipta dan mengamankan izin yang diperlukan sebelum diserahkan ke jurnal.

Bioetika

Penulis harus mengkonfirmasi bahwa semua percobaan yang melibatkan subyek manusia atau hewan dilakukan sesuai dengan pedoman dan peraturan yang relevan dan izin etika yang diperlukan telah diperoleh dari badan yang relevan.

  • Kode Etik untuk Editor

Objektivitas

Editor harus mengevaluasi naskah secara obyektif untuk konten intelektual dan kualitasnya tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, keyakinan agama, etnis, kebangsaan, filsafat politik, senioritas, atau afiliasi institusional penulis. Mereka harus menolak tugas mereka ketika ada potensi konflik kepentingan.

Blind Peer-Review Quality

Editor memilih Peninjau berdasarkan keahlian mereka untuk memberikan penilaian tertulis pada naskah, dengan tujuan meningkatkan pelaporan penelitian dan mengidentifikasi bahan yang paling tepat dan berkualitas tinggi untuk jurnal. Editor harus menjamin kerahasiaan proses peer-review buta. Editor harus memastikan dokumen yang dikirim ke reviewer tidak mengandung informasi dari pengarang , dan sebaliknya.

Kerahasiaan

Editor harus menjamin kerahasiaan naskah. Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam manuskrip yang disampaikan tidak boleh digunakan untuk keuntungan pribadi atau profesional.

Kualitas Keputusan

Editor harus membuat keputusan editorial berdasarkan rekomendasi pengulas. Editor dapat berkomunikasi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan editorial. Editor memiliki tanggung jawab untuk memberikan kepada Penulis penjelasan tentang keputusan editorial pada sebuah naskah. Editor harus menulis surat editorial berkualitas tinggi yang mengintegrasikan komentar pengulas.

  • Kode Etik untuk Reviewer

Tinjau Kualitas

Reviewer diharapkan menjadi profesional, jujur, sopan, cepat, dan konstruktif dalam mengkaji ulang naskah. Unsur-unsur utama yang diinginkan dari tinjauan kualitas tinggi harus sebagai berikut: (a) Reviewer harus mengomentari kekuatan dan kelemahan utama dari desain, metodologi, hasil, dan interpretasi penelitian; (b) Komentar ulasan harus menghormati penulis dan memberikan saran yang membangun atau berguna untuk perbaikan naskah; (c) Peninjau harus memberi tahu Editor jika tersangka melakukan kesalahan; (D) Tinjauan harus memberikan Editor konteks yang tepat, perspektif dan saran dalam membuat keputusan editorial.

Ketepatan waktu

Reviewer harus cepat dengan tinjauan mereka. Jika seorang Reviewer tidak dapat memenuhi tenggat waktu yang diberikan, Reviewer harus menghubungi Editor sesegera mungkin untuk menentukan apakah jangka waktu yang lebih lama diberikan atau Reviewer baru harus dipilih. Biasanya, waktu untuk menyelesaikan satu ulasan putaran adalah tiga minggu.

Kerahasiaan

Reviewer harus memperlakukan manuskrip sebagai rahasia. Itu tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh Editor.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi atau profesional. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang terhubung ke naskah.

 

Plagiarism

Pemindaian plagiarisme pada manuskrip akan dilakukan dengan menggunakan software Turnitin.