Pengajaran Mata Kuliah Menyimak (Choukai) Menggunakan Permainan Karuta Ogura Hyakunin Isshu Karya Fujiwara No Teika
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana permainan karuta Ogura Hyakunin Isshu dipraktikkan dalam pembelajaran menyimak bahasa Jepang atau choukai di Program Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode simak dan deskriptif. Dari 100 pasang kartu Hyakunin Isshu, hanya 15 pasng karu berisi puisi pendek yang menggunakan personifikasi kata kerja yang dipilih untuk dimainkan. Permainan karuta dimainkan oleh mahasiswa semester 3-4 yang mengambil kuliah menyimak bahasa Jepang, yang dibagi ke dalam 10 kelompok yang masing-masing terdiri dari dua mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran ini disukai dan meningkatkan antusiasme dan motivasi pembelajar bahasa Jepang dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu, permainan karuta juga meningkatkan hubungan antar mahasiswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih baik sambil juga membantu meningkatkan kemampuan mendengar, pemahaman hiragana, dan konsentrasi.
Downloads
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Drill, Polygon. 2015, 11 Mei. 百人一首èªã¿ä¸Šã’åºæŒã¨ç™¾é¦–[Video]. https://www.youtube.com/watch?v=4nZDpOyo79w&list=PLOQ0RlwS2kq6YeWHO-iCJEviJhFq4BHL_. Diakses pada tanggal 19 Mei 2022.
Dewi, Kumala Putri. Budiana, Nia. 2018. Media Pembelajaran Bahasa : Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang : Universitas Brawijaya Press.
Haryanti, Dwi. 2007. Linguistik Indonesia : Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Irohakaruta. 2002. http://www1.odn.ne.jp/haru/data-list/karuta.html. Diakses pada Mei 2022.
Karuta.2009. https://www.asahi-net.or.jp/~rp9h-tkhs/carta.htm. Diakses pada April 2022
Noverisa, J. Eva. 2019. "Peneraan Model Cognitive Academic Language learning Approch (CALLA) Dalam Pembelajaran Choukai Di STBA JIA”. Universitas Negeri Jakarta: Jurnal Kagami. KAGAMI Vol.10, No.1. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/view/19428. Diakses pada tanggal 11 Mei 2022.
Porter, N.William. 1909. A Hundread Verses From Old Japan Being A Translation Of The Hyakunin Isshu. Inggris : The Claredon Press.
Pratiwi, Ni Luh Jessica. 2017. "Penerjemahan Majas Personifikasi Dalam Novel Sekai No Chuushin De Ai Wo Sakebu Karya Katayama Kyoichi”. Bali: Universitas Udayana. Jurnal Humanis, Fakultas Ilmu Budaya Unud, Vol 20.1 Agustus 2017: 162-168. ISSN: 2302-920X
Reni, A.Fitria. Yulia, Nova. Putri, A. Meira. 2018. "Kemampuan Choukai Pada Nihongo Nouryoku Shiken N5 Mahasiswa Tahun Masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang”. Universitas Negeri Padang : Jurnal Omiyage. Omiyage Vol. 1 No. 2 hal 2. http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage/article/view/53/27. Diakses pada tanggal 11 Mei 2022.
_______________.2018."Kemampun Choukai Pada Nihongo Nouryoku Shiken N5 Mahasiswa Tahun Masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang”. Universitas Negeri Padang : Jurnal Omiyage. Omiyage Vol. 1 No. 2 hal 3. http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage/article/view/53/27. Diakses pada tanggal 11 Mei 2022.
Rusmiyati. 2017. "Strategi Belajar Mandiri Mahasiswa Bahasa Jepang Dalam Pembelajaran Menyimak (Chokai) Tingkat Menengah”. Universitas negeri Surabaya : Jurnal ASA Vol.4. https://journal.unesa.ac.id/index.php/asa/article/view/248. Diakses pada tanggal 14 Juli 2022.
Saitama Prefecture Karuta Association.2010. Kyogi Karuta Handbook. Diterjemahkan oleh Mutsumi Y.Stone.
Syauqi, Arif muhammad. 2014. "Penggunaan Situs e-hon.jp Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Choukai (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Mahasiswa Tingkat 3 Tahun Akademik 2013/2014 Universitas Pendidikan Indonesia)”. Universitas Pedidikan Indonesia : Elibrary. http://repository.upi.edu/15768/. Diakses pada tanggal 14 Juli 2022.
Sanusi,Ahmad. 2019. "Aplikasi Kikimashou Sebagai Media Pembelajaran Choukai”. Universitas komputer Indonesia :Elibrary. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2153. Diakses pada tanggal 14 Juli 2022.
Tayton, K,& Yamada, M. 2012. "Using a Japanese Card Game Karuta to Enhance Listening and Speaking Skills in Japanese Learners of English”. Shitennoji University. https://www.shitennoji.ac.jp/ibu/docs/toshokan/kiyou/53/kiyo53-22.pdf. Diakses pada tanggal 12 Mei 2022.
Zaim,M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Sukabina Press. ISBN:978-602-17017-5-1.