Pengajaran Mata Kuliah Menyimak (Choukai) Menggunakan Permainan Karuta Ogura Hyakunin Isshu Karya Fujiwara No Teika

Ogura Hyakunin Isshu Karuta Choukai Tanka

Authors

Vol. 9 No. 1 June 2022
Reserach Articles
April 29, 2023

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana permainan karuta Ogura Hyakunin Isshu dipraktikkan dalam pembelajaran menyimak bahasa Jepang atau choukai di Program Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode simak dan deskriptif. Dari 100 pasang kartu Hyakunin Isshu, hanya 15 pasng karu berisi puisi pendek yang menggunakan personifikasi kata kerja yang dipilih untuk dimainkan. Permainan karuta dimainkan oleh mahasiswa semester 3-4 yang mengambil kuliah menyimak bahasa Jepang, yang dibagi ke dalam 10 kelompok yang masing-masing terdiri dari dua mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran ini disukai dan meningkatkan antusiasme dan motivasi pembelajar bahasa Jepang dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu, permainan karuta juga meningkatkan hubungan antar mahasiswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih baik sambil juga membantu meningkatkan kemampuan mendengar, pemahaman hiragana, dan konsentrasi.