FAKTOR LATFAKTOR LATAR BELAKANG DAN KECENDERUNGAN KAUM MUDA SURABAYA DALAM MEMILIH MAKANAN JEPANG ANTARA RESTORAN MARUGAME UDON DAN YOAR BELAKANG DAN KECENDERUNGAN KAUM MUDA SURABAYA DALAM MEMILIH MAKANAN JEPANG ANTARA RESTORAN MARUGAME UDON DAN YOSHINOYA
Downloads
Makanan Jepang merupakan salah satu makanan asing yang telah menyebar hingga ke seluruh pelosok dunia. Berbagai macam restoran Jepang sudah sejak lama beroperasi di Indonesia, termasuk di Surabaya. Beberapa restoran Jepang yang sangat populer di kalangan masyarakat Surabaya adalah Yoshinoya dan Marugame Udon. Kedua restoran ini memiliki banyak peminat yang berasal dari berbagai kalangan, termasuk kaum muda. Terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi kaum muda dalam memilih makanan Jepang. Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi kaum muda Surabaya dalam memilih makanan serta bagaimana kecenderung mereka dalam menentukan makanan Jepang. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan data yang digunakan didapat melalui observasi dan proses wawancara terhadap 25 orang informan yang merupakan konsumen makanan Jepang di Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alasan para informan memilih makanan Jepang didasarkan pada faktor ekonomi, faktor religiusitas, faktor sosial-budaya, dan faktor lingkungan. Selain itu, beberapa hal yang dipertimbangkan saat membeli makanan Jepang adalah rasa, porsi, harga, dan halal atau tidaknya makanan.
Japanese food is a foreign food that spread all over the world. Many kinds of Japanese restaurants that can be found in Indonesia for long time ago, including in Surabaya. Some Japanese restaurants that are very popular among Surabaya society are Yoshinoya and Marugame Udon. Both Yoshinoya and Marugame Udon have many consumers of every background and age, including at young ages. There are several consumer reasons for choosing Japanese food in these two restaurants. This research discusses the factors why young ages like Japanese foods, and also talks about how consumer tendency in choosing Japanese food. The author uses qualitative method whose data obtained through observation and interview process of 25 informants who are also consumers of Japanese food in Surabaya. The results of this study indicate that the informants chose Japanese food based on economic factors, religious factors, socio-cultural factors, and environmental factors. In addition, several things to consider when buying Japanese food are the taste, portion, price, and whether or not to halal the food.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.