Pengembangan Media Video Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang dengan Voice Over pada Kandidat Pemagang Bidang Souzai Seizougyou di LPK Hishou Universal Style Bangli

Japanese Language Vocabularies Learning Media Ready-Made Meal Factory Work TITP Candidates Voice Overs

Penulis

June 28, 2024

Unduhan

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan  untuk  mengembangkan media video pembelajaran bahasa Jepang, khususnya kosakata yang berkaitan dengan souzai seizougyou dan untuk menguji kelayakan video pembelajaran tersebut bagi kandidat pemagang bidang souzai seizougyou di LPK Hishou Universal Style Bangli, Bali. Media ini menghasilkan 10 video pembelajaran. Pada setiap video terdiri atas pengenalan kosakata, latihan pengucapan, dan latihan soal dengan menggunakan voice over penutur asli. Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D (4D) oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn L Semmel (1974) yang terdiri atas empat tahapan yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket uji ahli (uji ahli materi, uji ahli media) dan uji coba produk secara terbatas agar dapat menghasilkan produk yang optimal. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli materi yakni 87,5 (sangat sesuai), dari ahli media 95,31 (sangat sesuai). Kemudian, skor yang diperoleh dari uji coba dengan instruktur yakni 100 (sangat sesuai) dan uji coba dengan kandidat pemagang yakni 98% (sangat layak). Dengan demikian, video pembelajaran yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai media penunjang aktivitas pembelajaran kosakata bahasa Jepang.