Pengembangan Media Video Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang dengan Voice Over pada Kandidat Pemagang Bidang Souzai Seizougyou di LPK Hishou Universal Style Bangli
Unduhan
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran bahasa Jepang, khususnya kosakata yang berkaitan dengan souzai seizougyou dan untuk menguji kelayakan video pembelajaran tersebut bagi kandidat pemagang bidang souzai seizougyou di LPK Hishou Universal Style Bangli, Bali. Media ini menghasilkan 10 video pembelajaran. Pada setiap video terdiri atas pengenalan kosakata, latihan pengucapan, dan latihan soal dengan menggunakan voice over penutur asli. Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D (4D) oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn L Semmel (1974) yang terdiri atas empat tahapan yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket uji ahli (uji ahli materi, uji ahli media) dan uji coba produk secara terbatas agar dapat menghasilkan produk yang optimal. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli materi yakni 87,5 (sangat sesuai), dari ahli media 95,31 (sangat sesuai). Kemudian, skor yang diperoleh dari uji coba dengan instruktur yakni 100 (sangat sesuai) dan uji coba dengan kandidat pemagang yakni 98% (sangat layak). Dengan demikian, video pembelajaran yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai media penunjang aktivitas pembelajaran kosakata bahasa Jepang.
Unduhan
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev. V). Jakarta : Rineka Cipta 2011.
Brilianti, D. F., & Fauzi, A. Z. (2021). Penerapan Metode Voice Over (VO) Pada Pembelajaran Listening Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring (Beginner Lecturer Research Report, Politeknik Harapan Bersama).
Consultant, F. F. (2002). 惣菜製造工程を設計するための基礎知識. Food Factory Consultant. Retrieved from https://www.kimotoproeng.com/report/2822
Ditjen Binalattas Pemagangan. (2023). Daftar Sending Organization (SO). Retrieved August 26, 2023, from https://binalattas.kemnaker.go.id/pemagangan/perizinan/so/datalembaga/tbl_syaratijinbarulist.php?start=1
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida, 37, No 1.
Mandalika, M., & Syahril, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 85-92. DOI: 10.24036/invotek.v20i1.725
Mulyadi, B., Hastuti, N., & Noviandi, M. Y. (2022). Pelatihan Etika Dan Budaya Kerja Masyarakat Jepang Bagi Siswa LPK Martani Semarang. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 26-32. https://doi.org/10.14710/hm.6.1.26-32
Noviyanthi, N. N. P. (2020). Profil Strategi Pembelajaran Kanji di Kelas N4 Keperawatan LPK LPJ (Lembaga Pelatihan Bahasa Jepang) Bali (Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha).
Paulin, F. E. (2020). Penggunaan Hellotalk Sebagai Aplikasi Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Jepang. Jurnal Sosiologi.
Rahmawati, V., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Berbasis Video pada Materi Kankouchi Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS 6 SMA Negeri 2 Kota Serang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2), 240-249.
Ramadhaniyanti, D. P., & Setyawan, A. (2022). Peran Penting Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Materi Peredaran Darah Manusia Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar.
Sari, N. L. M., Sadyana, I. W., & Suartini, N. N. (2021). Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bulan Palapa Desa Landih Bangli. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 7(1), 42-53.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sumartiwi, N. M., & Ujianti, P. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.
Teguh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Model Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Council for Exceptional Children.
Hak Cipta (c) 2024 Ni Made Dea Sri Larasati, Ni Nengah Suartini, I Kadek Antartika

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.