Perilaku Konsumtif Penggemar AKB48: Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Airlangga

AKB48 Budaya Penggemar Jean Baudrillard Konsumtif Konsumerisme

Penulis

November 17, 2024

Penggemar idol Jepang di Indonesia dapat dikatakan cukup banyak terutama untuk kalangan remaja dewasa dengan rentang usia 18-29 tahun. Penelitian ini menganalisis bagaimana perilaku konsumtif penggemar grup idola AKB48 dengan studi kasus mahasiswa Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Airlangga. Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jepang relevan untuk diteliti karena usia mereka rata-rata antara 18-29 tahun. Peneliti mengasumsikan bahwa mahasiswa Bahasa dan Sastra Jepang dapat mewakili sekelompok remaja dewasa awal yang memiliki ketertarikan atas budaya populer Jepang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan informan sendiri menggunakan teknik snowball sampling dan didapatkan empat informan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam. Data yang ditemukan, dianalisis melalui teori konsumerisme Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perilaku konsumtif yang dilakukan oleh keempat mahasiswa Bahasa dan Sastra Jepang penggemar AKB48. Perilaku konsumtif yang tampak meliputi membeli produk-produk yang dipromosikan oleh anggota AKB48, mengoleksi barang-barang dan pernak-pernik dari AKB48, mengoleksi DVD/CD, menonton konser yang diadakan baik secara online maupun offline, mengikuti acara temu penggemar, mengadakan perayaan ulang tahun untuk member AKB48 dan lain-lain.