PENYULUHAN TENTANG SENAM HIPERTENSI DI KP.SUKADANUH RT02 RW10 DESA LINGGAMUKTI KECAMATAN SUCINARAJA

tantri puspita

= http://dx.doi.org/10.20473/jpmk.v2i2.17839
Abstract views = 371 times | downloads = 161 times

Abstract


Pendahuluan: Darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu keadaan tekanan darah seseorang berada pada tingkatan di atas normal. Konsekuensi dari keadaan ini adalah timbulnya penyakit yang mengganggu tubuh penderita. Tekanan darah tinggi menjadi masalah kesehatan yang dominan dan perlu penanggulangan yang baik. Tekanan darah sering kali menunjukkan peningkatan tekanan yang lebih tajam dibandingkan dengan orang normal seiring dengan bertambahnya usia. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mahasiswa mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah terjadinya hipertensi dan komplikasi yang ditimbulkan dari hipertensi

Metode: Kegiatan yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan dan demonstrasi terkait senam Hipertensi kepada masyarakat di Kp. Sukadanuh Rt 02/10 Desa Linggamukti Kecamatan Sucinaraja.

Hasil: Masyarakat yang mengikuti kegiatan penyuluhan dan demontrasi ini memahami pencegahan hipertensi dengan cara senam dan mampu mendemonstrasikan ulang senam hipertensi yang telah diajarkan. Hasil post-test pada pengetahuan dan kesadaran masyarakat menunjukan bahwa sebesar 60% warga mau untuk menerapkan senam hipertensi di rumah.

Kesimpulan: Kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan tentang senam hipertensi dan tahu bagaimana cara melakukannya dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.


Keywords


senam hipertensi; hipertensi

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. 2013. Survei Kesehatan Dasar Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 2012: Jakarta.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar: RISKESDES. Balitbang Kemenkes RI : Jakarta.

Maryam, dkk. 2008. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Muhammadun. 2010. Hidup Bersama Hipertensi. Yogjakarta: In Books. Nugroho Wahyudi. 2008. Gerontik & Geriatrik. Bandung: EGC.

Victor Moniaga,dkk. 2013. Pengaruh Senam Bugar Lansia terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi di BPLU Senja Cerah Paniki Bawah. Jurnal e-Biomedik (eBM), volume 1, Nomor 2, Juli 2013,hlm.785-789.

Vitahealth. 2004. Hipertensi (Informasi Lengkap untuk Keluarga dan Penderitanya). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Dalam Keperawatan

 

View My Stats

Creative Commons License
JPMK by Unair  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.