Guideline for Author

Petunjuk penulisan Hasil Penelitian

Aturan Umum:

Jurnal ini menggunakan sistem double-blind review. Setiap artikel yang masuk dalam Jurnal Psikiatri Surabaya (JPS) wajib memenuhi kriteria umum sebagai berikut:

  • Naskah yang dikirim ke redaksi hendaknya tidak lebih dari 5.000 kata termasuk dengan judul, abstrak, ucapan terima kasih, tabel, referensi (gunakan word count dalam program komputer), dikirim ke email redaksijps@gmail.com  
  • Menggunakan format huruf Times New Roman,11 points, spasi tunggal (bukan ganda).
  • Ukuran kertas A4 dengan margin 4 cm (atas), 2.5 cm (kanan dan kiri) dan 2.7 cm (bawah)
  • Semua halaman adalah portrait
  • Maksimal menggunakan 5 gambar dan table
  • Format paragraf menggunakan left indentation 5 points.

Aturan Khusus:

1. Halaman Judul / Title Page

Halaman judul dibuat tersendiri, berlaku sebagai cover dari artikel yang ditulis. Halaman judul berisi judul/title, running title, dan nama-nama penulis/authors.

Judul/Title

Judul ditulis dalam format huruf Times New Roman, 14 points, cetak tebal atau bold, rata tengah atau center. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris masing-masing maksimal 14 kata dengan format title case (setiap awal kata dengan huruf besar), bukan sentence case (hanya awal kalimat dengan huruf besar), bukan pula uppercase (semua huruf besar). Ini didasari oleh pandangan bahwa judul adalah suatu frasa yang tidak perlu kelengkapan kalimat. Judul menggambarkan ringkasan penelitian (singkat, informatif, tidak ada singkatan).

Running Title

Penulis wajib menulis running title dalam bahasa Inggris sebagai bagian dari kelengkapan judul. Running title ditulis satu baris saja dalam format huruf Times New Roman, 8 points, rata kanan (right justify), menempati posisi header dalam program komputer, dan diletakkan pada setiap halaman (umumnya jika menggunakan program program komputer, running title ini akan otomatis berulang pada posisi header di halaman-halaman berikutnya). Running Title dapat mengambil seluruh kalimat judul, namun dapat juga bentuk sederhana dari judul yang bermanfaat sebagai identitas artikel.

Nama-nama penulis/Authors

Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademik, afiliasi menggunakan nomor/angka latin dan ditempatkan di bawah judul artikel disertakan catatan kaki tentang profesi, instansi tempat penulis bekerja.

Jika terdapat lebih dari satu penulis, penulis utama disebutkan terlebih dahulu. Satu penulis berkedudukan sebagai corresponding authors yang ditentukan oleh authors/tim, mencantumkan alamat emailnya pada catatan kaki.

Judul Bagian Tingkat 1 (Section Heading)

Ditulis dengan ukuran font 11 cetak tebal, rata kiri, sentence case, dengan before 12 points, dengan menggunakan nomor.

Judul Bagian Tingkat 2 dan seterusnya (Section Heading)

Ditulis dengan ukuran font 11, tidak cetak tebal, rata kiri, sentence case, dengan before 12 points, dengan menggunakan nomor.

Contoh:

1 judul bagian tingkat 1

1.1  judul bagian tingkat 2

1.1.1 judul bagian tingkat 3

 

2.     Abstrak / Abstract

Abstrak ditulis satu halaman tidak lebih dari 250 kata (gunakan word count dalam program komputer) dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan American Style. Terbagi menjadi latar belakang/Background, tujuan/Aims, metode/Methods, hasil/Results, simpulan/Conclusion, kata kunci/Keywords. Sebaiknya tanpa angka statistik, kecuali jika amat penting. Nilai-nilai statistik sebaiknya hanya untuk result dari penelitian. Kata kunci (keyword) tidak lebih dari 5 kata/ frase dan diurutkan berdasarkan abjad.


3.     Pendahuluan / Introduction

Pendahuluan terdiri dari dua paragraf:

-         Paragraf pertama berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, apa yang sudah diketahui dan apa yang perlu ditambahkan. Penulis boleh melaporkan penelitian yang pernah dia lakukan (baik penelitian pendahuluan atau penelitian yang belum/sudah diterbitkan).

-         Paragraf kedua berisi hipotesis, tujuan penelitian (aims of study) dan manfaat untuk waktu yang akan datang.

Perlu dibedakan kerangka teori dan alur penelitian, diringkas dalam tulisan tentang aims of study. Kerangka teori mengacu kepada context of discovery, sedang alur penelitian mengacu kepada context of justification penelitian tersebut.

 

4.     Metode / Methods

Sistematika metodologi penelitian perlu lebih sederhana, dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Disebutkan desain (contoh: meta analysis, cohort, cross sectional, atau case control) dan jenis penelitian (contoh: double blind, single blind, dan sebagainya).
  2. Karakteristik populasi dengan setting penelitian harus jelas (waktu dan tempat), beserta teknik samplingnya (randomised controlled trial, dan sebagainya).
  3. Kriteria inklusi dan eksklusi perlu disebutkan.
  4. Measurement atau alat ukur yang dipakai perlu diperinci termasuk prosedur standar yang dipakai.

 

5.     Hasil / Result

Result perlu analisis data hasil penelitian (juga disebutkan mesin/alat penghitung statistiknya, misal Microsoft Excel atau SPSS for Windows), dan teknik/jenis penghitungan statistik yang digunakan (regresi, ANOVA, dan sebagainya). Dapat dilengkapi tabel dan gambar total tidak lebih dari 5 buah yang sifatnya konklusif. Narasi pada result mengacu pada tabel dan gambar, namun tidak mengulang kata-kata dalam tabel dan gambar. Metode penulisan mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Gambar dan tabel maksimal berjumlah 5
  • Gambar, tabel dan diagram harus dapat diedit
  • Judul gambar ditempatkan di bawah gambar, dengan Times New Roman 11 points, spasi tunggal, before 4 points, rata tengah.
  • Judul tabel ditempatkan di atas tabel dengan Times New Roman 11 points, spasi tunggal, dan after 6 points, rata kiri.
  • Isi tabel ditulis dengan Times New Roman 10 points dan spasi tunggal.
  • Garis tabel hanya horizontal (tanpa vertikal), warna garis tabel grayscale
  • Setelah judul dicantumkan sumber gambar dan tabel.

 

6.     Diskusi / Discussion

Penulis perlu mengajukan secara jujur makna hasil penelitian terutama masalah yang relevan dengan pertanyaan dasar penelitian. Juga bagaimana bagaimana hasil penelitian yang dilaporkan dapat memecahkan masalah, perbedaan dan persamaan dengan penelitian terdahulu serta kemungkinan pengembangannya. Tidak perlu mengulang-ulang hal yang sudah dikemukakan dalam result, tetapi langsung membahasnya sesuai dengan teori yang ada. Keterbatasan studi (Limitation) perlu dibahas lebih mendalam dan dimasukkan ke dalam bagian terakhir Discussion.

 

7.     Simpulan dan Saran / Conclusion

Conclusion bebas dari dari angka statistik, dan menjawab Aims of Study. Bagian ini juga memuat message yang ingin disampaikan oleh Authors. Kesimpulan harus menjawab pertanyaan yang ditulis dalam Pendahuluan/Introduction, dan harus berdasarkan pada data penelitian, bukan tinjauan pustaka.

 

8.     Ucapan Terimakasih / Acknowledgements

Acknowledgements dapat diberikan kepada pihak yang terlibat dengan penelitian ini. Penulis perlu mencantumkan dalam Conflict of Interest mengenai konsekuensi yang mungkin timbul di kemudian hari akibat pemaparan data ilmiah dengan kepentingan institusi terkait.


9.     Kepustakaan / Referrences

Kepustakaan minimal 20 item (minimal 3 textbook). Format huruf disamakan dengan naskah keseluruhan.

Penulisan kepustakaan menggunakan style IEEE atau Vancouver menggunakan software Mendeley dengan mencantumkan

(a) untuk buku: nama-nama penulis, editor (bila ada), tahun penerbitan, judul lengkap buku, kota penerbit, volume, edisi dan nomor halaman.

(b) untuk terbitan berkala: nama-nama penulis, tahun penerbitan, judul tulisan, judul terbitan (disingkat sesuai dengan index medicus), volume dan nomor halaman.

Contoh penulisan daftar pustaka:

[1]   R. A. Salam, Z. S. Lassi, J. K. Das, and Z. A. Bhutta, “Adolescent Health and Well-Being : Background and Methodology for Review of Potential Interventions,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 4–10, 2016.

[2]   J. K. Das et al., “Interventions for Adolescent Mental Health : An Overview of Systematic Reviews,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 549–560, 2016.

[3]   V. Bruce and S. Kutcher, “Electronic interventions for depression in adolescents : hot idea or hot air ?,” South African J. Psychol., pp. 1–13, 2016.

[4]   R. A. Salam, J. K. Das, Z. S. Lassi, and A. Bhutta, “Adolescent Health Interventions : Conclusions , Evidence Gaps , and Research Priorities,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 88–92, 2016.

[5]   D. Shaffer, F. R. C. Psych, and B. D. Waslick, The Many Faces of Depression in Children and Adolescents. Washington, DC: American Psychiatric Publishing, Inc, 2002.



Petunjuk Penulisan Referat

Aturan Umum dan Khusus penulisan referat, case report, sama dengan aturan umum dan khusus penulisan penelitian, dengan pengecualian: ada bagian hasil/result serta diskusi/discussion tidak harus ditampilkan dalam dua section yang terpisah.

 


Petunjuk Penulisan Case report

Aturan Umum dan Khusus penulisan referat, case report, sama dengan aturan umum dan khusus penulisan penelitian, dengan pengecualian: ada bagian hasil/result serta diskusi/discussion tidak harus ditampilkan dalam dua section yang terpisah.

Penulis wajib menyesuaikan naskah dengan Gaya Selingkung (Guideline for Authors) yang telah ditetapkan oleh Jurnal Psikiatri Surabaya. Naskah yang tidak sesuai akan dikembalikan. Naskah yang telah diterima beserta semua ilustrasi yang menyertainya menjadi milik sah penerbit, serta tidak dibenarkan untuk diterbitkan di manapun, baik secara keseluruhan maupun sebagian, dalam bentuk cetakan maupun elektronika tanpa ijin tertulis dari penerbit.

Semua data, pendapat, atau pernyataan yang terdapat dalam naskah adalah merupakan tanggung jawab penulis. Penerbit, penyunting, dan seluruh staf Jurnal Psikiatri Surabaya tidak bertanggung jawab atau tidak bersedia menerima kesulitan maupun masalah apapun sehubungan dengan konsekuensi dari ketidakakuratan, kesalahan data, pendapat, maupun pernyataan tersebut.


5.     Biaya Publikasi

Jurnal Psikiatri Surabaya mengenakan biaya publikasi kepada penulis/author sebesar Rp 200.000,- (penulis internal departemen) dan Rp 500.000,- (penulis di luar internal departemen) untuk setiap naskah yang akan diterbitkan dalam jurnal. Pembayaran harap ditransfer ke:

Bank Jatim a/n Jurnal Psikiatri Surabaya

No rek: 0322917490

 

Penulis akan diminta untuk membayar biaya publikasi setelah penerimaan editorial (submit). Kami menganggap pengabaian terhadap permintaan artikel di jurnal kami, jika dalam 2 hari kerja setelah pengumuman penerimaan editorial/submit penulis belum melakukan pembayaran. Pebayaran dapat dilakukan secara langsung melalui admin jurnal kami atau menghubungi melalui whatsapp ke nomor: 085790220989.

 

 

Guideline for reporting original research

General Rules:

This journal uses a double-blind review system. Every article submitted in the Surabaya Psychiatric Journal (JPS) must meet the following general criteria:

  • Manuscripts sent to the editor should be no more than 5,000 words including the title, abstract, thank you, table, references (use word count in a computer program), sent to e-mail redaksijps@gmail.com
  • Using the Times New Roman font format, 11 points, single space (not double).
  • A4 paper size with margins of 4 cm (top), 2.5 cm (right and left) and 2.7 cm (bottom)
  • All pages are portrait
  • A maximum of 5 images and tables are used
  • The paragraph format uses 5 points left indentation.

Specific Rules:

1. Title Page

The title page is made separately, acting as a cover for the article written. The title page includes the title, the running title, and the names of the authors.

Title

The title is written in the Times New Roman font format, 14 points, bold, centered. The title is written in Indonesian and English, each with a maximum of 14 words in the format of the title case, not a sentence case, nor uppercase. This is based on the view that the title is a phrase that does not need complete sentences. The title describes the summary of the research (brief, informative, no abbreviations).

Running Title

The author is required to write a running title in English as part of the complete title. Running title is written just one line in Times New Roman font format, 8 points, right justified, occupies the position of the header in a computer program, and is placed on each page (generally if using a computer program, this running title will automatically repeat on the position of the header on the following pages). Running Title can take the entire title sentence, but can also be a simple form of the title that is useful as the identity of the article.

Authors

The author's name is written in full without an academic degree. Affiliation uses numbers and should be placed under the title of the article, including footnotes about the profession and the institution where the author works.

If there is more than one author, the main author is mentioned first. One author is the corresponding author, including their email address in the footnotes.

Title Section Level 1 (Section Heading)

Written in font size 11 in bold, flat left, sentence case, before 12 points, using numbers.

Title Section Level 2 and so on (Section Heading)

Written in font size 11, not bolded, left-aligned, sentence case, before 12 points, using numbers.

Example:

1 level 1 heading section

1.1 title section level 2

1.1.1 title section level 3

 

2. Abstract

The abstract is written in one page with no more than 250 words (use word count in a computer program) in Indonesian and English with American Style. Divided into: backgrounds, Aims, Methods, Results, conclusions, and Keywords. Preferably without statistics, unless it's very important. Statistical values should only be for the results of the study. Keywords are no more than 5 words/phrases and sorted alphabetically.

 

3. Introduction

The introduction consists of two paragraphs:

- The first paragraph contains the background of the problem, the formulation of the problem, what is already known and what needs to be added. The authors may report the previous research (either preliminary research or research that has not/has been published).

- The second paragraph contains a hypothesis, research objectives (aims of the study) and benefits for the future.

There is a need to distinguish the theoretical framework and the flow of research, summarized in a paper on the aims of the study. Theoretical framework refers to the context of discovery, while the flow of research refers to the context of justification of the research.

 

4. Methods / Methods

Systematic research methodology needs to be simpler, taking into account the following:

  • Mentioned design (example: meta-analysis, cohort, cross-sectional, or case-control) and type of research (example: double-blind, single-blind, and so on).
  • Population characteristics with research settings must be clear (time and place), along with the sampling technique (randomized controlled trial, and so on).
  • Inclusion and exclusion criteria need to be mentioned.
  • Measurement or measuring instruments used need to be detailed including the standard procedures used.

5. Results

The results should analyze the research data (also mention the machine/statistical tools, for example: Microsoft Excel or SPSS for Windows), and the techniques/types of statistical calculations used (regression, ANOVA, etc). Tables and figures dan be provided in total of no more than 5 which are conclusive in nature. Narrative results refer to the tables and figures, but do not repeat words in tables and figures. The writing method follows the following conditions:

  • Images and tables maximum of 5
  • Figures, tables and diagrams must be editable
  • The image title is placed below the image, with Times New Roman 11 points, single space, before 4 points, centered.
  • The table title is placed above the table with Times New Roman 11 points, single space, and after 6 points, left-aligned.
  • The contents of the table are written with Times New Roman 10 points and a single space.
  • The table lines are only horizontal (without vertical), the color of the table lines is grayscale
  • After the title, the source of the image and table should be included.

6. Discussion / Discussion

The authors must honestly submit the meaning of the results of the study, especially the issues that are relevant to the basic research questions. Also how the results of the research can solve problems, differences and similarities with previous research and possible development. No need to repeat the things that have been stated in the results, but immediately discuss them in accordance with existing theories. The limitations of the study should be discussed in more depth and included in the last section of the Discussion.

 

7. Conclusions and Suggestions / Conclusion

The conclusion is free from statistics, and it should answer the Aims of the Study. This section also contains the message that Authors want to convey. Conclusions must answer questions written in the Introduction and must be based on research data, not literature reviews.

 

8. Acknowledgments

Acknowledgments can be given to those involved with this research. Authors need to include in the Conflict of Interest regarding the consequences that may arise in the future due to the exposure of scientific data with the interests of related institutions.

 

9. Referrences

Minimum references are 20 items (minimum 3 textbooks). The format of the letters is similar to the entire script.

Writing literature should use the IEEE or Vancouver style using Mendeley software by including

(a) for books: names of authors, editors (if any), year of publication, full title of the book, city of publisher, volume, edition and page number.

(b) for periodicals: names of authors, year of publication, title of article, title of publication (abbreviated according to medicus index), volume and page number.

Example of bibliography writing:

[1]   R. A. Salam, Z. S. Lassi, J. K. Das, and Z. A. Bhutta, “Adolescent Health and Well-Being : Background and Methodology for Review of Potential Interventions,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 4–10, 2016.

[2]   J. K. Das et al., “Interventions for Adolescent Mental Health : An Overview of Systematic Reviews,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 549–560, 2016.

[3]   V. Bruce and S. Kutcher, “Electronic interventions for depression in adolescents : hot idea or hot air ?,” South African J. Psychol., pp. 1–13, 2016.

[4]   R. A. Salam, J. K. Das, Z. S. Lassi, and A. Bhutta, “Adolescent Health Interventions : Conclusions , Evidence Gaps , and Research Priorities,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 88–92, 2016.

[5]   D. Shaffer, F. R. C. Psych, and B. D. Waslick, The Many Faces of Depression in Children and Adolescents. Washington, DC: American Psychiatric Publishing, Inc, 2002.


Instruction for writing a literature review (referrat)

General and Special Rules for writing literature review (referats), are similar with general and special rules for writing research, with the exception: the results and discussion sections do not have to be displayed in two separate sections.

  

Instructions for Writing a Case report

General and Special Rules for case reports, are similar general and special rules for writing research, with the exception: the results and discussion sections do not have to be displayed in two separate sections.

Authors are required to adjust the manuscript with the Guideline for Authors that has been established by the Surabaya Psychiatry Journal. Inappropriate texts will be returned. Manuscripts that have been received along with all the illustrations that accompany them are the legal property of the publisher, and are not permitted to be published anywhere, in whole or in part, in printed or electronic form without written permission from the publisher.

All data, opinions or statements contained in the manuscript are the responsibility of the author. The publisher, editor, and all staff of the Surabaya Psychiatric Journal are not responsible or unwilling to accept any difficulties or problems related to the consequences of inaccuracies, data errors, opinions, or statements.


5. Publication Fees

The Surabaya Psychiatry Journal charges a publication fee to the author of Rp. 200,000 (internal department writer) and Rp. 500,000 (author outside the internal department) for each text to be published in the journal. Payment should be transferred to:

Bank Jatim a / n Journal of Psychiatry Surabaya

Account number: 0322917490

 

Authors will be asked to pay publication fees after editorial acceptance (submission). We consider a waiver for article requests in our journal, if within 2 working days after the announcement of the editorial acceptance/submision the author has not made a payment. Payment can be made directly through our journal admin or contact via whatsapp to number: 085790220989.