Guideline for Author

Petunjuk penulisan Hasil Penelitian

Aturan Umum:

Setiap artikel yang masuk dalam Jurnal Psikiatri Surabaya (JPS) wajib memenuhi kriteria umum sebagai berikut:

  • Naskah yang dikirim ke redaksi hendaknya tidak lebih dari 5.000 kata termasuk dengan judul, abstrak, ucapan terima kasih, tabel, referensi (gunakan word count dalam program komputer), dikirim ke email redaksijps@gmail.com  
  • Menggunakan format huruf Times New Roman,11 points, spasi tunggal (bukan ganda).
  • Ukuran kertas A4 dengan margin 4 cm (atas), 2.5 cm (kanan dan kiri) dan 2.7 cm (bawah)
  • Semua halaman adalah portrait
  • Maksimal menggunakan 5 gambar dan table
  • Format paragraf menggunakan left indentation 5 points.

Aturan Khusus:

1. Halaman Judul / Title Page

Halaman judul dibuat tersendiri, berlaku sebagai cover dari artikel yang ditulis. Halaman judul berisi judul/title, running title, dan nama-nama penulis/authors.

Judul/Title

Judul ditulis dalam format huruf Times New Roman, 14 points, cetak tebal atau bold, rata tengah atau center. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris masing-masing maksimal 14 kata dengan format title case (setiap awal kata dengan huruf besar), bukan sentence case (hanya awal kalimat dengan huruf besar), bukan pula uppercase (semua huruf besar). Ini didasari oleh pandangan bahwa judul adalah suatu frasa yang tidak perlu kelengkapan kalimat. Judul menggambarkan ringkasan penelitian (singkat, informatif, tidak ada singkatan).

Running Title

Penulis wajib menulis running title dalam bahasa Inggris sebagai bagian dari kelengkapan judul. Running title ditulis satu baris saja dalam format huruf Times New Roman, 8 points, rata kanan (right justify), menempati posisi header dalam program komputer, dan diletakkan pada setiap halaman (umumnya jika menggunakan program program komputer, running title ini akan otomatis berulang pada posisi header di halaman-halaman berikutnya). Running Title dapat mengambil seluruh kalimat judul, namun dapat juga bentuk sederhana dari judul yang bermanfaat sebagai identitas artikel.

Nama-nama penulis/Authors

Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademik, afiliasi menggunakan nomor/angka latin dan ditempatkan di bawah judul artikel disertakan catatan kaki tentang profesi, instansi tempat penulis bekerja.

Jika terdapat lebih dari satu penulis, penulis utama disebutkan terlebih dahulu. Satu penulis berkedudukan sebagai corresponding authors yang ditentukan oleh authors/tim, mencantumkan alamat emailnya pada catatan kaki.

Judul Bagian Tingkat 1 (Section Heading)

Ditulis dengan ukuran font 11 cetak tebal, rata kiri, sentence case, dengan before 12 points, dengan menggunakan nomor.

Judul Bagian Tingkat 2 dan seterusnya (Section Heading)

Ditulis dengan ukuran font 11, tidak cetak tebal, rata kiri, sentence case, dengan before 12 points, dengan menggunakan nomor.

Contoh:

1 judul bagian tingkat 1

1.1  judul bagian tingkat 2

1.1.1 judul bagian tingkat 3

 

2.     Abstrak / Abstract

Abstrak ditulis satu halaman tidak lebih dari 250 kata (gunakan word count dalam program komputer) dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan American Style. Terbagi menjadi latar belakang/Background, tujuan/Aims, metode/Methods, hasil/Results, simpulan/Conclusion, kata kunci/Keywords. Sebaiknya tanpa angka statistik, kecuali jika amat penting. Nilai-nilai statistik sebaiknya hanya untuk result dari penelitian. Kata kunci (keyword) tidak lebih dari 5 kata/ frase dan diurutkan berdasarkan abjad.


3.     Pendahuluan / Introduction

Pendahuluan terdiri dari dua paragraf:

-         Paragraf pertama berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, apa yang sudah diketahui dan apa yang perlu ditambahkan. Penulis boleh melaporkan penelitian yang pernah dia lakukan (baik penelitian pendahuluan atau penelitian yang belum/sudah diterbitkan).

-         Paragraf kedua berisi hipotesis, tujuan penelitian (aims of study) dan manfaat untuk waktu yang akan datang.

Perlu dibedakan kerangka teori dan alur penelitian, diringkas dalam tulisan tentang aims of study. Kerangka teori mengacu kepada context of discovery, sedang alur penelitian mengacu kepada context of justification penelitian tersebut.

 

4.     Metode / Methods

Sistematika metodologi penelitian perlu lebih sederhana, dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Disebutkan desain (contoh: meta analysis, cohort, cross sectional, atau case control) dan jenis penelitian (contoh: double blind, single blind, dan sebagainya).
  2. Karakteristik populasi dengan setting penelitian harus jelas (waktu dan tempat), beserta teknik samplingnya (randomised controlled trial, dan sebagainya).
  3. Kriteria inklusi dan eksklusi perlu disebutkan.
  4. Measurement atau alat ukur yang dipakai perlu diperinci termasuk prosedur standar yang dipakai.

 

5.     Hasil / Result

Result perlu analisis data hasil penelitian (juga disebutkan mesin/alat penghitung statistiknya, misal Microsoft Excel atau SPSS for Windows), dan teknik/jenis penghitungan statistik yang digunakan (regresi, ANOVA, dan sebagainya). Dapat dilengkapi tabel dan gambar total tidak lebih dari 5 buah yang sifatnya konklusif. Narasi pada result mengacu pada tabel dan gambar, namun tidak mengulang kata-kata dalam tabel dan gambar. Metode penulisan angka mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  1. Gambar dan Tabel
  • Gambar dan tabel maksimal berjumlah 5
  • Gambar, tabel dan diagram harus dapat diedit
  • Judul gambar ditempatkan di bawah gambar, dengan Times New Roman 11 points, spasi tunggal, before 4 points, rata tengah.
  • Judul tabel ditempatkan di atas tabel dengan Times New Roman 11 points, spasi tunggal, dan after 6 points, rata kiri.
  • Isi tabel ditulis dengan Times New Roman 10 points dan spasi tunggal.
  • Garis tabel hanya horizontal (tanpa vertikal), warna garis tabel grayscale
  • Setelah judul dicantumkan sumber gambar dan tabel.

 

6.     Diskusi / Discussion

Penulis perlu mengajukan secara jujur makna hasil penelitian terutama masalah yang relevan dengan pertanyaan dasar penelitian. Juga bagaimana bagaimana hasil penelitian yang dilaporkan dapat memecahkan masalah, perbedaan dan persamaan dengan penelitian terdahulu serta kemungkinan pengembangannya. Tidak perlu mengulang-ulang hal yang sudah dikemukakan dalam result, tetapi langsung membahasnya sesuai dengan teori yang ada. Keterbatasan studi (Limitation) perlu dibahas lebih mendalam dan dimasukkan ke dalam bagian terakhir Discussion.

 

7.     Simpulan dan Saran / Conclusion

Conclusion bebas dari dari angka statistik, dan menjawab Aims of Study. Bagian ini juga memuat message yang ingin disampaikan oleh Authors. Kesimpulan harus menjawab pertanyaan yang ditulis dalam Pendahuluan/Introduction, dan harus berdasarkan pada data penelitian, bukan tinjauan pustaka.

 

8.     Ucapan Terimakasih / Acknowledgements

Acknowledgements dapat diberikan kepada pihak yang terlibat dengan penelitian ini. Penulis perlu mencantumkan dalam Conflict of Interest mengenai konsekuensi yang mungkin timbul di kemudian hari akibat pemaparan data ilmiah dengan kepentingan institusi terkait.


9.     Kepustakaan / Referrences

Kepustakaan minimal 20 item (minimal 3 textbook). Format huruf disamakan dengan naskah keseluruhan.

Penulisan kepustakaan menggunakan style IEEE dengan mencantumkan

(a) untuk buku: nama-nama penulis, editor (bila ada), tahun penerbitan, judul lengkap buku, kota penerbit, volume, edisi dan nomor halaman.

(b) untuk terbitan berkala: nama-nama penulis, tahun penerbitan, judul tulisan, judul terbitan (disingkat sesuai dengan index medicus), volume dan nomor halaman.

Contoh penulisan daftar pustaka:

[1]   R. A. Salam, Z. S. Lassi, J. K. Das, and Z. A. Bhutta, “Adolescent Health and Well-Being : Background and Methodology for Review of Potential Interventions,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 4–10, 2016.

[2]   J. K. Das et al., “Interventions for Adolescent Mental Health : An Overview of Systematic Reviews,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 549–560, 2016.

[3]   V. Bruce and S. Kutcher, “Electronic interventions for depression in adolescents : hot idea or hot air ?,” South African J. Psychol., pp. 1–13, 2016.

[4]   R. A. Salam, J. K. Das, Z. S. Lassi, and A. Bhutta, “Adolescent Health Interventions : Conclusions , Evidence Gaps , and Research Priorities,” J. Adolesc. Heal., vol. 59, pp. 88–92, 2016.

[5]   D. Shaffer, F. R. C. Psych, and B. D. Waslick, The Many Faces of Depression in Children and Adolescents. Washington, DC: American Psychiatric Publishing, Inc, 2002.



Petunjuk Penulisan Referat

Aturan Umum dan Khusus penulisan referat, case report, sama dengan aturan umum dan khusus penulisan penelitian, dengan pengecualian:

  1. Penulis dapat
  2. ada bagian hasil/result serta diskusi/discussion tidak harus ditampilkan dalam dua section yang terpisah.

 


Petunjuk Penulisan Case report

Aturan Umum dan Khusus penulisan referat, case report, sama dengan aturan umum dan khusus penulisan penelitian, dengan pengecualian:

  1. Penulis dapat
  2. ada bagian hasil/result serta diskusi/discussion tidak harus ditampilkan dalam dua section yang terpisah.

Penulis wajib menyesuaikan naskah dengan Gaya Selingkung (Guideline for Authors) yang telah ditetapkan oleh Jurnal Psikiatri Surabaya. Naskah yang tidak sesuai akan dikembalikan. Naskah yang telah diterima beserta semua ilustrasi yang menyertainya menjadi milik sah penerbit, serta tidak dibenarkan untuk diterbitkan di manapun, baik secara keseluruhan maupun sebagian, dalam bentuk cetakan maupun elektronika tanpa ijin tertulis dari penerbit.

Semua data, pendapat, atau pernyataan yang terdapat dalam naskah adalah merupakan tanggung jawab penulis. Penerbit, penyunting, dan seluruh staf Jurnal Psikiatri Surabaya tidak bertanggung jawab atau tidak bersedia menerima kesulitan maupun masalah apapun sehubungan dengan konsekuensi dari ketidakakuratan, kesalahan data, pendapat, maupun pernyataan tersebut.


5.     Biaya Publikasi

Jurnal Psikiatri Surabaya mengenakan biaya publikasi kepada penulis/author sebesar Rp 200.000,- (penulis internal departemen) dan Rp 500.000,- (penulis di luar internal departemen) untuk setiap naskah yang akan diterbitkan dalam jurnal. Penulis akan diminta untuk membayar biaya publikasi setelah penerimaan editorial (submit). Kami menganggap pengabaian terhadap permintaan artikel di jurnal kami, jika dalam 2 hari kerja setelah pengumuman penerimaan editorial/submit penulis belum melakukan pembayaran. Pebayaran dapat dilakukan secara langsung melalui admin jurnal kami atau menghubungi melalui whatsapp ke nomor: 085790220989.