Guide for Authors

  1. Ketentuan Umum
    1. Journal of Parasite Science memuat tulisan ilmiah dalam bidang Parasitologi, berupa hasil penelitian, artikel ulas balik (review) dan laporan kasus baik dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris.
    2. Naskah/makalah harus orisinal dan belum pernah diterbitkan. Apabila diterima untuk dimuat dalam Journal of Parasite Science, maka tidak boleh diterbitkan dalam majalah atau media yang lain.
  2. Standar Penulisan
    1. Makalah diketik dengan jarak 1 spasi, kecuali Judul, Abstrak, Judul tabel dan tabel, Judul gambar, Daftar Pustaka, dan Lampiran diketik menurut ketentuan tersendiri.
    2. Alinea baru dimulai 3 (tiga) ketukan ke dalam atau (First line 0.76 cm) dari format paragraf.
    3. Huruf standar untuk penulisan adalah Constantia 10.
    4. Memakai kertas HVS ukuran A4 (8,27 x 11,69”).
    5. Menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris.
    6. Tabel/Ilustrasi/Gambar harus amat kontras, juga menyertakan file scanning (foto) terpisah dengan makalah dengan format file JPG. Keterangan Tabel, Gambar atau Penjelasan lain dalam Lampiran diketik 1 (satu) spasi.
  3. Tata cara penulisan naskah / makalah ilmiah
    1. Tebal seluruh makalah sejak awal sampai akhir minimal 18 halaman.
    2. Penulisan topik (Judul, Nama Penulis, Abstrak, Pendahuluan, Metode dst.) tidak menggunakan huruf kapital tetapi menggunakan Title Case(Capitalize Each Word) dan diletakkan di pinggir (sebelah kiri).
    3. Sistematika penulisan makalah adalah Judul (Bahasa Indonesia dan Inggris), Nama Penulis dan Identitas, Abstract dengan Key words, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (bila ada), Daftar Pustaka dan Lampiran (bila ada).
    4. Judul harus pendek, spesifik, tidak boleh disingkat dan informatif, yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
    5. Nama penulis di bawah judul, identitas dan instansi penulis harus jelas, tidak boleh disingkat dan ditulis di bawah nama penulis.
    6. Abstrak maksimal terdiri dari 200 (dua ratus) kata, diketik 1 (satu) spasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
    7. Kata kunci (key words) maksimum 5 (lima) kata setelah abstrak.
    8. Metode Penelitian memuat peralatan/bahan yang digunakan (terutama yang spesifik), prosedur penelitian dan analisis statistik (bila ada).
    9. Daftar Pustaka disusun secara alfabetik tanpa nomor urut. Singkatan majalah/jurnal berdasarkan tata cara yang dipakai oleh masing-masing jurnal. Diketik 1 (satu) spasi dengan paragraf hanging 0.3” dan before 3.6 pt. Proporsi daftar pustaka, Jurnal/Majalah Ilmiah (60%), dan Text Book (40%). Berikut contoh penulisan daftar pustaka berturut-turut untuk Text Book dan Jurnal.
    10. Roitt I, Brostoff  J, and Male D. 1996.  Immunology.  4th Ed. Black Well Scientific Pub.Oxford.  pp. 23-41
    11. Staropoli I, Clement JM, Frenkiel MP, Hofnung M, and Deuble V. 1996. Dengue-1 virus envelope glycoprotein gene expressed in recombinant baculovirus elicits virus  neutralization antibody in mice and protects them from virus challenge. Am. J. Trop. Med. Hygi. 45: 159-167.
  4. Pengiriman makalah dapat dilakukan setiap saat dalam bentuk cetakan (print out) sebanyak 3 (tiga)  eksemplar. Setelah ditelaah oleh Tim Penyuting, makalah yang telah direvisi penulis segera dikembalikan  ke redaksi dalam bentuk cetakan 1 (satu) eksemplar dengan menyertakan makalah yang telah direvisi dan  1 (satu) Compac Disk (Progam MS Word/IBM Compatible) dikirim ke alamat redaksi: Journal of Parasite Science, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Kampus C Unair, Jalan Mulyorejo, Surabaya 60115, Telepon 031-599.2785; 599.3016; Fax. 031-599.3015; e-mail :  jparasitol@gmail.com, jps@fkh.unair.ac.id
  5. Ketentuan akhir terhadap naskah/makalah yang dikirim, redaksi berhak untuk:     
  • memuat naskah/makalah tanpa perubahan
  • memuat naskah/makalah dengan perubahan
  • menolak naskah/makalah