Jual Beli Tanah Bersertipikat Yang Belum Dilunasi Pajak Terhutang dan Bea Terhutang Yang Berasal Dari Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

Putri Mindya Rahmani

= http://dx.doi.org/10.20473/ntr.v3i2.20537
Abstract views = 34 times | downloads = 25 times

Abstract


Kegiatan pendaftaran tanah secara massal merupakan program pemerintah yang artinya dilakukan pendaftaran tanah yang pertama kali dan menggunakan metode sistematik. Dalam pelaksanaanya terdapat panitia yang bertanggung jawab untuk membantu Kepala Kantor Pertanahan. Terdapat program baru dari pemerintah yaitu Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan proses pendaftaran tanah secara masal dengan proses cepat dan biaya murah. Pada proses pendaftaran tanah selanjutnya akan diperiksa melalui penyuluhan, pendataan, dan pengukuran yang nantinya akan dicek secara mendetail guna tertibnya administrasi. Pajak yang dibebankan kepada pihak yang bersangkutan wajib untuk dipenuhi sebagai syarat penerbitan sertipikat. Agar nantinya sertipikat tersebut apabila terjadi jual-beli tanah dapat dialihkan. Pada saat jual beli sertipikat akan ada pungutan pajak. Semua pungutan itu mempunyai tujuan untuk memudahkan wajib pajak, sebab wajib pajak dapat dengan mudah membayar pajaknya pada saat mempunyai uang. Namun sebenarnya terdapat manfaat lain yaitu bahwa pemerintah selama seiring berjalannya waktu sudah mendapatkan pemasukan uang pajak dari waktu yang bersangkutan, tanpa menunggu sampai tahun pajak lampau.


Keywords


Pendaftaran Tanah; Sertipikat; Jual-Beli Tanah; Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap; Pajak.

Full Text:

PDF

References


Buku

Diaz Priantara, Perpajakan Indonesia (Mitra Wacana Media 2021).

Urip Santoso, Pendaftaran Dan Peralihan Hak Atas Tanah (Kencana 2010).

Sudjito, Prona: Pensertipikatan Tanah Secara Massal Dan Penyelesaian Sengketa Tanah Yang Bersifat Strategis (Liberty 1987).

Aartje Tehupeiory, Pentingnya Pendaftaran Tanah Di Indonesia (Raih Asa Sukses 2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Notaire

Lisensi Creative Commons

Notaire (p-ISSN 2721-8376, e-ISSN 2655-9404by http://e-journal.unair.ac.ic/ntr/index.php is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Statcounter :

Jurnal Notaire Statistic

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Notaire has been indexed by: