Editorial Policies

Focus and Scope

Psychiatry Nursing Journal adalah Jurnal ilmiah yang mencakup hasil penelitian di bidang keperawatan atau profesi kesehatan terkait:

  1. Keperawatan Jiwa
  2. Keperawatan Holistik
  3. Keperawatan Keluarga
  4. Keperawatan Psikososial

Psychiatry Nursing Journal menerima semua artikel hasil penelitian terkait isu dan tren terkini keperawatan kesehatan jiwa yang mencakup perkembangan terkini keperawatan kesehatan jiwa baik klinik maupun praktik, pendidikan dan pelatihan, isu terkait profesionalitas perawat jiwa, pendekatan manajemen, pengembangan kebijakan, isu di lingkup klinik serta etik. Semua artikel yang diterima akan dipublikasikan melalui e-journal dan berbasis open access.

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Dalam proses review, minimal terdapat dua orang reviewer untuk setiap artikel. Penilaian artikel dari reviewer pertama akan menjadi prioritas utama di mana editor akan membuat keputusan, jika hanya ada dua reviewer. Diperlukan dua minggu bagi reviewer untuk menyelesaikan satu putaran proses review.

Secara umum, calon reviewer akan dipilih berdasarkan reputasi mereka dalam jumlah publikasi internasional dan kualitas artikel. Untuk langkah selanjutnya, editor mengirimkan undangan review kepada setiap calon reviewer. Setelah calon reviewer menyatakan bersedia untuk melakukan review artikel, maka editor mengirim artikel melalui OJS.

Semua proses review dilakukan dengan cara blind review dan dikelola oleh editor di OJS.

In the reviewing process, there are at least two reviewers for each manuscript for the related topic. Judgement from the first reviewer will be the main priority on which the editor will make their decision, if there are only two reviewers. Three weeks will be needed for reviewer to complete one round of the reviewing process.

Generally, the candidate of the reviewers will be chosen based on their reputation in the international publication number and the study quality. For the next step, the editor sends an invitation letter to each candidate of the reviewer. After the candidate of the reviewer has been informed of their availability for the reviewing process, the editor can create an account for each reviewer and then send manuscript by OJS.

All of the reviewing process is done by way of a blind review and is managed by the editor in OJS.

 

Publication Frequency

Psychiatry Nursing Journal is published twice a year in March and September

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License

This journal (p-ISSN:2355-4320) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Manuscript Submission and Publishing

Manuscript Submission

The manuscript should be written in Ms. Word format. The figure, illustration, and picture are included in the manuscript file. Submit manuscript directly to Journal of Psychiatry. Psychiatry Nursing Journal will automatically REJECT any manuscript submitted via email or hard copy.

Manuscript Publishing

The feasible manuscript is determined by the Editorial Board after obtaining recommendations from peer reviewers. Manuscript revision is author responsibility, and manuscripts that are not feasible will be returned to the author.

 

Etika Publikasi

Pernyataan Etik Publikasi

Psychiatry journal nursing adalah jurnal elektronik peer-review. Pernyataan ini menjelaskan tindakan etis dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan menerbitkan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, Dewan Editorial, peer-reviewerdan penerbit (Universitas Airlangga).

Panduan etik untuk publikasi jurnal

Publikasi artikel di Psychiatry Nursing Journal yang ditinjau rekan sejawat merupakan pondasi penting dalam pengembangan jejaring pengetahuan yang koheren dan dihormati. Hal ini adalah cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung. Artikel yang diulas rekan sejawat akan mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Karena itu penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer-reviewer, penerbit, dan masyarakat.

 

Universitas Airlangga sebagai penerbit Psychiatry Nursing Journal menjalankan tugasnya sebagai penjamin yang sangat serius di semua tahap penerbitan dan kami menyadari tanggung jawab etika dan tanggung jawab kami yang lain. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau memengaruhi keputusan editorial. Dewan Editorial akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain di mana ini berguna dan perlu.

Keputusan Publikasi

Editor Psychiatry Nursing Journal bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana saja yang di submit ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi karya ilmiah yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca merupakan dasar pengambilan keputusan tersebut. Para editor dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor lain atau reviewer lain dalam membuat keputusan ini.

Tindakan yang adil

Seorang Editor mengevaluasi naskah artikel setiap saat terkait konten intelektual tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan, agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Kerahasiaan

Editor dan anggota editorial tidak diperbolehkan menyampaikan atau membocorkan informasi apapun tentang naskah artikel yang di submit ke Psychiatry Nursing Journal pada orang lain selain corresponding author, reviewer, calon reviewer, anggota editor lain serta publisher seperti yang seharusnya.

Pengungkapan rahasia dan konflik kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah artikel yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Peninjau/Reviewer

Kontribusi terhadap Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial serta komunikasi antara tim editorial dengan penulis juga dapat membantu meningkatkan kualitas naskah artikel penulis.

 

Kecepatan

Peninjau/reviewer yang terpilih saat merasa tidak dapat memenuhi syarat untuk meninjau naskah artikel harus melaporkan pada Editor dan minta diri undur diri dari proses peninjauan.

 

Kerahasiaan

Setiap naskah artikel yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah artikel tersebut tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

 

Standar Objektivitas

Proses tinjauan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak pantas. Peninjau/reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung.

 

Pengakuan Sumber

Peninjau/reviewer harus mengidentifikasi karya ilmiah yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen yang telah ditulis di dalam naskah artikel harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau/reviewer juga harus meminta perhatian editor tentang kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan setiap makalah lain yang diterbitkan berdasar pengetahuan pribadi.

 

Pengungkapan rahasia dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau/reviewer tidak boleh mempertimbangkan naskah artikel di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan makalah.

 

Tugas Penulis

Standar pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang kegiatan penelitian/penulisan artikel yang telah dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di artikel. Sebuah naskah artikel harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain maka harus memastikan bahwa kata-kata tersebut telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

 

Publikasi Berganda, Redundan, atau Bersamaan

Seorang penulis tidak boleh, secara umum, menerbitkan naskah artikel yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Pengakuan Sumber

Pengakuan sumber sitasi yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan.

 

Karangan Kertas

Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang sesuai harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada penulis bersama yang tidak pantas dimasukkan di dalam naskah artikel, dan bahwa semua penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi final makalah dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

 

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam manuskrip mereka setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi dari naskah artikel mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek penelitian harus diungkapkan.

 

Kesalahan mendasar dalam karya yang dipublikasikan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah artikel.

 

Chief Editor of Psychiatry Nursing Journal

 

 

Article Processing Charge

Jurnal ini membebankan biaya penulis sebagai berikut.

Biaya Publikasi Artikel: 250.000 (IDR)

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jika artikel yang dikirimkan diterima untuk publikasi, Penulis akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel untuk menutup biaya publikasi.