Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL FARMASI DAN ILMU KEFARMASIAN INDONESIA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI PENULIS

Sebelum naskah melakukan submit, penulis diwajibkan untuk mengisi copyright form atau form orisinalitas, cover letter (ada dalam file document template) yang formatnya dapat di download pada sebelah kanan halaman website kami melalui laman berikut https://e-journal.unair.ac.id/JFIKI/ nantinya saat mensubmit naskah form-form tersebut harus disertakan (disertakan di dalam file manuskrip/naskah).

1. Naskah ditulis dengan program Microsoft Word Jenis huruf: Times New Romans, 10 point regular, justify, line spacing menggunakan multiple 1,2. Struktur kimia dapat dibuat dengan Chemdraw. Foto dan gambar dalam format jpg/jpeg dan untuk grafik dapat digunakan excel.

2. File gambar dan tabel ditempatkan terpisah dari file naskah.

3. Gambar termasuk grafik dibuat terpisah dari naskah. Judul gambar ditulis di bagian bawah gambar dengan nomor urut angka arab.

4. Tabel dan keterangan: tabel harus utuh dalam satu halaman. Judul tabel ditulis di bagian atas tabel dengan nomor urut angka arab.

5. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, disusun dengan urutan sebagai berikut:

a. Judul ditulis dengan ‘Title Case’ (huruf kapital pada huruf pertama setiap kata kecuali kata hubung), bold, maksimum 15 kata.

b. Nama penulis/para penulis (tanpa gelar; nama depan ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama, sedangkan nama akhir ditulis dengan huruf kapital semua) beserta nama lengkap instansi penulis.

Jika para penulis berasal dari instansi yang berbeda maka gunakan tanda 1, 2, 3 dan seterusnya di belakang nama masing –masing penulis. Penulis yang menjadi alamat korespondensi diberi tanda * dan harus disertai alamat institusi lengkap beserta e-mail.

c. Abstrak: ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimum 250 kata. Abstract dalam bahasa Inggris disusun sebagai berikut: Background, objective, Method, Result and Conclusion. Abstrak dalam bahasa Indonesia disusun sebagai berikut: Pendahuluan, Tujuan, Metode, Hasil dan Kesimpulan.

d. Kata kunci/Keywords: 1 5 kata.

e. PENDAHULUAN

Berisi latar belakang dan tujuan penelitian.

f. BAHAN DAN METODE

Berisi penjelasan tentang: Bahan (sebutkan asal dan kualifikasinya); Alat (hanya yang sangat menentukan hasil penelitian; sebutkan nama, merk dan kualifikasinya); Metode (prosedur dilakukannya penelitian, pada bagian ini tuliskan juga sertifikat uji etik jika penelitian melibatkan hewan coba).

g. HASIL DAN PEMBAHASAN

Berisi penjelasan tentang hasil dari semua tahapan yang telah dijelaskan dibagian metode.

h. KESIMPULAN

Berisi tentang ringkasan dari apa yang didapatkan dari hasil penelitian serta apa yang perlu dipelajari lebih lanjut.

i. UCAPAN TERIMA KASIH

Berisi ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penelitian.

j. DAFTAR PUSTAKA (lihat petunjuk)

Disarankan untuk menggunakan fitur citation dan bibliography yang ada pada Microsoft Word dengan menggunakan APA style.

6. Pustaka dalam naskah ditunjukkan dengan nama akhir penulis diikuti tahun. Bila pustaka mempunyai lebih dari dua penulis, ditulis nama akhir penulis utama diikuti dengan et al. (bila bahasa Inggris) dan dkk. (bila bahasa Indonesia). Lalu tahun. Contoh:

Kultur suspensi sel Solanum mammosum mempunyai kemampuan melakukan biotransformasi salisilamida menjadi glikosidanya (Syahrani dkk., 1997)

7. Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad nama akhir penulis utama.

a. Majalah/jurnal (standard journal article): nama akhir ditulis lengkap, diikuti singkatan nama lainnya yang diambil dari huruf depan nama tersebut, setelah itu ditulis tahun terbit, judul artikel, nama majalah/jurnal (ditulis lengkap tidak disingkat) dan volume (ditulis miring / italic) terakhir nomor halaman. Contoh:

Bosworth, H. B., Olsen, M. K., McCant, F., Harrelson, M., Gentry, P. & Rose, C. (2007). Hypertension Intervention Nurse Telemedicine Study (HINTS): testing a multifactorial tailored behavioral/educational and a medication management intervention for blood pressure control. American Heart Journal; 153; 918-24.

b.  Buku: semua nama penulis disebutkan (nama akhir ditulis lengkap, diikuti singkatan nama depan), tahun terbit, judul artikel, nama editor, judul buku dan volume (ditulis miring/italic), edisi, penerbit, kota dan nomor halaman. Contoh:

Cade,   J. F. & Pain, M. C. F. (1988). Essentials of Respiratory Medicine. Blackwell Science; 220-230. Oxford: ABC Publishing.

Colby, V. T., Carrington, C. B. & Pain, M. C. F. (1999) Infiltrative lung disease In: Thurlbeck WM (ed.) Pathology of the Lung; 198-213. New York: Thieme Medical Publishers.

c. Materi elektronik (electronic material). Contoh:

World Health Organisation. (2003). Update 94: Preparing for the Next Influenza Season in a World Altered by SARS. http://www.who.International/csr/disease/influenz a/sars. Accessed: 15 September 2003.

 d. Skripsi, tesis, disertasi atau poster serta lainnya. Contoh:

Dina, S. (2004). Uji Antimalaria In Vivo Isolat Andrografolida dari Andrographis    paniculata Nees Terhadap Plasmodium berghei pada Mencit. Skripsi; Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya.

8. Singkatan (Abbreviations): Penggunaan singkatan tidak disarankan kecuali untuk standar satuan ukuran (misal g, mg, mL, Kg atau cm). Singkatan yang digunakan harus didefinisikan dalam kurung pada saat disebutkan pertama kali di dalam abstract dan lagi di dalam naskah. Singkatan harus ditulis kembali pada keterangan gambar atau tabel, jika ada. Daftar singkatan yang digunakan dan definisi harus disertakan sebagai bagian dari naskah.

9. Naskah yang diterima akan dikoreksi, diberi catatan dan dikirimkan kembali kepada penulis untuk diperbaiki. Penulis mengirimkan kembali naskah yang telah diperbaiki dalam bentuk cetakan dan bentuk file.

10. Penulis akan menerima satu eksemplar naskah terbitan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Manuskrip yang diajukan belum dipublikasikan sebelumnya, dan juga tidak sedang dalam pemrosesan oleh jurnal lain.

  2. File manuskrip yang diajukan menggunakan format dokumen Microsoft Word.
  3. Jika tersedia, URL atau tautan dari masing-masing sumber yang dituliskan pada daftar pustaka perlu disertakan.
  4. Cover letter (yang ada didalam document template) dan copyright form harus disertakan saat mengajukan manuskrip sebagai supplementary files.
  5. Gaya penulisan dan bibliografi yang digunakan pada manuskrip harus sesuai dengan Author Guidelines yang berlaku pada JFIKI.
  6. Manuskrip yang diajukan merupakan karya asli (akan dilakukan skrining untuk pemeriksaan plagiarisme). Jika manuskrip tidak mematuhi pedoman ini dapat dikembalikan ke penulis.
 

Copyright Notice

1. Hak cipta jurnal ini adalah milik Dewan Editorial dan Manajer Jurnal dengan sepengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi milik penulis.

2. Aspek hukum formal aksesibilitas publikasi jurnal mengacu pada Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No Derivative (CC BY-NC-SA), yang menyiratkan bahwa publikasi dapat digunakan untuk tujuan non-komersial dalam bentuk aslinya.

3. Setiap publikasi (cetak / elektronik) adalah akses terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan yang disebutkan di atas,
dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan pada website jurnal ini akan digunakan secara khusus untuk tujuan pemrosesan pada jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.