Evaluasi Tutor Online untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Tutorial Tatap Muka pada Pendidikan Jarak Jauh

Sugiran Sugiran, Pardamean Daulay, Badrus Zaman, Faried Effendy, Lilis Amalia

= http://dx.doi.org/10.20473/jisebi.2.1.1-10
Abstract views = 240 times | views = 183 times

Abstract


Abstrak— Penjaminan kinerja tutor di Universitas Terbuka (UT) ditentukan dari hasil evaluasi tutor yang dilakukan secara manual dengan cara membagikan angket kepada mahasiswa. Sistem ini membutuhkan biaya besar, kurang disukai mahasiswa, mengganggu aktivitas tutorial, pengolahan angket masih dilakukan secara manual, dan laporan hasil tidak dapat diterima tepat waktu. Solusinya perlu sistem evaluasi tutor berbasis online untuk menggantikan sistem yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi sistem evaluasi tutor berbasis online yang dapat meningkatkan kualitas layanan Tutorial Tatap Muka di UT. Desain aplikasi menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah analisis kebutuhan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Tahap kedua adalah analisis kebutuhan sistem yang dilakukan untuk merumuskan solusi dari permasalahan yang ada. Tahap ketetiga yaitu perancangan sistem yang digambarkan dalam bentuk diagram data flow diagram context level (DFD). Tahap keempat merupakan implementasi sistem yang dilakukan dengan membuat pseudocode. Tahap terakhir adalah pengujian sistem, menggunakan metode black box testing. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa aplikasi sistem sudah sesuai dengan kebutuhan, dimana mahasiswa UT dapat menilai tutor dengan mengakses internet. Berdasarkan pengujian fungsional dan evaluasi aplikasi evaluasi tutor berbasis online ini dapat membantu UT  dalam hal peningkatan kualitas layanan tutorial tatap muka.

Kata Kunci— Sistem Evaluasi Tutor, Tutorial Tatap Muka, Pendidikan Jarak Jauh, Universitas Terbuka

Abstract— Underwriting performance of tutors at the Open University (UT) is determined from the evaluation of tutors is done manually by distributing a questionnaire to students. This system is costly, less preferred students, interfere with the activity of the tutorial, the questionnaire processing is still done manually, and the report can not be received on time. The solution needs to be an evaluation system based tutors online to replace the old system. This study aims to generate application-based tutor online evaluation system which can improve the quality of service tutorial face to face at UT. Application design using the System Development Life Cycle (SDLC) with several stages. The first is a systems planning (needs analysis), using interview techniques, dokuemntasi and observation. Second, system analysis (system requirements analysis) conducted to formulate the solution of existing problems. Third, the system design (system design), which is depicted in diagrammatic form context-level data flow diagram (DFD). Fourth systems implementation (implementation of the system), carried out using pseudocode programming code based on the programming language, and Fifth, system testing, using black box method testing. Results test show that the application is in conformity with the needs of the system, where students can assess the tutor UT simply by accessing the internet. Expected results of this study, evaluation of the application form based online tutors can help UT in terms of improving the quality of face-to-face tutorial services.

Keywords— Tutor Evaluation System, Face to Face Tutorial, Distance Education, Open University


Full Text:

PDF

References


Andriani, D. (2005). Mahasiswa S2 pada sistem PJJ: pemanfatan Internet dan bantuan belajar. Jurnal Pendidikan Terbuka dan , 6 (2), 77-91.

Arends, R. I. (2011). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education.

Herman. (2010). Penilaian peserta terhadap kinerja tutor, dan hasil tutorial dan biaya tutorial pada tutorial tatp muka di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, , 11 (2), 84-98.

Kertiasih, N. K., Setemen, K., Suputra, P. H., & Marti, N. W. (2015). Pengembangan Sistem Evaluasi Untuk Dosen Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. JPTK, UNDIKSHA , 12 (1), 27 – 34.

Padmo, D. (2004). Sistem Jaminan Kualitas pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Prastiti, T. (2011). Evaluasi Program Pelatihan Tutor di Universitas Terbuka. Jurnal Evaluasi Pendidikan , 2 (2), 206-217.

Rahmawati, D., & Ahdiat, A. (2014). Penelitian Sosial Digital : Menelaah kehidupan masyarakat di era teknologi informasi. Jakarta: Linea.

Sidiq, M. (2009). Pengembangan Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Dosen Pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, Program Studi Sistem Informatika.

Sudirah. (2009). Model Pengembangan Kompetensi Tutor UT Berdasarkan Persepsi Tutor dan Alumni di UPBJJ Jakarta, Bogor, dan Serang. Disertasi, Institut Pertanian Bogor, Sekolah Pascasarjana .

Syamsiyah. (2015). Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Perkuliahaan (Studi kasus Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati). Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati, Program Studi Sistem Informatika.

Wardani, I. (2000). Program tutorial dalam sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Tinggi Jarak Jauh , 1 (2), 41 – 52.

Wijaya, A., & Henny, J. (2012). Aplikasi Evaluasi Kinerja Dosen Berbasis Web Pada Sekolah Tinggi Teknik Musi. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012) (pp. 481 - 486). Semarang: Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Sugiran Sugiran, Pardamean Daulay, Badrus Zaman, Faried Effendy, Lilis Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © Universitas Airlangga. All rights reserved. ISSN 2443-2555 (online) 2598-6333 (print)

JISEBI Stats