Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Berkala Ilmiah Kimia Farmasi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK UNTUK PENULIS

(Guide for Authors in English can be provided upon request)

Berkala Ilmiah Kimia Farmasi hanya menerbitkan artikel asli yang berkaitan bidang ilmu sebagaimana dapat dilihat pada deskripsi. Artikel akan dipertimbangkan untuk dipublikasikan dengan syarat belum pernah dipublikasikan atau dikirim ke jurnal lain. Artikel dapat diklasifikasikan sebagai laporan hasil penelitian atau kajian pustaka (literature review). Naskah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, oleh karena itu penulis harus memastikan bahwa naskah yang dikumpulkan sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan tidak ada kesalahan dalam penulisan. Panjang naskah juga harus proporsional. Naskah harus diketik menggunakan program MS Word, font Calibri, ukuran 14 pt untuk judul, dan 9 pt untuk selain judul, spasi ganda dengan margin kiri, kanan, atas, dan bawah 2,5 cm. Judul diketik dengan huruf tebal. Panjang artikel tidak lebih dari 14 halaman. Penulis juga harus mengikuti pedoman penyusunan naskah sesuai dengan jenis naskah yang akan diterbitkan.

 

  1. 1.    FORMAT PENULISAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN
  • Judul harus singkat, spesifik dan informatif. Judul maksimal 20 kata (tidak melebihi 80 huruf dan spasi) dengan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata sesuai dengan ejaan yang benar. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Nama penulis meliputi nama lengkap penulis, afiliasi penulis, nama dan alamat afiliasi, dan ditulis berurutan menggunakan simbol angka.
    Contoh:
    Juni Ekowati,1 Retno Widyowati,1 Marcellino Rudyanto1,2

1 Departemen Ilmu Kefarmasian, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Gedung Nanizar Zaman Joenoes, Kampus C Unair, Jl. Dr. Ir Sukarno, Surabaya, Indonesia

2 Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga, Kampus C Unair, Jl. Dr. Ir Sukarno, Surabaya, Indonesia

  • Abstrak harus terstruktur dengan deskripsi singkat (berisi tidak lebih dari 250 kata, diformat dalam satu spasi, dan hanya satu paragraf). Abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Catatan kaki, referensi, dan singkatan tidak digunakan dalam abstrak. Abstrak dalam artikel hasil penelitian harus terdiri dari "Latar Belakang:", "Tujuan:", "Metode:", "Hasil:" dan "Kesimpulan:" yang diketik tebal dalam satu paragraf.
  • Kata kunci berisi 3-5 kata dan / atau frase dan harus ditulis di bawah abstrak. Kata kunci harus ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat yang sesuai dengan standar ilmiah.
  • Penulis koresponden memuat alamat email penulis korespondensi.
  • Pendahuluan terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat.
  • Metode berisi deskripsi yang jelas tentang alat dan bahan yang digunakan serta skema dan metode penelitian yang berguna bagi peneliti lain untuk mereplikasi dan memeriksa validitas jika diperlukan. Referensi harus diberikan untuk metode yang digunakan. Studi yang menggunakan subjek hewan atau manusia harus mencakup bukti penelitian etis yang berlaku. Metode statistik harus dijelaskan secara rinci pada bab metode dan didukung oleh referensi.
  • Hasil dan Pembahasan harus disajikan secara akurat dan ringkas dalam urutan yang logis dengan jumlah tabel dan ilustrasi yang diperlukan untuk merangkum hasil penting dari penelitian. Tabel harus horizontal (tanpa pemisah garis vertikal). Persamaan matematika harus ditulis dengan jelas. Jika simbol matematika tidak tersedia di komputer, simbol tersebut dapat ditulis tangan dengan pensil. Angka desimal harus dipisahkan dengan koma (,) jika artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia. Tabel, ilustrasi, dan foto harus dikutip dalam teks secara berurutan dan dipisahkan dari teks. Judul dan penjelasan rinci ilustrasi (gambar, grafik) ditulis dalam legenda untuk ilustrasi, bukan pada ilustrasi. Semua singkatan non-standar yang digunakan harus dijelaskan dalam catatan kaki. Pembahasan menjelaskan pengertian hasil penelitian, tidak mengulang hasil, bagaimana hasil yang dilaporkan dapat menyelesaikan masalah, perbedaan dan persamaan dengan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dan kemungkinan mengembangkan penelitian tersebut. Bagian ini harus memasukkan keuntungan dan kerugian dari penelitian ini.
  • Kesimpulan merupakan jawaban atas rumusan pertanyaan yang diajukan di akhir pendahuluan. Kesimpulan harus didasarkan pada hasil dan diskusi yang dijelaskan sebelumnya. Tambahkan saran atau umpan balik untuk penelitian lebih lanjut.
  • Ucapan terima kasih untuk semua kontributor penelitian, jika ada, harus dicantumkan secara singkat di naskah sebelum referensi.
  • Referensi harus diatur sesuai dengan sistem Nature. Manajer jurnal menyarankan penulis untuk menggunakan aplikasi khusus Mendeley atau aplikasi referensi lainnya (misalnya: Endnote, Zotero, ReffWorks). Referensi harus diberi nomor secara berurutan sesuai dengan urutan kutipan pertama kali dalam teks, ditulis dengan superskrip dan ditempatkan di akhir teks dalam numerik bukan dalam urutan abjad. Referensi harus valid, 80% berasal dari publikasi dalam 10 tahun terakhir dan mengandung minimal 40% referensi primer (dari jurnal, tesis, disertasi, dan dokumen paten). Sumber yang tidak dipublikasikan, seperti persiapan atau naskah komunikasi pribadi, tidak dapat diterima sebagai referensi. Hanya sumber yang dikutip dalam teks yang muncul di daftar referensi. Nama penulis harus ditulis secara konsisten. Jumlah dan volume jurnal harus dicantumkan. Edisi, penerbit, kota, dan nomor halaman buku teks harus disertakan. Referensi yang diunduh dari internet, termasuk waktu akses dan alamat web, juga harus disertakan. Singkatan nama jurnal harus ditulis lengkap. Artikel hasil penelitian harus memiliki lebih dari 15 referensi.

Format penulisan referensi artikel jurnal:

  1. Sylvia, A. B., RoseAnn, M. & John, B. K. Hygiene practices and food contamination in managed food service facilities in Uganda. African J. Food Sci. 9, 31–42 (2015).
  2. E, A. S. A. H., Hussein, H., W, A. F., E, E. S. & Wasfy, A. Hygienic Practices Among Food Handlers in Dubai. Int. J. Prev. Med. Reserach 1, 101–108 (2015).

Format penulisan referensi buku:

  1. Adriani, M., Wirjatmadi, B. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. (Penerbit Kencana, 2014).
  2. Kuntoro. Metode Sampling dan Penentuan Besar Sampel. (Pustaka Melati IKAPI, 2008).

Format penulisan referensi publikasi elektronik:

  1. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Situasi Kesehatan Kerja 2015. (2015). Available at: http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/%0Ainfodatin/InfoDatin-2015.pdf.%0A.
  2. International Labour Organization. Keselamatan dan kesehatan kerja. (2013). Available at: http://www.ilo.org/wcmsp5/groups /public/-asia/-ro-bangkok/-ilo-jakarta/documents/publication/wcms_237650.pdf. (Accessed: 31st January 2018)

Format penulisan referensi prosiding:

  1. Idrus Jus’at. Penyimpangan positif masalah KEP di Jakarta Utara dan di Pedesaan Kabupaten Bogor Jawa Barat. in Prosiding WNPG VII 153–156 (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2000).
  2. Rachmah, Q., Wantanee, K. Energy Distribution Of Macronutrient Among Adolescents In Indonesia: Secondary Analysis Of Total Diet Study Data. in 4th Asian Academic Society International Conference (AASIC) 2016 170–176 (2016).

Format penulisan referensi skripsi/tesis/disertasi:

  1. Umasangaji, M. Hubungan Antara Asupan Energi Protein, Status Gizi Dengan Kesegaran Jasmani Pada Anggota Klub Tenis Meja Satelit Dan Salero Star Kota Ternate. (Universitas Politeknik Kesehatan, 2012).
  2. Swasono, M. A. Optimasi Pengolahan Kaldu Ayam dan Brokoli dalam Bentuk Instan dan Analisa Biaya Produksi. (Universitas Brawijaya, 2008).

Format penulisan referensi paten:

  1. Herdian H, Pudjiono PI, Angwar M. Sari tempe kental manis dan proses pembuatannya. HC-H3.02.P01.012.1796/2006.

 

  1. 2.    FORMAT PENULISAN ARTIKEL KAJIAN PUSTAKA
  • Judul harus singkat, spesifik dan informatif. Judul maksimal 20 kata (tidak melebihi 80 huruf dan spasi) dengan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata sesuai dengan ejaan yang benar. Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Nama penulis meliputi nama lengkap penulis, afiliasi penulis, nama dan alamat afiliasi, dan ditulis berurutan menggunakan simbol angka.
    Contoh:
    Juni Ekowati,1 Retno Widyowati,1 Marcellino Rudyanto1,2

1 Departemen Ilmu Kefarmasian, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Gedung Nanizar Zaman Joenoes, Kampus C Unair, Jl. Dr. Ir Sukarno, Surabaya, Indonesia

2 Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga, Kampus C Unair, Jl. Dr. Ir Sukarno, Surabaya, Indonesia

  • Abstrak harus terstruktur dengan deskripsi singkat (berisi tidak lebih dari 250 kata, diformat dalam satu spasi, dan hanya satu paragraf). Abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Catatan kaki, referensi, dan singkatan tidak digunakan dalam abstrak. Abstrak dalam artikel review literatur harus terdiri dari "Latar Belakang:", "Tujuan:", "Pembahasan:", dan "Kesimpulan:" yang diketik tebal dalam satu paragraf.
  • Kata kunci berisi 3-5 kata dan / atau frase dan harus ditulis di bawah abstrak. Kata kunci harus ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat yang sesuai dengan standar ilmiah.
  • Penulis koresponden memuat alamat email penulis korespondensi.
  • Pendahuluan terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan kajian pustaka dan manfaat penelitian. Pendahuluan dalam tinjauan pustaka mengikuti topik utama yang ditulis dan gambaran umum dari topik yang akan dibahas.
  • Review berisi poin-poin dan item-item terperinci berdasarkan literatur / literatur yang berhubungan dengan subjek yang dibahas, yang akan dibahas pada bagian pembahasan.
  • Pembahasan mendeskripsikan detail subjek yang dibahas atau penjabaran review, bukan mengulang review, bagaimana review literatur yang dilaporkan dapat menyelesaikan masalah, serta perbedaan dan persamaan dengan penelitian sebelumnya. Bagian ini harus memuat kelebihan, kekurangan, dan kesimpulan dari hasil penelitian.
  • Kesimpulan merupakan jawaban atas rumusan pertanyaan yang diajukan di akhir pendahuluan. Kesimpulan harus didasarkan pada hasil dan diskusi yang dijelaskan sebelumnya. Tambahkan saran atau umpan balik untuk penelitian lebih lanjut.
  • Ucapan terima kasih untuk semua kontributor penelitian, jika ada, harus dicantumkan secara singkat di naskah sebelum referensi.
  • Referensi harus diatur sesuai dengan sistem Nature. Manajer jurnal menyarankan penulis untuk menggunakan aplikasi khusus Mendeley atau aplikasi referensi lainnya (misalnya: Endnote, Zotero, ReffWorks). Referensi harus diberi nomor secara berurutan sesuai dengan urutan kutipan pertama kali dalam teks, ditulis dengan superskrip dan ditempatkan di akhir teks dalam numerik bukan dalam urutan abjad. Referensi harus valid, 80% berasal dari publikasi dalam 10 tahun terakhir dan mengandung minimal 40% referensi primer (dari jurnal, tesis, disertasi, dan dokumen paten). Sumber yang tidak dipublikasikan, seperti persiapan atau naskah komunikasi pribadi, tidak dapat diterima sebagai referensi. Hanya sumber yang dikutip dalam teks yang muncul di daftar referensi. Nama penulis harus ditulis secara konsisten. Jumlah dan volume jurnal harus dicantumkan. Edisi, penerbit, kota, dan nomor halaman buku teks harus disertakan. Referensi yang diunduh dari internet, termasuk waktu akses dan alamat web, juga harus disertakan. Singkatan nama jurnal harus ditulis lengkap. Artikel kajian pustaka harus memiliki lebih dari 25 referensi.

Format penulisan referensi artikel jurnal:

  1. Sylvia, A. B., RoseAnn, M. & John, B. K. Hygiene practices and food contamination in managed food service facilities in Uganda. African J. Food Sci. 9, 31–42 (2015).
  2. E, A. S. A. H., Hussein, H., W, A. F., E, E. S. & Wasfy, A. Hygienic Practices Among Food Handlers in Dubai. Int. J. Prev. Med. Reserach 1, 101–108 (2015).

Format penulisan referensi buku:

  1. Adriani, M., Wirjatmadi, B. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. (Penerbit Kencana, 2014).
  2. Kuntoro. Metode Sampling dan Penentuan Besar Sampel. (Pustaka Melati IKAPI, 2008).

Format penulisan referensi publikasi elektronik:

  1. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Situasi Kesehatan Kerja 2015. (2015). Available at: http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/%0Ainfodatin/InfoDatin-2015.pdf.%0A.
  2. International Labour Organization. Keselamatan dan kesehatan kerja. (2013). Available at: http://www.ilo.org/wcmsp5/groups /public/-asia/-ro-bangkok/-ilo-jakarta/documents/publication/wcms_237650.pdf. (Accessed: 31st January 2018)

Format penulisan referensi prosiding:

  1. Idrus Jus’at. Penyimpangan positif masalah KEP di Jakarta Utara dan di Pedesaan Kabupaten Bogor Jawa Barat. in Prosiding WNPG VII 153–156 (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2000).
  2. Rachmah, Q., Wantanee, K. Energy Distribution Of Macronutrient Among Adolescents In Indonesia: Secondary Analysis Of Total Diet Study Data. in 4th Asian Academic Society International Conference (AASIC) 2016 170–176 (2016).

Format penulisan referensi skripsi/tesis/disertasi:

  1. Umasangaji, M. Hubungan Antara Asupan Energi Protein, Status Gizi Dengan Kesegaran Jasmani Pada Anggota Klub Tenis Meja Satelit Dan Salero Star Kota Ternate. (Universitas Politeknik Kesehatan, 2012).
  2. Swasono, M. A. Optimasi Pengolahan Kaldu Ayam dan Brokoli dalam Bentuk Instan dan Analisa Biaya Produksi. (Universitas Brawijaya, 2008).

Format penulisan referensi paten:

Herdian H, Pudjiono PI, Angwar M. Sari tempe kental manis dan proses pembuatannya. HC-H3.02.P01.012.1796/2006.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Creative Commons License

BIKF by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.

2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions

3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).

4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under “the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.