Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi
Downloads
Prestasi belajar akademik merupakan tingkatan keberhasilan dalam mempelajari materi yang telah diberikan. IPK merupakan angka yang menggambarkan keberhasilan studi mahasiswa. Gaya belajar adalah strategi tertentu dalam belajar untuk mendapatkan satu pendekatan belajar yang sesuai agar dapat mencapai prestasi belajar. Terdapat mahasiswa yang terhambat untuk menyelesaikan studinya secara tepat waktu salah satunya dapat disebabkan oleh prestasi akademik mahasiswa yang kurang baik pada tahun-tahun pertama kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Penelitian dilakukan pada 60 mahasiswa aktif angkatan 2017-2019 di Fakultas Psikologi. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah The VARK Questionnaire. Hasil analisis data diperoleh signifikansi sebesar 0,584 menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar dengan gaya belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.
Akbar, M. T., & Yoenanto, N. H. (2017). Pengaruh Persepsi Keterlibatan Orang Tua dan Persepsi Dukungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akademik Mahasiswa Bidikmisi UNAIR. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6, 43–52. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jppp7c3d2e780afull.pdf
Awang, H., Samad, N. A., Faiz, N. S. M., Roddin, R., & Kankia, J. D. (2017). Relationship Between The Learning Style Preferences And Academic Achievement. International Research and Innovation Summit. https://doi.org/10.1088/1757-899X/226/1/012193
Cimermanova, I. (2018). The effect of learning styles on academic achievement in different forms of teaching. International Journal of Instruction, 11(3), 2019–2232.
Fauziah. (2015). Hubungan Kecemasan Emosinal Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 90–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/je.v1i1.320
Ghufron, & Rini, R. (2014). Gaya Belajar. Pustaka Belajar.
Herawati, I., & Widiastuti, Y. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. JABE, 1(3), 1–13.
Hodsay, Z. (2016). Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Antara Gaya Belajar Visual, Auditorial Dan Kinestetik Pada Program Studi Pendidikan Akuntasi Fkip Universitas PGRI Palembang. Universitas PGRI Palembang.
Ikechukwu, O. (2017). Learning Style As Predictors Of Students' Academic Achievement In Rivers State. Novelty Journals, 4(6), 60–67. https://www.noveltyjournals.com/upload/paper/Learning Styles as Predictors of Students-1205.pdf
Mustafid, M. F., Wedi, A., & Adi, E. P. (2020). Perbedaan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Universitas Negeri Malang.
Oktarindri, M. (2012). Perbedaan prestasi belajar berdasarkan gaya belajar mahasiswa kedokteran angkatan 2013 fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Rika, L. (2014). The relationship learning style and student's achievement of Lampung University Faculty Of Medicine. Jurnal Juke, 4(7), 6–11.
Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Tim Unit Penelitian dan Publikasi Psikologi. (2014). Buku Pedoman Pendidikan Sarjana Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.
Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2019). Permainan ular tangga dan kartu pintar pada materi bangun datar. AXIOM, VIII(1), 41–49.
Westwood, P. (2004). Learning and learning difficulties: A Handbook for teachers. Australian Council For Education Research. University Of Hongkong.
Yoenanto, N. H. (2006). Pengaruh Gaya Belajar (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Umum. Universitas Airlangga.
Yulianti, S., Kartini, F., & Sobri, H. (2015). Perbedaan Prestasi Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mahasiswa Semester IV Diploma III Kebidanan Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/1582/1/naskah publikasi.pdf
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.