Strategi Regulasi Emosi terhadap Stres Akademis selama Menjalani Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19

Arini Rachmawati, Ika Yuniar Cahyanti

Sari


Perkuliahan daring akibat adanya pandemi Covid-19 berpotensi memicu stres akademis pada mahasiswa. Penggunaan strategi regulasi emosi yang tepat dianggap dapat membantu mahasiswa untuk mereduksi stres akademis. Peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan antara strategi regulasi emosi dengan stres akademis pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan kepada 285 mahasiswa Universitas Airlangga (237 perempuan dan 48 laki-laki) dengan menggunakan kuesioner. Peneliti menggunakan Student-life Stress Inventory untuk mengukur stres akademis dan Emotion Regulation Questionnaire untuk mengukur strategi regulasi emosi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa p=0,477 untuk cognitive reappraisal dengan stres akademis dan p=0,249 untuk expressive suppression dengan stres akademis. Variabel dapat dikatakan saling berhubungan apabila nilai p<0,05 .Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi regulasi emosi dengan stres akademis pada mahasiswa selama menjalani kuliah daring. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini ditolak.


Kata Kunci


kuliah daring; strategi regulasi emosi; stres akademis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BBCNews. (2020, Juni 9). Covid-19: Kajian kasus di Wuhan muncul sejak akhir Agustus, China sebut hasil itu 'sebagai hal yang konyol'. Retrieved September 1, 2020, from BBC News Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/dunia-52977852

Denson, T. F., Creswell, J. D., Terides, M. D., & Blundell, K. (2014). Cognitive reappraisal increases neuroendocrine reactivity to acute social stress and physical pain. Psychoneuroendocrinology, 69-78.

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd ed.). London: SAGE Publications Ltd.

Gadzella, B. (1994). Student-life stress inventory: Identification of and reactions to stressors. Psychological Reports, 395-402.

Gadzella, B. (2004). Three stress groups on their stressors and reactions to stressors in five studies. Psychological Reports, 562-564.

Gross, J. (2014). Emotion regulation: Conceptual and empirical foundations. In J. J. Gross, Handbook of Emotion Regulation Second Edition (pp. 3-20). New York: The Guilford.

Gross, J., & John, O. (2003). Individual differences in two emotion regulation processes: implications for affect, relationships, and well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 348–362.

Hamaideh, S. H. (2011). Stressors and reactions to stressors among university students. International Journal of Social Psychiatry, 69-80.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing Company.

Lin, Y. M., & Chen, F. S. (2009). Academic stress inventory of students at universities and colleges of technology. World Transactions on Engineering and Technology Education, 157-162.

Marhamah, F., & Hamzah, H. (2016). The relationship between social support and academic stress among first year students at syiah kuala university. Jurnal Psikoislamedia, 149-172.

Mustinda, L. (2020, April 7). Perbedaan Social Distancing, Physical Distancing hingga PSBB. Retrieved September 1, 2020, from detikNews: https://news.detik.com/berita/d-4968496/perbedaan-social-distancing-physical-distancing-hingga-psbb

Pallant, J. (2011). SPSS survival manual: a step by step guide to data analysist using SPSS (4th ed.). Crows Nest: ALLEN & UNWIN.

Patel, J., & Patel, P. (2019). Consequences of repression of emotion: Physical health, mental health and general well being. International Journal of Psychotherapy Practice and Research, 16-21.

Pratiwi, H. (2019). Perbedaan tingkat kepuasan perkawinan ditinjau dari strategi regulasi emosi pada wanita dewasa awal di lima tahun pertama perkawinan. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Salovey, P., & Sluyter, D. J. (1997). Emotional Development and Emotional Intelligence: Educational Implications. New York: Basic Books.

Sari, P., Bulantika, S. Z., Dewantari, T., & Rimonda, R. (2020). Effects of Stress Coping and Emotion Regulation on Student Academic Stress. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 73-80.

Sarina, N. (2012). Hubungan antara stres akademis dan psychological well being pada mahasiswa tahun pertama. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of COVID-19 on college students’ mental health in the United States: Interview survey study. Interview survey study. Journal of medical internet research.

Troy, A. S., Shallcross, A. J., & Mauss, I. B. (2013). A person-by-situtation approach to emotion regulation: Cognitive reappraisal can either help or hurt, depending on the contect. Psychological Science, 1-10.

Widyaningrum, G. L. (2020, Maret 12). WHO Tetapkan Covid-19 sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya? Retrieved September 1, 2020, from National Geographic Indonesia: https://nationalgeographic.grid.id/read/132059249/who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global-apa-maksudnya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

ISSN Online: 2776-1851

View My Stats