Pengaruh Penyesuaian Diri terhadap Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19
Downloads
Berbagai tantangan yang dihadapi mahasiswa baru saat masa peralihan dari SMA ke Perguruan Tinggi. Hal tersebut terjadi karena penyesuaian diri terhadap 2 hal secara bersamaan yaitu ketika masuk kedalam dunia kampus dan juga perubahan akibat pandemi covid-19. Penyesuaian diri terhadap berbagai perubahan dapat membuat seseorang rentan mengalami stres. Sudah terdapat berbagai penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa kedokteran mengalami tingkatan stres lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang berasal dari jurusan non medis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penyesuaian diri terhadap stres mahasiswa baru fakultas kedokteran di masa pandemi. Metode penelitian menggunakan metode survei, yang melibatkan 200 mahasiswa baru fakultas kedokteran. Skala yang digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah The Student Adaptation to College Questonnaire dan Kessler Psychological Distress. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap stres pada mahasiswa baru fakultas kedokteran di masa pandemi sebesar 35,9%.
Christyanti, D., Mustami'ah, D., & Sulistiani, W. (2010). Hubungan antara Penyesuaian Diri terhadap Tuntutan Akademik dengan Kecenderungan Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. INSAN Vol.12 Nomor 3, 153-158.
Fatimah, M. (2019). Efektivitas Teknik Self Talk Untuk Menurunkan Stres Remaja. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 20-28.
Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). GAMBARAN PSIKOLOGIS MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa Vol.8 Nomor 3 , 299-304.
Lazarus, R., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal and coping. New York: Springer Publishing Company.
Legiran, A., Zalili, M., & Bellinawati, N. (2015). Faktor Resiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Volume 2, No.2 April 2015, 197-202.
Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Volume 4 Nomor 1 Juni 2018, 1-5.
Musabiq, S. A., & Karimah, I. (2018). DESCRIPTION OF STRESS AND ITS IMPACT ON STUDENTS. Universitas Indonesia Insight,Volume 20 No. 2 Agustus 2018, 75-82.
Mustikawati, I. F., & Putri, P. M. (2018). Hubungan Antara Sikap Terhadap Beban Tugas Dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Herb-medicine journal Vol 1 No.2, 122-125.
Rahayu, M. N., & Arianti, R. (2020). PENYESUAIAN MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI PERGURUAN TINGGI: STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UKSW. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi Vol.4. No.2, 73-84.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke-27). Bandung : Alfabeta
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.