Sikap atas Produk Tiruan sebagai Mediator Kerentanan Konsumen terhadap Intensi Membeli Produk Fashion Tiruan

Angger Agung Permadi, Dewi Syarifah

= http://dx.doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.27491
Sari views = 274 times | downloads = 133 times

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerentanan konsumen terhadap intensi membeli produk fashion tiruan dengan sikap atas produk tiruan sebagai mediator. Laporan MIAP menunjukkan sebagian konsumen di Indonesia kurang memperhatikan keaslian produk ketika akan membeli suatu produk fashion, akibatnya banyak diantara masyarakat yang kemudian membeli produk fashion tiruan. Dampak dari peredaran produk fashion tiruan menyebabkan produsen produk asli hingga pemerintah mengalami kerugian yang cukup besar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara online kepada individu yang mengetahui produk fashion tiruan dan berusia 18 tahun ke atas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran mediasi yang signifikan dari sikap atas produk tiruan dalam pengaruh kerentanan konsumen terhadap intensi membeli produk fashion tiruan, serta terjadi mediasi secara parsial dari tiga variabel tersebut.

Kata Kunci


intensi membeli; sikap; kerentanan konsumen; produk fashion tiruan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behaviour. McGraw-Hill Education (UK).

Al-Baroroh, H. R. (2019). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA WAROENG DE’U DI NGANJUK [PhD Thesis]. University of Muhammadiyah Malang.

Andyna, A. S. (2020, Februari 15). Produk Palsu Semakin Merajalela, Brand Ternama Paling Banyak Ditiru. SINDOnews.com. https://lifestyle.sindonews.com/berita/1527466/186/produk-palsu-semakin-merajalela-brand-ternama-paling-banyak-ditiru

Bearden, W. O., Netemeyer, R. G., & Teel, J. E. (1989). Measurement of Consumer Susceptibility to Interpersonal Influence. Journal of Consumer Research, 15(4), 473. https://doi.org/10.1086/209186

Cheng, S.-I., & Fu, H.-H. (2011). Examining Customer Purchase Intentions for Counterfeit Products Based on a Modified Theory of Planned Behavior. International Journal of Humanities and Social Science, 1(10), 7.

Chrisnawati, D., & Sri, M. A. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Remaja Terhadap Pakaian. Jurnal Spirits, 2(1).

Efendi, J., & Baidun, A. (2019). Faktor-Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Intensi Membeli Produk Fashion Tiruan. TAZKIYA: Journal of Psychology, 3(2). https://doi.org/10.15408/tazkiya.v20i2.9177

Fishbein, M., Ajzen, I., & Flanders, N. A. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesley Publishing Company.

Handayani, M. S. (2016, Mei 22). Barang Palsu: Membuat Rugi, Tapi juga Menghidupi—Tirto.ID. tirto.id. https://tirto.id/barang-palsu-membuat-rugi-tapi-juga-menghidupi-89R

Haqi, M. H. (2019). Gambaran Status Mental (Stres, Kecemasan, Dan Depresi) Pada Korban Pasca Gempa Berdasarkan Periode Perkembangan (Remaja, Dewasa, Dan Lansia) Di Desa Pendua Kabupaten Lombok Utara [PhD Thesis]. Universitas Airlangga.

Iskandar, S. R. (2015). Pengaruh susceptibility to interpersonal influence, kecerdasan emosi dan faktor demografi terhadap impulse buying pada remaja [B.S. thesis]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2015.

Kasuma, J., Noor, N. M., Abdurahman, A. Z. A., Sawangchai, A., & Jemari, M. A. (2020). The Influence of Information Susceptibility and Normative Susceptibility on Counterfeit Manufacturing Products Purchase Intention. 9(2), 7.

Kemenperin. (2014, Agustus 4). Kerugian Akibat Peredaran Barang Palsu Capai Rp 65 T. Kemenperin.go.id. https://kemenperin.go.id/artikel/9703/

Lin, N.-H., & Lin, B.-S. (2007). The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies, 12.

MacKinnon, D. P., Fairchild, A. J., & Fritz, M. S. (2007). Mediation Analysis. Annual Review of Psychology, 58(1), 593–614. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.58.110405.085542

Matos, C. A. de, Ituassu, C. T., & Rossi, C. A. V. (2007). Consumer attitudes toward counterfeits: A review and extension. Journal of Consumer Marketing, 24(1), 36–47. https://doi.org/10.1108/07363760710720975

Neuman, W. L. (2007). Basics of Social Research: Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson/Allyn and Bacon.

Pallant, J. (2016). SPSS Survival Manual, 6th Edition (6th Revised edition). Open University Press.

Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2004). SPSS and SAS procedures for estimating indirect effects in simple mediation models. Behavior Research Methods, Instruments, & Computers, 36(4), 717–731. https://doi.org/10.3758/BF03206553

Salahian, A. (2016). Presenting a Model to Explain the Intention of Purchasing Pirated VCDs/DVDs. International Journal of Psychology, 10(01), 51–81.

Sani, F., & Nurtjahyanti, H. (2016). HUBUNGAN ANTARA CITRA DIRI DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK FASHION BERMEREK TIRUAN PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO. 5, 6.

Saputra, A. W. (2009). ANALISIS PENGARUH INFORMATIVE SUSCEPTIBILITY, NORMATIVE SUSCEPTIBILITY, VALUE CONSCIOUSNESS, INTEGRITY DAN PERSONAL GRATIFICATION TERHADAP MINAT BELI DVD BAJAKAN MELALUI ATTITUDE TOWARDS PIRACY [Skripsi, UNIVERSITAS AIRLANGGA]. http://lib.unair.ac.id

Siham, M., & Pierre, V.-F. (2012). THE EFFECTS OF COUNTERFEIT ON LUXURY BRAND BUYING BEHAVIOR, IN TERMS OF CONSUMPTION EXPERIENCE. 15.

Ting, M.-S., Goh, Y.-N., & Isa, S. M. (2016). Determining consumer purchase intentions toward counterfeit luxury goods in Malaysia. Asia Pacific Management Review, 21(4), 219–230. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2016.07.003

Wang, F., Zhang, H., Zang, H., & Ouyang, M. (2005). Purchasing pirated software: An initial examination of Chinese consumers. Journal of Consumer Marketing, 22(6), 340–351. https://doi.org/10.1108/07363760510623939

Yudiaatmaja, F. (2021). Analisis Jalur (Perhitungan Manual dan Aplikasi Komputer Statistik)—Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##