Pengaruh Kebutuhan akan Prestasi dan Kecerdasan Emosional terhadap Intensi Wirausaha Murid SMK di Jawa Timur

Jaya Dwi Karunia, Fajrianthi Fajrianthi

= http://dx.doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28754
Sari views = 40 times | downloads = 9 times

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kebutuhan akan prestasi dan kecerdasan emosional terhadap intensi wirausaha pada siswa SMK di Jawa Timur. Subyek dalam penelitian ini merupakan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang sedang menempuh pendidikan di Jawa Timur yang berjumlah 70 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner intensi wirausaha (Entrepreneurial Intention Questionnaire) untuk mengukur kemampuan intensi wirausaha, skala kebutuhan akan prestasi untuk mengukur variabel kebutuhan akan prestasi dan trait emotional intelligence questionnaire short form (TEIQue-SF) untuk mengukur variabel kecerdasan emosional. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS Statistics 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pada kebutuhan akan prestasi dan kecerdasan emosional terhadap intensi wirausaha siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Timur dengan besar pengaruh R² sebesar 0,222. Namun secara parsial tidak terdapat pengaruh antara kebutuhan akan prestasi dengan intensi wirausaha.


Kata Kunci


intensi wirausaha; kebutuhan akan prestasi; kecerdasan emosional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A. (2019). Hubungan antara Need for Achievement dan Proactive Personality terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. [Skripsi, Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/82615/.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Amatilah, M. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadapan Intensi Kewirausahaan dengan Entrepreneurial Self-Efficacy sebagai Variabel Mediator. [Skripsi, Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/59882/

Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.

Barba-Sánchez, V., & Atienza-Sahuquillo, C. (2017). Entrepreneurial Intention among Enginering Students: The Role of Entrepreneurship Education. European research on management and business economics, 24(1), 53-61. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2017.04.001

Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Jawa Timur, Februari 2020 (No. 33).

Chamola, P., & Jain, V. K. (2017). Towards Nurturing Entrepreneurial Intention from Emotional Intelligence. SIBM Pune Research Journal, 13, 26–34. https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3511369

Chaudhary, R. (2016). Demographic Factors, Personality, and Entrepreneurial Inclination. Education+ Training, 59(2), 171–181. https://doi.org/10.1108/ET-02-2016-0024

Ermawati, N., Soesilowati, E., & Prasetyo, E. (2017). Pengaruh Need for Achievement dan Locus of Control terhadap intensi berwirausaha melalui sikap siswa kelas xii SMK negeri se kota Semarang. Journal of Economic Education, 6(1), 66-74. https://doi.org/10.15294/jeec.v6i1.14704

Frinces, H. (2010). Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 7(1), 35–57. http://dx.doi.org/10.21831/jep.v7i1.576

Ginsberg, E., Ginsburg, S. W., Axelrad, S., & Herma, J. L. (1951). Occupational choice: An approach to a general theory. Columbia University Press.

Hattab, H. W. (2014). Impact of Entrepreneurial Education on Entrepreneurial Intention of University Students in Egypt. The Journal of Entrepreneurship, 23(1), 1-18. https://doi.org/10.1177%2F0971355713513346

Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan antara Indonesia, Jepang, dan Norwegia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 23(4), 1-27.

Karabulut, A. T. (2016). Personality Traits on Entrepreneurial Intention. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 229, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.109

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan Menengah Kejuruan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Mendikbud Dorong Siswa SMK Jadi Wirausaha di Era Industri 4.0. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/mendikbud-dorong-siswa-smk-jadi-wirausaha-di-era-industri-40

Koe, W.-L., Sa’ari, J. R., & Ismail, K. (2012). Determinants of Entrepreneurial Intention Among Millennial Generation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 40, 197–208. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.03.181

Krueger, N., Reilly, M. D., & Carsrud, A. (2010). Competing Models of Entrepreneurial Intention. Journal of Business Venturing, 15(5-6), 411-432. https://doi.org/10.1016/S0883-9026(98)00033-0

Linan, F. (2008). Skill and Value Perceptions: How Do They Affect Entrepreneurial Intentions? International Entrepreneurship and Management Journal, 4(3), 257–272.

McClelland, D. (1965). N Achievement and Entrepreneurship. Journal of Personality and Social Psychology, 1(4), 389–392. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/h0021956

Miao, C., Humphrey, R. H., Qian, S., & Pollack, J. M.. (2018). Emotional intelligence and entrepreneurial intentions: An exploratory meta-analysis. Career Development International, 23(5), 497-512. https://doi.org/10.1108/CDI-01-2018-0019

Ndofirepi, T. M. (2020). Relationship between entrepreneurship education and entrepreneurial goal intentions: psychological traits as mediators. Journal of Innovation and Entrepreneurship. 9(1), 1-20. https://doi.org/10.1186/s13731-020-0115-x.

Neuman, W. L. (2006). Social Research Methods. Boston: Pearson Education.

Oktaviana, V. D., & Umami, N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Kreativitas terhadap Intensi Berwirausaha pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 80-88.

Petrides, K. V., & Furnham, A. (2001). Trait Emotional Intelligence: Psychometric Investigation with Reference to Established Trait Taxonomies. European Journal of Personality, 5(6), 425–448. https://doi.org/10.1002/per.416

Ristianto, C. (2019). Wiranto: Syarat Negara Maju 14 Persen Warganya Wirausahawan. https://nasional.kompas.com/read/2019/04/08/16592321/wiranto-syarat-negara-maju-14-persen-warganya-wirausahawan

Sarwoko, E. (2011). Kajian Empiris Entrepreneur Intention Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 126–135.

Scapinello, K. F. (1989). Enhancing Differences in the Achievement Attributions of High- and Low-Motivation Groups. The Journal of Social Psychology, 129(3), 357–363. https://doi.org/10.1080/00224545.1989.9712052

Sesen, H. (2013). Personality or Environment? A Comperhensive study on the entrepreneurial intention of university students. Education+ training, 55(7), 624-640. https://doi.org/10.1108/ET-05-2012-0059

Suryowati, E. (ed.). (2020). Lapangan Kerja Minim, Lulusan SMK Dominasi Angka Pengangguran. Ekonomi. https://www.jawapos.com/ekonomi/06/11/2020/lapangan-kerja-minim-lulusan-smk-dominasi-angka-pengangguran/

Van Gelderen, M.., Brand, M., & Praag, M. V. (2008). Explaining Entrepreneurial Intention by Means of the Theory of Planned Behavior. Career Development International, 13(6), 538–559. https://doi.org/10.1108/13620430810901688

Zamoetakis, L., Bouranta, N., & Kafetsios, K. (2009). On the relationship between emotional intelligence and entrepreneurial attitudes and intentions. International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research, 15(6), 595–618. https://doi.org/10.1108/13552550910995452


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##