Hubungan antara Efikasi diri dengan Kecemasan dalam menghadapi Ujian SBMPTN pada Siswa SMA
Downloads
Efikasi diri atau self-efficacy adalah keyakinan seseorang pada kemampuannya dalam melakukan suatu bentuk kontrol terhadap keberfungsian kejadian dalam lingkungan dan orang itu sendiri. Individu cenderung akan lari atau memilih menghindari dari situasi yang individu tidak akan mampu untuk mengatasi atau menghadapinya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan pada siswa yang akan menghadapi Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada siswa SMA. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei dengan melibatkan 113 responden. Penelitian ini menggunakan alat ukur General Self-Efficacy Scale dan Cognitive Test Anxiety Scale and Academic Performance. Pada penelitian ini hasil uji korelasi menunjukkan 0,166, variabel dapat dikatakan berhubungan apabila nilai signifikansi p < 0,05 maka hasil menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini ditolak, yang berarti bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian SBMPTN pada siswa SMA.
Abiantoro, M. E. M. (2019). Hubungan Mekanisme Koping dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Computer Based Test (CBT) Mahasiswa Keperawatan Tingkat Pertama Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Agustiar, W., & Yuli, A. (2010). Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XII SMA Negeri "X.” Jurnal Psikologi Volume 8 Nomor 1.
Anissa, L. M. (2018). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Ujian Berbasis Computer Based Test. MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan.
Bandura, A. (1997). The anatomy of stages of change. American Journal of Health Promotion : AJHP, 12(1), 8–10. https://doi.org/10.4278/0890-1171-12.1.8
Cervone, D., & Lawrence, P. (2011). Personality: Theory and Reseach (Twelfth). John Wiley & Sons, Inc. https://id1lib.org/book/3410753/6e0242
Cubukcu, F. (2008). A Study on the Correlation between Self Efficacy and Foreign Language Learning Anxiety. Journal of Theory and Practice in Education, 4(1), 148–158. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/contentdelivery/servlet/ERICServlet?accno=ED502016
Feist, G. J. (2010). The function of personality in creativity: The nature and nurture of the creative personality. In The Cambridge handbook of creativity. (pp. 113–130). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511763205.009
Harmiyuni, & Sailan, M. (2016). Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMK Komputer Mutiara Ilmu Makassar. 41.
Hatijah, S. (2018). Hubungan antara resiliensi dan efikasi diri dengan kecemasan akademik menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.
Hidayatin, A., & Darmawanti, I. (2013). Hubungan Antara Religiusitas Dan Self Efficacy Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII MAN 1 Model Bojonegoro. Character, 2 Nomor 1.
Kompas. (2019, July 9). Pengumuman SBMPTN 2019: Hanya 23 Persen Berhasil Lulus SBMPTN 2019. https://edukasi.kompas.com/read/2019/07/09/15144981/pengumuman-sbmptn-2019-hanya-23-persen-berhasil-lulus-sbmptn-2019?page=all
Kompas. (2021, June 14). Pengumuman LTMPT: 184.942 Peserta Lolos SBMPTN 2021, Ini Rinciannya. https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/14/124000665/pengumuman-ltmpt--184.942-peserta-lolos-sbmptn-2021-ini-rinciannya?page=all
Lubaba. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian pada Peserta Didik Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat Kudus dengan Intensitas Membaca Al-Qur'an sebagai Variabel Moderator. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Nisa, N. L. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Dukungan Sosial dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (CBT) pada Siswa SMK X Kelas XII.
Putri, S. W., Suminta, R. R., & Handayani, D. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa. Happiness, 1(2), 111–124.
Sari, A. W., Mudjiran. M., Alizamar, A. (2017). TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH DITINJAU dari jurusan yaitu jurusan IPA dan jurusan IPS serta menghadapi US ditinjau dari daerah asal yaitu Minangkabau dan non Minangkabau serta perbedaannya dan (4) tingkat kecemasan siswa kelamin. Jurnal Bikotetik., 01 (02), 37–72.
Suhardi, I. (2018). Kajian Deskriptif Perbandingan Model Pengujian Paper Based Test dan Computer Based Test (Tinjauan dari Aspek Psikometrik, Konteks dan Suasana, serta Psikologi Pengguna). Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan.
Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics (5th ed).
Zimmerman, B. J. (2000). Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1016
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.