Pengaruh Keberfungsian Keluarga terhadap Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama Selama Proses Pembelajaran Daring
Downloads
Transisi dari sekolah menuju perkuliahan merupakan fase yang menimbulkan berbagai tantangan sehingga menuntut mahasiswa untuk dapat melakukan penyesuaian akademik, terlebih pada situasi pandemi Covid-19. Proses penyesuaian akademik membutuhkan dukungan dari pihak keluarga yang berfungsi secara sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keberfungsian keluarga terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa tahun pertama selama proses pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 254 partisipan. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala Student Adaptation to College Questionnaire dan Family Assessment Device. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keberfungsian keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa tahun pertama selama proses pembelajaran daring sebesar 29,7%.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Anindyajati, P. D. (2013). Status Identitas Remaja Akhir : Hubungannya Dengan Gaya Pengasuhan Orangtua Dan Tingkat Kenakalan Remaja. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 1–6.
Ardani, M. A. D., (2014). Hubungan antara family functioning dan academic adjustment pada mahasiswa baru Universitas Indonesia. [Skripsi, Universitas Indonesia]. http://lib.ui.ac.id/detail?id=20402471&lokasi=lokal
Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of Counseling Psychology, 31(2), 179–189. https://doi.org/10.1037//0022-0167.31.2.179
Epstein, N. B., Baldwin, L. M., & Bishop, D. S. (1983). The Mcmaster Family Assessment Device. Journal of Marital and Family Therapy, 9(2), 171–180.
Fajriani, Yulizar, Bahri, S., & Bakar, A. (2020). Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di SMA Laboratorium Unsyiah pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional, 271–278.
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654
Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.
Hikam, F. F. (2020). Peran Keluarga Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 194–203.
Khotimatussannah, N., Khairunisya, N., Pitaliki, T., & Anggraeni, A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Penyesuaian Akademik di Masa Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 29–36. http://ejournal.umbandung.ac.id/index.php/rasi/article/view/120
Novadelian, A., & Rozali, Y. A. (2020). Perbedaan Penyesuaian Akademik Ditinjau dari Kategorisasi Adversity Intelligence pada Santri MTS Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 Jayanti, Tangerang. UEU Jurnal.
Santrock, J. W. (2010). Life-Span Development. Boston: McGraw-Hill Higher Education.
Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T. R., & Mislika, M. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73–77. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN/article/view/494/504
Sulfiana, E. (2015). HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY ACADEMIC DENGAN PENYESUAIAN AKADEMIK PADA MAHASISWA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya].
Ulfa, M., & Na'imah. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45
Waller, T. (2009). A mixed method approach for assessing the adjustment of incoming first-year engineering students in a summer bridge program (Doctoral dissertation, Virginia Tech).
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.