Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Self-Esteem terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja di Surabaya
Downloads
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh gaya hidup hedonis dan self-esteem terhadap perilaku konsumtif pada remaja di Surabaya. Partisipan penelitian merupakan remaja usia 17-24 tahun dan belum menikah yang berdomisili Surabaya (N=384). Pengumpulan data menggunakan Metode survei dan alat ukur yang digunakan, antara lain perilaku konsumtif Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) yang telah diadaptasi dan ditranslasi, dan gaya hidup hedonis yang telah di modifikasi. Data analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai t sebesar 6,341 dan signifikansi 0,000 (p<0,05) untuk gaya hidup hedonis dan nilai t sebesar -1,143 dengan signifikansi 0,025 (p<0,05) untuk self-esteem. Analisis antara gaya hidup hedonis dan self-esteem dengan perilaku konsumtif dengan nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,312. Artinya perilaku konsumtif memiliki pengaruh yang cukup kuat dengan gaya hidup hedonis dan self-esteem.
Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo, 6(2). 273-279.
Alexander, & Hilda, B. (2016, Mei 5). Hingga 2016, Surabaya Tambah Empat Pusat Belanja Baru . Retrieved from Kompas : http://properti.kompas.com/read/2014/08/26/172007121/Hingga.2016.Surabaya.Tambah.Empat.Pusat.Belanja.Baru
Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131-140. https://doi.org/10.22146/gamajop.44104
Biolcati, R. (2017). The role of self-esteem and fear of negative evaluation in compulsive buying. Frontiers in Psychiatry, 8(74), 1-8. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2017.00074
Di Crosta, A., Ceccato, I., Marchetti, D., La Malva, P., Maiella, R., Cannito, L., Cipi, M., Mammarella, N., Palumbo, R., Verrocchio, M. C., Palumbo, R., & Di Domenico, A. (2021). Psychological factors and consumer behavior during the COVID-19 pandemic. PLOS ONE, 1-23. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0256095
Dezianti, D. A. N., & Hidayati, F. (2021 ) Pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Journal Psychology of Science and Profession, 5(2) 151-158. https://doi.org/10.24198/jpsp.v5i2.28913
Felicia, F., Elvinawaty, R., & Hartini, S. (2014 ). Kecenderungan Pembelian Kompulsif: Peran Perfeksionisme dan Gaya Hidup Hedonic. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 9(3), 104-105
Gupta, S. (2013 ). A Literature Review of Compulsive Buying - A Marketing Perspective. Journal of Applied Business and Economics, 14(1), 43-48
Handayani, K. T. (2020). Hubungan Gaya Hidup Hedonis dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap K-Pop Pada Mahasiswa UIN Suska Riau. [Skripsi]. http://repository.uin-suska.ac.id/26548/
Hasibuan, E. (2010). Hubungan Antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Imhonde, H. (2013). Self-esteem, Gender, Family-communication-style and Parental Neglect as Predictors of Aggresive Tendencies among Secondary School Adolescents. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 2(3), 93-100.
Lins, S., Bottequin, E., Dóka, Á., Golasa, A., Hylander, F., Merchán, A., ... & Pavlović, S.. (2013). To think, to feel, to have: The effects of need for cognition,hedonism and materialism on impulse buying tendencies in adolescents. Journal of European Psychology Students, 4(2), 25-32.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, & Harlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1-6. https://doi.org/10.29210/3003210000
Lök, N., Bademli, K., & M.Canbaz. (2017). The Effects of Anger Management Education on Adolescents' Manner of Displaying Anger and Self-Esteem: A Randomized Controlled Trial. Archives of Psychiatric Nursing, 32(1), 75-81. https://doi.org/10.1016/j.apnu.2017.10.010
Monks, F., Knoers, A., & Haditono, S. (2003). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Mruk, C. (2006). Self esteem research, theory, and practice: Toward a positive pychology of self-esteem. New York: Springer Publishing Company, Inc. .
Nugroho, A. I., & Fauziah, N. (2018). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Produk Fashion Bermerek Pada Siswa Sman 3 Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 809-812.
Nurhaliza , S. (2021, Mei 13). Lebaran 2021, Tren Belanja Online Meningkat Tahun Ini. Retrieved from IDX Channel: https://www.idxchannel.com/economics/lebaran-2021-tren-belanja-online-meningkat-tahun-ini
Nurjihan, N. (2021). Perilaku Konsumtif Belanja Online Dalamperspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Mahasiswa UPN Veteran Jakarta saat PandemiCovid-19). Naskah Publikasi UPN Veteran Jakarta, 1-11.
Prasetyaningtyas, K., & Indrawati, E. S. (2015). Harga diri dan intensi membeli produk fashion pada mahasiswi jurusan manajemen fakultas ekonomika dan bisnis. Jurnal EMPATI, 4(4), 180–185
Pratama, H. (2018). Hubungan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif terhadap Merchendise Liverpool pada Anggota Suporter Klub Sepak Bola Liverpool di Bekasi. Jurnal Psikologi, 10(2).
PWC. (2020, Agustus 13). Pesatnya perubahan perilaku konsumen di tahun 2020 mendorong perubahan tren digital, kesehatan, dan keberlanjutan, menurut PwC global. Retrieved from PWC.com: https://www.pwc.com/id/en/media-centre/press-release/2020/indonesian/pesatnya-perubahan-perilaku-konsumen-di-tahun-2020-mendorong-perubahan-tren-digital-kesehatan-dan-keberlanjutan.html
Rahayu, D. (2017). Pengaruh Kontrol Diri dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/9358/
Saputra, T. R. (2017). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonisme Dengan Kecenderungan Impulse Buying Terhadap Trend Fashion Pada Remaja Kota. [Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/15336/
Setiono, D. P., & Dwiyanti, R. (2020). The effect of self esteem towards consumptive behaviour in x university students. Psycho Idea, 18(2), 190–196. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.6863
Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on consumer behavior: Will the old habits return or die? Journal of Business Research, 117, 280–283.
Sholikah, B., & Zuraya, N. (2016, Agustus 12). Survei: Warga Surabaya Paling Boros di Indonesia. Retrieved from http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/02/24/o31rsc383-survei-warga-surabaya-paling-boro-di-indonesia.
Sukarno, N. F., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Gaya Hidup Hedonis pada Siswa Di SMA PL Don Bosko Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 710–715. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21702
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan (meneropong imbas pesan iklan televisi). Bandung: Alfabeta.
Suryabetari, S. (2016). Hubungan self-esteem dengan compulsive buying disorder pada wanita dewasa awal di surabaya [Skripsi, Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/53022/
Susanto, A. (2013). Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Jurnal Jibeka, 7(2), 1-6.
Yunus, M. (2021). Analisa Perilaku Konsumtif Community Based: Studi Kasus Media E-Commerce Pada Mahasiswa Di Kabupaten Merangin. Ekopendia, 6(1), 37–43
Copyright (c) 2022 Liana Sein Ritonga, Rosatyani Puspita Adiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.