Pengaruh Self-efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa Perantau pada Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19
Downloads
Kestabilan pada penurunan angka penyebaran Covid-19 menyebabkan banyak sivitas akademika yang mulai menerapkan pembelajaran secara offline. Hal tersebut membuat mahasiswa perantau harus siap untuk beradaptasi kembali dengan situasi perantauan. Situasi tersebut dapat menyebabkan stres akademik sehingga diperlukan keyakinan dalam diri mahasiswa untuk menyelesaikan dan menghadapi tekanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap stres akademik mahasiswa perantau pada pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan pada 100 mahasiswa perantau di Indonesia dengan usia 18-22 tahun yang sedang melakukan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Alat pengumpul data berupa kuesioner adaptasi Student-Life Stress Inventory dan General Self-efficacy. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa self-efficacy berpengaruh terhadap stres akademik pada mahasiswa (R=0,210; p=0,036). Hal ini menandakan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stres akademik mahasiswa perantau di Indonesia.
Alimah, C., & Khoirunnisa, R. N. (2021). hubungan antara self-efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 160-170.
Azwar, S. (2008). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy : The exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.
Barseli, M., Ifdil, & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95-99. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005.
Busari, A. O. (2016). Academic Stress and Internet Adiction among Adolescent: Solution Focused Social Interest Programme as Treatment Option. Journal of Mental Disorders and Treatment, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.4172/2471-271X.1000114
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934
Ernawati, L., & Rusmawati, D. (2015). Dukungan sosial orang tua dan stres akademik pada siswa smk yang menggunakan kurikulum 2013. Jurnal EMPATI, 4(4), 26–31.
Faqih, F. (2021, Oktober 7). Kemendikbud Ristek Catat 82,69 Persen Perguruan Tinggi Siap Pembelajaran Tatap Muka. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/peristiwa/kemendikbud-ristek-catat-8269-persen-perguruan-tinggi-siap-pembelajaran-tatap-muka.html
Gadzella, B. M. (1994). Student-Life Stress Inventory: Identification Of and Reactions To Stressors. Psychological Reports, 74(2), 395-402. https://doi.org/10.2466%2Fpr0.1994.74.2.395
Harahap, A. C., Permatasari, D., & Rival, S. (2020). Analisis Tingkat Stress Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, vol. 3 no.1, 10-14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804
Hasanah, U., Ludiana, L., Immawati, I., & Ph, L. (2020). Psychological Description of Students in the Learning Process During Pandemic Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299. https://doi.org/10.26714/jkj.8.3.2020.299-306
Hidayah, N., Ikram, R. M., & Sutria, E. (2020). Tingkat stres dan strategi koping mahasiswa keperawatan di masa pandemi covid19. Prosiding Seminar Nasional Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, Dan Aplikasi Statistika (VARIANSI), 2(1), 184–192. https://ojs.unm.ac.id/variansistatistika/article/view/19505
Marisa, D., & Afriyeni, N. (2019). KESEPIAN DAN SELF COMPASSION MAHASISWA PERANTAU. Psibernetika, 12(1). https://doi.org/10.30813/psibernetika.v12i1.1582
Maulana, I., & Alfian, I. N. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Masa Pandemi COVID-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 829–836. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.26783
Mentari, D. O. (2018). Hubungan Stres Akademik dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Keperawatan Universitas Jember, [Skripsi, Universitas Jember]. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85257
Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Negeri Diponegoro di Semarang . Jurnal Empati, 5(2), 296-302.
Neuman, W. L. (2007). Basic of Social Research: Qualitative and Quantitative Approaches (2nd ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1-9. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943
Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 142–149.
Putri, G., & Ariana, A. D. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 104–111. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24573
Putri, R. M., Oktaviani, A. D., Utami, A. S. F., Latif, N., Addiina, H. A., & Nisa, H. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1), 38-45. https://doi.org/10.47034/ppk.v2i1.4003
Putri, S. A., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Taruna Tingkat II Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Jurnal EMPATI, 6(4), 319–322.
Ruhmadi, E., Suwartika, I., & Nurdin, A. (2014). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stress akademik mahasiswa reguler program studi d iii keperawatan cirebon poltekkes kemenkes tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3), 173–189. https://doi.org/10.20884/1.jks.2014.9.3.612
Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). HUBUNGAN SELF EFFICACY, MOTIVASI BERPRESTASI, PROKRASTINASI AKADEMIK DAN STRES AKADEMIK MAHASISWA. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik), 1(2), 43-52. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52
Salmon , A. G., & Santi, D. E. (2021). Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Mahasiswa Perantau Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional, 128-135.
Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2017). PERANAN PENYESUAIAN DIRI DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PERANTAU DI JAKARTA. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 12.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2017). Health psychology: Biopsychosocial interactions (9th ed.). Inc: John Wiley & Sons.
Sarina, N. Y. (2012). Hubungan antara stres akademis dan Psychological Well-Being pada mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia (The Correlation between Academic Stress and Psychological Well-being Among first-year College Students in Universitas Indonesia), [Skripsi, Universitas Airlangga]. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20320114.
Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386
Sudirmanto, S. (2019). PERILAKU MAHASISWA RANTAU DI PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6(2), 1-12.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian dan Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 20-27.
Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Advances in Social Work, 9(2), 106–125. https://doi.org/10.18060/51
Zajacova, A., Lyinch, S. M., & Espenshade, T. J. (2005). Self-efficacy, stress, and academic success in college. Research in Higher Education, 46(6), 677-706. https://doi.org/10.1007/s11162-004-4139-z
Copyright (c) 2022 Dwi Indah Gita Cahyani, Endah Mastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.