Pelatihan keterampilan dan upaya pengembangan UMKM di Jawa Timur

Helmy Prasetyo Yuwinanto

= http://dx.doi.org/10.20473/dk.v13i1.2018.79-87
Abstract views = 10 times | downloads = 11 times

Abstract


Di era globalisasi dan iklim persaingan usaha yang makin ketat, salah satu prasyarat atau modal yang dibutuhkan agar UMKM mampu tetap survive adalah kemampuan dan kualitas sumber daya yang memadai. Tujuan dilakukan monitoring dan evaluasi di lapangan adalah untuk mengetahui manfaat pelatihan ketrampilan yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dalam mendorong tumbuhnya wirausaha baru di kalangan masyarakat di sekitar lingkungan IHT dan/atau daerah penghasil bahan baku IHT di 19 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Kegiatan sebagaimana dilaporkan pada dasarnya adalah kegiatan monitoring dan evaluasi untuk mengetahui efektivitas dan manfaat dari program pelatiham ketrampilan bagi masyarakat di sekitar lingkungan IHT dan/atau daerah penghasil bahan baku IHT di Jawa Timur. Diakui sejumlah peserta pelatihan yang diwawancarai secara mendalam bahwa untuk mengembangkan usaha mandiri memang bukan hal yang mudah. Kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan menemukan ada banyak hal yang menjadi kendala atau penyebab sebagian besar peserta pelatihan tak juga kunjung mampu mengembangkan usaha yang mandiri. Untuk itu dibutuhkan strategi, kebijakan dan program yang benar-benar kontekstual dan efektif, yang tak kalah penting adalah bagaimana menggugah semua pihak untuk mau lebih peduli terhadap isu penanganan pengangguran, kemiskinan, dan pengembangan kewirausahaan.


Keywords


persaingan; usaha; wirausaha; strategi; pengangguran

Full Text:

PDF

References


Adorno TW & Max H (1972) Dialektika Pencerahan. New York: The Seaburry Press.

George B & Paul W (1992) Ideologi dan Kesejahteraan Rakyat. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Irawan PLT, Kestrilia RP, & Melany (2020) Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi ECommerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA 9(1):33-44. Doi: http://dx.doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347.

Roosdhani MR, Wibowo PA, & Widiastuti A (2012) Analisis Tingkat penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi pada Usaha Kecil Menengah di Kab. Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis 9(2):89–104.

Sedyastuti K (2018) Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia 2(1):117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Suci YR (2017) Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 6(1):51–58.

Suyanto B & Septi A (2014) Upaya Pengembangan Usaha Mandiri di Kalangan Pengangguran Terdidik di Jawa Timur. Surabaya: Laporan Akhir Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi Baru Tahap II.

Suyanto B (2013) Sosiologi Ekonomi, Kapitalisme & Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tedjasuksmana B (2014) Potret UMKM Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Di NCFB ke-7 dan Kolokium Doktoral.

Wijanarko A & Susila I (2016) Faktor Kunci Keberhasilan UMKM Kreatif. Perubahan Kultur Dan Sinergitas Bisnis. Sidoarjo: FEB Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dialektika

View Jurnal Sosiologi Dialektika Stats

Creative Commons License
JSD by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.