Perkembangan koperasi di Jawa Timur

Tuti Budirahayu

= http://dx.doi.org/10.20473/dk.v13i1.2018.88-95
Abstract views = 131 times | downloads = 753 times

Abstract


Koperasi adalah lembaga sosial-ekonomi yang memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan kegiatan ekonomi kerakyatan, penanganan kemiskinan dan pengangguran di Provinsi Jawa Timur, tetapi hingga kini data base perkembangan koperasi di Jawa Timur belum tertata dengan baik. Ditengarai hingga saat ini masih banyak koperasi yang belum terdata dengan akurat, dan kalau pun tersedia data perkembangan koperasi umumnya masih belum banyak dimanfaatkan sebagai acuan dalam penyusunan program pembinaan dan pemberdayaan koperasi yang benar-benar kontekstual. Tujuan keiatan ini adalah, Pertama, untuk mengetahui pasang-surut perkembangan koperasi di Jawa Timur. Kedua, untuk memetakan problema dan berbaga kendala yang dihadapi koperasi dalam upaya mengembangkan kegiatan usaha dan melayani anggotanya. Ketiga, untuk dasar merumuskan program yang benar-benar efektif dalam upaya pemberdayaan koperasi di Jawa Timur. Metode yang digunakan pertama, melakukan pengumpulan data. Kedua, melakukan analisis data sekunder Ketiga, melakukan kajian lapangan, yakni langsung mewawancarai para anggota dan pengurus Koperasi di Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini anggota koperasi mengalami peningkatan juga dari kebutuhan simpan pinjamnya. Prospek kedepan, perkembangan koperasi diyakini sebagian besar responden akan makin besar, sebab banyak warga masyarakat yang membutuhkan koperasi untuk tempat meminjam modal usaha mau pun untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


Keywords


lembaga; simpan pinjam; perkembangan; anggota; masyarakat

Full Text:

PDF

References


Agustia D & Palupi A (2016) Praktik Creative Accounting pada Koperasi di Jawa Timur. Ekuitas: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan 20(4):522–543.

Anoraga P & Sudantoko D (2002) Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Semarang: Rineka Cipta.

Arifandy, Norsain & Imam DF (2018) Peran Koperasi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Nelayan: Perspektif Modal Kerja. Jurnal Akademi Akuntansi 3(1):118-132.

Heriyono (2012) Peran Koperasi Dalam Pengembangan Perekonomian Rakyat. Fakultas Ekonomi Universitas Tujuh Belas Agustus Cirebon.

Ilhamidya DN, Sri K & Titin K (2020) Analisis Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Karyawan Sekar Jember Tahun Buku 2015-2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 14(1):213-217.

Melani, Winny R, dkk (2013) Peran Koperasi Dalam Meningkatkan Perokonomian Masyarakat Nelayan.

Sulindawati LGE (2012) Penyusunan Laporan Arus Kas Untuk Koperasi. Media Komunikasi FPIPS, 11(1):1–15.

Syamsuri (2020) Strategi Pengembangan Ekonomi Berdikari di Pesantren Gontor Berbasis Pengelolaan Kopontren. Al-Intaj 6(1).

Warno & Setiyanti SW (2014) Konsistensi Penerapan SAK Syariah pada Koperasi Syariah. Jurnal STIE Semarang 6(2):50–63.

Yuniarta (2020) Kebutuhan Tenaga Profesional Pada Koperasi Di Kabupaten Buleleng. Media Komunikasi FPIPS 19(1): 52-61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dialektika

Indexing by

  

 

View Jurnal Sosiologi Dialektika Stats

Creative Commons License
JSD by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.