Peranan satgas Dwelling Time Polres Pelabuhan Tanjung Perak terhadap penurunan angka Dwelling Time
Downloads
Kasus yang ditemukan di Pelabuhan Tanjung Perak adalah akumulasi kontainer lebih dari 6-7 hari. Hal ini tentu sangat merugikan berbagai pihak. Tujuan kajian ini adalah untuk mencari tahu dan menganalisa peranan kepolisian nasional terhadap penurunan tingkat waktu berdiam di Pelabuhan Tanjung Perak. Semakin lama waktu tinggal, semakin tinggi biaya logistik barang. Dalam studi ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi lamanya waktu tinggal hingga 6 sampai 7 hari di Pelabuhan Tanjung Perak masih banyak yang tidak dilaporkan punahnya ilegal, kerjasama lintas sektoral di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan gugus tugas waktu tinggal masih belum optimal dan kurang perilaku kesadaran terhadap Importir. Peran polisi dalam mengurangi waktu tinggal di Pelabuhan Tanjung Perak seperti melaksanakan kegiatan tindakan di lapangan sebagai tindak lanjut pengawasan waktu tinggal untuk mencegah punahnya ilegal; melakukan pengamatan dan patroli ke tempat, objek di dalam terminal kontainer; melaksanakan pengamanan pada saat tinggal pos; melampirkan stiker peringatan ke kontainer yang telah ada selama lebih dari sepuluh hari; koordinasi dengan lembaga lintas sektoral, dan melakukan kegiatan informasi dan komunikasi melalui media.
Absari HN, Hanif MF, Tjakra VP & Prathama WA (2016) Reducing dwelling time and logistics cost by implementing dry port. Maritime Economics & Logistics 2 (3):14-24.
Agustino L (2012) Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Anita SL & Asmadewa I (2017) Analisis dwelling time pada Pelabuhan Tanjung Priok melalui penerapan theory of constraits. Artikel Kepabeanan 2:73- 83.
Artakusuma A (2012) Analisis import container dwelling time di pelabuhan peti kemas Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok. Jurnal Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan:1-4.
DA PD & Erika B (2017) Effect of sedimentation volume on productivity and dwelling time of ships at bom baru port. MATEC Web of Conferences 138:7006.
Ducruet C, Koster HRA & Van der Beek DJ (2009) Commodity variety and seaport performance. Regional Studies 44 (9):1221–1240. doi:10.1080/00343400903167904
Dwarakish GS & Salim AM (2015) Review on the role of ports in the development of a nation. Aquatic Procedia 4 (1):295-301.
Gultom E (2010) Birokrasi pemicu tindakan kekerasan petugas di pelabuhan Indonesia. UNISIA 61:291-303.
Hamidi (2010) Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Kementerian Perdagangan (2015) Laporan Akhir Analisis Pemenuhan Kebutuhan Barang Pokok di Daerah Perbatasan. Jakarta: Pusat Kebijakan Perdagangan dalam Negeri Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan.
Lusiana et al (2015) Buku Ajar: Metode Penelitian Kebidanan. Yogyakarta: Deepublish.
Nurminarsih S & Rusdiansyah A, Siswanto N & Gani AZ (2015) Dynamic-inventory Ship Routing Problem (D-ISRP) model considering port dwelling time information. Procedia Manufacturing 4:344–351. doi:10.1016/j.promfg.2015.11.050
Rafi S & Purwanto B (2016) Dwelling time management: Antara harapan dan kenyataan di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik 2 (2).
Safuan S & Budiandru B (2019) Modus kecurangan & program anti kecurangan di pelabuhan (studi kasus pelabuhan di Jakarta). Owner 3 (2):54-65.
Sarjiyanto S (2017) Service of transportation and logistics at TPKS Semarang to shorten the dwelling time in AEC era. Journal of Theory and Applied Management 10 (2):136-149.
Shi Y & Xiaoguang Y (2013) The public transportation system of high quality in Taiwan. Procedia-Social and Behavioral Sciences 96: 1350-1361.
Soekanto S (2009) Peranan Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers.
Takola DM (2013) Analysis of Import Container Dwelling time In Surabaya Container Terminal (TPS) Port of Tanjung Perak. Surabaya: ITS.
Tentowi RA, Sumadikara TS & Panggabean R (2016) Politik Hukum Tata Kelola Kepelabuhanan Nasional Studi Kasus Dwelling Time Di Tanjung Priok-Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabean.
Utami WS (2015) Percepatan dwelling time: strategi peningkatan kinerja perdagangan internasional Pelabuhan Tanjung Priok. Economics Development Analysis Journal 4 (1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.