Optimalisasi satuan lalu lintas Polres Gresik dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas akibat pelanggaran muatan
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi satuan lalu lintas untuk menanggulangi kecelakaan akibat pelanggaran muatan. Metode yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang telah dilakukan satuan lalu lintas Polres Gresik dalam menanggulangi kecelakaan yang disebabkan kelebihan muatan adalah langkah preemtif (berupa sosialisasi), preventif (perencanaan rekayasa lalu lintas, perencanaan kawasan tertib lalu lintas) dan langkah represif (penilangan dan melaksanakan operasi gabungan). Kendala yang dihadapi oleh Polres Gresik dalam mengoptimalkan satuan lalu lintas Polres Gresik dalam menanggulangi kecelakaan yang disebabkan kelebihan muatan adalah minimnya kesadaran pengemudi yang mementingkan pendapatan daripada keselamatan lalu lintas, kurang tegasnya anggota dalam menindak pelanggar kelebihan muatan, pelanggaran waktu beroperasi kendaraan yang terjadi secara berpola, kurangnya kerjasama dari Dinas Perhubungan dan kendala penempatan barang bukti. Upaya optimalisasi satuan lalu lintas Polres Gresik dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kelebihan muatan adalah memaksimalkan sosialisiasi tata cara pengangkutan yang benar kepada para pengusaha pemilik barang, transporter dan pengemudi yang bekerjasama dengan dinas perhubungan Kabupaten Gresik, melakukan sosialisasi pentingnya melakukan pengujian kendaraan bermotor, bekerjasama dengan pihak asuransi kendaraaan untuk menghilangkan asuransi kecelakaan akibat pelanggaran muatan, dan memaksimalkan rekayasa lalu lintas untuk melakukan penataan moda share material.
Bliss T & Breen J (2009) Implementing the Recommendations of the World Report on Road Traffic Injury Prevention. Country Guidelines for the Conduct of Road Safety Capacity Reviews and the Related Specification of Lead Agency Reforms, Investment Strategies and Safety Projects. World Bank Global Road Safety Facility, Washington, DC.
Chang LY & Mannering F (1999) Analysis of injury severity and vehicle occupancy in truck-and non-truck-involved accidents. Accident Analysis & Prevention, 31 (5):579-592.
Hermawan SA, Haryadi B, & Kushardjoko W (2013) Hubungan Uji Berkala Kendaraan Bermotor dengan Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Cirebon (Doctoral dissertation, Civil Engineering Master Program). Universitas Diponegoro. Semarang.
Hirawan Z (2017) Pelayanan publik di Kabupaten Subang (Studi kasus pelayanan uji kir dan trayek pada Dinas Perhubungan Kabupaten Subang). Jurnal Administrasi Publik 8 (1).
Jayanti S & Widjasena B (2016) Analisis penyebab dan pengendalian kejadian kecelakaan kerja di jalan raya pada deliveryman tahun 2014-2015 (Studi kasus pada deliveryman PT. Coca Cola Amatil Indonesia Central Java). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 4 (4):756-762.
Johnston I (2010) Beyond "best practice” road safety thinking and systems management – A case for culture change research. Safety Science 48 (9):1175–1181. doi:10.1016/j.ssci.2009.12.003
Khorashadi A, Niemeier D, Shankar V, & Mannering F (2005) Differences in rural and urban driver-injury severities in accidents involving large-trucks: An exploratory analysis. Accident Analysis & Prevention 37 (5):910–921. doi:10.1016/j.aap.2005.04.009
Lee EH (2014) U.S. Patent Application No. 14/346,758.
McKinnon AC (2008) Should the maximum length and weight of trucks be increased? A review of European research. Logistics Research Centre, HeriotWatt University, Edinburgh. In: Proceedings of the 13th International Symposium on Logistics 6–8 July 2008, Bangkok.
Negara D, Jayanti S, & Widjasena B (2017) Analisis kecelakaan bus rapid transit (BRT) Semarang koridor II Terminal Terboyo–Terminal Sisemut Ungaran tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 5 (5):115-125.
Oktavania (2014) Implementasi Pasal 14 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur No 4 tahun 2012 tentang Pengendalian kelebihan Muatan. Malang: Universitas Brawijaya.
OECD, 2008. Towards Zero: Ambitious Safety Targets and the Safe System Approach. OECD, Paris.
Pratama MH (2015) Strategi Meningkatkan kualitas pelayanan publik (Studi deskriptif tentang strategi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor). Kebijakan dan Manajemen Publik 3 (3):90-98.
Qi L, Zhou M, Luan W (2015) Emergency traffic-light control system design for intersections subject to accidents. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems 17 (1):170-183.
Sugiyono (2009) Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trinca GW, Johnston IR, Campbell BJ, Haight FA, Knight PR, Mackay GM, McLean AJ, Petrucelli E, (1988). In: Reducing Traffic Injury – A Global Challenge. Royal Australasian College of Surgeons, Melbourne.
WHO (2004) World Report on Road Traffic Injury Prevention. WHO, Geneva.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.