Pemaknaan fashion: Studi gaya hidup pada komunitas Indonesia Sneakers Team Surabaya

identitas sosial fashion tim sepatu Indonesia gaya hidup media

Authors

May 23, 2020

Downloads

Fashion menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian dan telah menjadi identitas sesorang. Identitas sosial seseorang terbentuk melalui proses sosial sehingga membedakannya dengan orang lain dilihat dari ciri-ciri sosial seperti kebiasaan berpakaian, kebiasaan mengisi waktu luang, kebiasaan berbelanja dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna mode sebagai bentuk identitas sosial dan gaya hidup di Tim Sepatu Surabaya. Penelitian ini dilakukan di komunitas Tim Indonesia Sneakers Surabaya. Untuk menjawab masalah dalam penelitian ini digunakan teori Jean Baudrillard dan hyperreality dogma Leisure Class oleh Thorsten Veblen. Penelitian ini menggunakan model definisi sosial dengan teknik purposive untuk mendefinisikan informan. Informan dalam anggota komunitas penelitian adalah sepuluh sepatu tim Indonesia Surabaya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi di lapangan telah dianalisis dengan melalui proses pengumpulan data, kehilangan data, data presentasi, tipe data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan antara lain: Tim Sepatu Indonesia Surabaya adalah sekelompok orang yang hobi mengumpulkan sepatu dari berbagai merek. Komunitas ini lahir melalui forum di satu media sosial. Seorang anggota komunitas yang telah berpartisipasi dalam penerimaan konsumen karena nilai baru yang terjadi di setiap komunitas aktif yang bertemu dengan tim Indonesia. Selain itu, anggota komunitas terinspirasi oleh idola mereka dan diamati di media sosial untuk band. Fashion dimaksudkan untuk menjadi hobi, mengidentifikasi dan membangun citra yang baik di masyarakat.