Pengambilan keputusan suami istri dalam menentukan pendidikan anak: Studi pada Muslimat Hidayatullah Surabaya
Downloads
Keluarga adalah institusi ketahanan yang terkuat dan setiap manusia begitu terikat pada keluarga, karena setiap orang dilahirkan dalam keluarga. Setiap keluarga berfungsi sebagai pengantar untuk masyarakat yang lebih besar, sebagai hubungan pribadi dengan struktur sosial yang lebih besar. Kekuatan sosial keluarga adalah aspek yang tidak dapat ditemukan di institusi lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengambilan keputusan dalam menentukan pendidikan anak. Para ibu Muslimat Hidayatullah di Kota Surabaya sekaligus istri sebagai pendidik utama bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan dan suami terbaik dengan peran mereka, yang lebih kuat dalam membuat keputusan suami dan istri untuk menentukan pendidikan anak-anak mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teori pengambilan keputusan oleh George R. Terry dan teori hubungan kekuasaan oleh Faucault. Pengambilan informan dilakukan dengan teknik purposive. Data diperoleh tujuh informan subjek dan tiga informan non subjek. Ada beberapa hasil yang diperoleh dari penelitian ini. Pertama, suami lebih dominan ketika dia memiliki akses ke pengetahuan dalam pendidikan, kemampuan ekonomi untuk memenuhi semua kebutuhan suami, dan pemahaman agama. Kedua, istri lebih dominan ketika dia memiliki akses ke pengetahuan tinggi dan keterampilan ekonomi yang sama dengan suaminya. Ketiga, diskusi dan musyawarah adalah jalan yang dipilih oleh suami dan istri untuk mempertimbangkan sekolah. Terakhir, sekolah Hidayatullah dipilih untuk pendidikan anak-anak mereka karena mereka menganggapnya sebagai tempat terbaik untuk menjaga agama.
Abbott P & Wallace C (Eds.) (2016) Gender, Power and Sexuality. Springer.
Ahmad K (1974) Family life in Islam. Islamic Foundation.
Anderson KJ & Minke KM (2007) Parent involvement in education: Toward an understanding of parents' decision making. The Journal of Educational Research 100 (5):311-323.
Badawi H (2005) Parental reasons for school choice: A case study of an Islamic school in the United States of America (Doctoral dissertation, University of Minnesota).
Ball S J (2012) Foucault, Power, and Education. Routledge.
Bosetti L (2004) Determinants of school choice: Understanding how parents choose elementary schools in Alberta. Journal of Education Policy 19 (4):387-405.
Carolan MT, Bagherinia G, Juhari R, Himelright J, Mouton-Sanders M (2000) Contemporary Muslim families: Research and practice. Contemporary Family Therapy 22 (1):67-79.
Daniel KL, Prue C, Taylor MK, Thomas J, Scales M (2009) ‘Learn the signs. Act early': A campaign to help every child reach his or her full potential. Public Health 123:e11-e16.
Denessen E, Driessena G, Sleegers P (2005) Segregation by choice? A study of group"specific reasons for school choice. Journal of Education Policy 20 (3):347-368.
Dornbusch SM, Ritter PL, Mont-Reynaud R, Chen ZY (1990) Family decision making and academic performance in a diverse high school population. Journal of Adolescent Research 5 (2):143-160.
Freire P (1985) The Politics of Education: Culture, Power, and Liberation. Greenwood Publishing Group.
Gurko TA (2017) New family forms: tendencies of spreading and concepts. Sociological Studies 11 (11):99-110.
Ikhwan A, Biantoro OF, Rohmad A (2019) The Role of the Family in Internalizing Islamic Values. Dinamika Ilmu 19 (2):323-335.
Mitchell BA (2017) Family Matters: An Introduction to Family Sociology in Canada. Canadian Scholars' Press.
Newman, DM & Grauerholz E (2002) Sociology of Families. Pine Forge Press.
Predelli LN (2004) Interpreting gender in Islam: A case study of immigrant Muslim women in Oslo, Norway. Gender & Society 18 (4):473-493.
Putri DPK, Lestari S (2016) Pembagian peran dalam rumah tangga pada pasangan suami istri Jawa. Jurnal Penelitian Humaniora 16 (1):72-85.
Wilson P & Pahl R (1988) The changing sociological construct of the family. The sociological Review 36 (2):233-266.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.