Analisis kinerja pelayanan publik pengurusan Surat Ijin Mengemudi berbasis teknologi informasi

Arpan Arpan

= http://dx.doi.org/10.20473/jsd.v15i1.2020.16-25
Abstract views = 68 times | downloads = 44 times

Abstract


Penilaian kinerja penerbitan SIM sistem online dengan prinsip layanan prima di Satpas Polresta Sidoarjo dilakukan berdasarkan 9 indikator sebagaimana pendapat Bob Livingston. Hasil dari indikator ini: “Melebihi harapan”, yang mana dalam kriteria ini terdapat beberapa orang yang kurang puas terhadap aplikasi e-SIM Sidoarjo yang dianggap sering bermasalah, mengalami penutupan paksa, maupun kurangnya menu dalam aplikasi sehingga harapan yang tinggi oleh masyarakat belum mencapai potensi yang sepenuhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal “menangani pengaduan” saat ini pengaduan tidak dapat dilakukan secara online melalui aplikasi e-SIM Sidoarjo. Meskipun begitu, menurut penulis pengaduan online penting untuk diintegrasikan dalam aplikasi untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat. Pelayanan e-SIM Sidoarjo menurut indikator Livingston yaitu: “melebihi harapan”. Standarisasi pelayanan yang diberikan oleh petugas Polresta Sidoarjo, sikap perhatian dan pelayanan yang bermutu tinggi menimbulkan kepuasan masyarakat menjadi patokan penting dalam pelayanan yang melebihi harapan.


Keywords


kinerja; pelayanan; e-SIM; integrasi; kepolisian

Full Text:

PDF

References


Sinambela LP (2014) Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunanto S, Taufiqurrahman T & Pangemanan R (2007) An analysis of university e-service quality gap and student satisfaction in Indonesia. The International Journal of Knowlwdge, Culture, and Change Management 7 (7):1-10.

Susanti G (2006) E-Government dalam pelayanan publik. Visi Jurnal Ilmu Administrasi Fisip Universitas Hassanuddin 7 (2):18-29.

Tejo GA & Machasin (2015) Pengaruh kompetensi dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja serta dampaknya terhadap kinerja personel bidang humas Polda Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis 7 (3):437-454.

Utomo AS (2018) Peranan satgas Dwelling Time Polres Pelabuhan Tanjung Perak terhadap penurunan angka Dwelling Time. Jurnal Sosiologi Dialektika 13 (2):132-140.

Wicaksana AR (2018) Kewenangan tembak di tempat oleh aparat kepolisian terhadap pelaku kejahatan. Jurnal Sosiologi Dialektika 13 (2):114-121.

Wiyono TS, Saputra R & Sarwoko EA (2012) pengembangan sistem informasi pendaftaran Surat Izin Mengemudi online. Journal of Informatics and Technology 1 (1):52-62.

Yih Goh C, Wei Ong J, Zhuang Tan S, Guan Guan Goh G & Cyril Eze U (2011) E-service quality and user satisfaction toward e-filling. International Journal on Social Science, Economic and Art 2 (2):50-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sosiologi Dialektika

Indexing by

  

 

View Jurnal Sosiologi Dialektika Stats

Creative Commons License
JSD by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.