Gaya hidup penggunaan kartu kredit masyarakat urban di Surabaya
Downloads
Kartu kredit merupakan salah satu pendukung dan pemicu percepatan budaya baru. Lembaga keuangan khususnya perbankan berlomba untuk memberikan berbagai fasilitas produk yang menunjang gaya hidup masyarakat modern tersebut, yaitu dengan memberikan penawaran produk kartu kredit yang didalamnya terdapat berbagai macam kemudahan serta keuntungan. Pada hakikatnya masyarakat yang memiliki kartu kredit cenderung konsumtif karena menganggap bahwa uang yang didapat adalah miliknya sendiri padahal uang tersebut merupakan titipan dari pihak bank yang mengambil keuntungan dari penggunaan kartu kredit berupa angsuran, bunga, dan administrasi lain. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan cara masyarakat dalam menggunakan kartu kredit yang dapat mempengaruhi pola konsumsi menjadi lebih boros demi memenuhi gaya hidup. Kaitan antara gaya hidup dan penggunaan kartu kredit terdapat pada penggunaan uang, perilaku masyarakat setelah diterbitkannya kartu kredit menjadi tidak transparan terhadap beban bunga dan cara memakai yang tidak ekonomis.
Bakhare SR (2011) A study on consumer behavior towards credit in Nagpur City. Journal of Banking Financial Services and Insurance Research 1 (4):32-43.
Baudrillard JP (2004) Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Chaney D (2003) Life Styles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Dewi C & Baridwan Z (2015) Pengaruh sikap, kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan kualitas sistem terhadap minat masyarakat dalam menggunakan kartu kredit (Studi kasus pada RSUD Dr H. Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 3 (2):1-21.
Fadila (2017) Hubungan antara pendapatan dan gaya hidup masyarakat dalam pandangan Islam. Mizan: Jurnal Ilmu Syariah 5 (1):39-50.
Fauzan M (2017) Gaya hidup nasabah dan keputusan dalam penggunaan kartu kredit. Sensi: Jurnal Bisnis dan Management 7 (2):181-192.
Jati WR (2015) Less cash society: Menakar mode konsumerisme baru kelas menengah Indonesia. Jurnal Sosoteknologi 14 (2):102-112.
Kristianti DS (2014) Kartu kredit syariah dan perilaku konsumtif masyarakat. Ahkam 14 (2):287-296.
Lubis AH & Lubis I (2012) Analisis perilaku masyarakat Muslim terhadap penggunaan kartu kredit di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan 1 (1):22-35.
Moleong LJ (2014) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putri N, Sasongko W & Okataviana S (2017) Perlindungan pemegang kartu kredit berkaitan dengan peretasan kartu kredit. Pactum Law Journal 1 (1):65-72.
Ramadani L (2016) Pengaruh penggunaan kartu debit dan uang elekronik (E-Money) terhadap pengeluaran konsumsi mahasiswa. JESP 8 (1):1-8.
Ramayah T, Nasurdin AM & Choo LH (2002) Cardholder's attitude and bank credit card usage in Malaysia. Asian Academy of Management Journal 7 (1):75–102.
Rimenda T & Listiawati R (2013) Pengaruh diskon dan penggunaan kartu kredit terhadap compulsive buying. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan 1 (1):56-60.
Sahrub SMP (2019) Pemaknaan fashion: Studi gaya hidup pada komunitas Indonesia Sneakers Team Surabaya. Jurnal Sosiologi Dialektika 14 (2):103-110.
Sayono JA (2009) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi kepemilikan, penggunaan, pembayaran, dan peluang terjadinya gagal bayar dalam bisnis kartu kredit. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 3 (1):61–80.
Setiadi JN (2008) Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Penerbit Kencana.
Subagyo (2005) Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Sugihartati R (2010) Membaca, Gaya Hidup dan Kapitalisme. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarto A, Subroto & Arianto A (2011) Penggunaan kartu kredit dan perilaku belanja kompulsif: Dampaknya pada resiko gagal bayar. Jurnal Manajemen Pemasaran 6 (1):1-17.
Sutriati, Kartikowati S, & Riadi RM (2018) Pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau. JOM FKIP 5:1-10.
Suyanto B (2014) Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Jakarta: Prenanda Media.
Themba G & Tumedi CB (2012) Credit card ownership and usage behavior in Bostwana. International Journal of Business Administration 3 (6):60-71.
Wickramsinghe V & Gurugamage A (2009) Consumer credit card ownership and usage practices: Empirical evidence from Sri Lanka. International Journal of Consumer Studies 33 (1):436–447.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.