Kebijakan One-Gate System sebagai upaya meningkatkan pelayanan lalu lintas di Satpas Gresik

One-Gate System indeks kepuasan masyarakat pelayanan SIM lalu lintas kebijakan

Authors

August 23, 2020

Downloads

Munculnya berbagai kendala terhadap pelayanan lalu lintas di Satpas Gresik menimbulkan berbagai keluhan dari masyarakat, sehingga kepolisian mengeluarkan kebijakan One-Gate System. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi One-Gate System sebagai upaya meningkatkan pelayanan lalu lintas di Satpas Gresik serta mengetahui kendala atau hambatan apa saja yang muncul dalam proses pengurusan SIM di Kantor Samsat Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian di lapangan menemukan bahwa implementasi One-Gate System sebagai sarana meningkatkan pelayanan lalu lintas yaitu adanya sumberdaya manusia Polri yang memahami tugas pokok fungsi masing-masing, prosedur pembuatan SIM yang sederhana dan cepat, peralatan pelayanan One-Gate System lebih modern dan update, adanya kerjasama antar pelaksana One-Gate System dan indeks kepuasan masyarakat yang sangat baik. Kendala dalam proses pengurusan SIM dengan One-Gate System sebagai upaya meningkatkan pelayanan lalu lintas yaitu faktor sumberdaya manusia Satpas Polres Gresik masih ada yang belum mengikuti pendidikan kejuruan dan sertifikasi serta faktor kenyamanan dan kebersihan sarana dan prasarana.