Manajemen pelayanan keamanan masyarakat berbasis IT guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat: Program Panic Button on hand polres Malang kota
Downloads
Meningkatnya jumlah kejahatan memaksa perlunya keamanan menjadi hal utama dan merupakan persyaratan penting bagi manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya optimalisasi program layanan masyarakat di bidang layanan masyarakat berbasis IT di Kepolisian Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan yang digunakan yaitu observasi. Hasil penelitian dibahas dengan menggunakan dua konsep, yaitu pertanyaan pertama tentang pengelolaan layanan masyarakat berbasis IT di Kepolisian Kota Malang, dimana mereka diukur menggunakan konsep POAC (perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penggerakan). Sementara itu, pertanyaan kedua dibahas tentang upaya untuk mengoptimalkan manajemen layanan keamanan publik di bidang keamanan komunitas berbasis IT menggunakan konsep 4M (manusia, uang, bahan dan metode).
Arpan (2020) Analisis kinerja pelayanan publik pengurusan Surat Ijin Mengemudi berbasis teknologi informasi. Jurnal Sosiologi Dialektika 15 (1):16-25.
Bisri MH & Asmoro BT (2019) Etika pelayanan publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation 1 (1):59-76.
Fahlefi Z, Paranoan D & Utomo HS (2014) Penerapan teknologi informasi bagi pelaksanaan pelayanan publik (Studi kasus pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda. E-Journal Administrative Reform (4):996-1007.
Gaol JL (2008) Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta: PT Grasindo.
Hasjimzum Y (2014) Model demokrasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik (Studi otonomi daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat pasca reformasi). Jurnal Dinamika Hukum 14 (3):445-457.
Holle ES (2011) Pelayanan publik melalui electronic government: Upaya meminimalisir praktek maladministrasi dalam meningkatkan public service. Jurnal Sasi 17 (3):21-30.
Indrajit RE (2006) Elektronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: ANDI.
Ismail C (2012) Tantangan Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas pada masyarakat Demokrasi. Jakarta: Jurnal Srigunting.
Kamarmi N (2011) Analisis pelayanan publik terhadap masyarakat (Kasus pelayanan kesehatan di Kabupaten Agam). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 2 (3):84-110.
Larasati E (2008) Reformasi pelayanan publik (public services reform) dan partisipasi publik. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik 5 (2):254-267.
Laudon KC & Laudon JP (2007) Sistem Infornasi Manajemen Edisi ke-10. Jakarta: Salemba Empat.
Moleong LJ (2014) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Monica Z (2017) The impect of Unemployment in Indonesia. Dalam: kompasiana.com/zahramonicad. Diakses: 17 Agustus 2019.
Mukarom Z (2015) Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Mustolih I (2019) Program polisi mitra rukun warga dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di Polres Kota Malang. Jurnal Sosiologi Dialektika 14 (1):52-58.
Prabowo TL & Irwansyah (2018) Media digital polisiku: Pelayanan publik Polri kepada masyarakat. Jurnal Studi Komunikasi 14 (3):539 – 546.
Purnomo HD (2019) Peran Tim Anti Bandit Satreskrim Polrestabes Surabaya dalam penanggulangan tindak pidana kejahatan jalanan. Jurnal Sosiologi Dialektika 14 (1):34-43.
Rahmalia S, Ariusni & Triani M (2019) Pengaruh tingkat pendidikan, pengangguran, dan kemiskinan terhadap kriminalitas di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi & Pembangunan 1 (1):21-36.
Reza F, Rochmah S & Siswidiyanto (2013). Analisis pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap -kepuasan masyarakat (Studi tentang pelayanan perekaman kartu tanda elektronik (e – KTP) di Kota Depok. Jurnal Adaministrasi Publik 1 (5):980-990.
Sarkoni E (2019) Aplikasi Go Sigap sebagai wujud peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dengan berbasis teknologi informasi. Jurnal Sosiologi Dialektika 14 (2):84-94.
Sedarmayanti (2014) Manajemen Strategi. Bandung: Refika Aditama.
Siagian H (1993) Manajemen: Suatu Pengantar. Semarang: Satya Wacana.
Solihin I (2012) Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.
Sugiarti Y (2014) Kemiskinan sebagi salah satu penyebab timbulnya tindak kejahatan. Jendela Hukum 1 (1):1-10.
Tejo GA & Machasin (2015) Pengaruh kompetensi dan budaya organisasi terhadap motivasi kerja serta dampaknya terhadap kinerja Personel Bidang Humas Polda Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis 7 (3):437 – 454.
Terry GR & Franklin SG (1997) Principles of Management, New Delhi: AITBS Publication.
Thamrin H (2013) Hukum Pelayanan Publik di Indonesia. Yogyakarta: Asakaja Presindo.
Undang-Undang No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Widodo J (2001) Good Governance: Telaah dari Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokasi Pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Surabaya: Insan Cendekia.
Winarsih R (2006) Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.