Pengaruh Media Komunikasi terhadap Kesesuaian dan Penggunaan Suplemen di Masyarakat Kota Surabaya Saat Pandemi COVID-19
Downloads
Pola perilaku masyarakat dalam mencari pengobatan dipengaruhi oleh faktor pengetahuan, keyakinan dan sarana kesehatan. Paparan iklan pada media komunikasi akan mempengaruhi perilaku dalam konsumsi suplemen. Adanya informasi yang tidak tepat dan tidak lengkap pada iklan obat dapat menyebabkan kesalahan penggunaan obat hingga berpengaruh pada kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komunikasi terhadap kesesuaian penggunaan suplemen dan peningkatan penggunaan suplemen saat pandemi COVID-19. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan metode analitik dan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Kota Surabaya dengan instrumen kuesioner yang disebarkan secara online dengan platform google form. Penelitian menggunakan teknik non-random sampling. Dalam pengujian terhadap hubungan antar variabel atau hipotesis peneliti menggunakan uji Kendall's Tau. Hasil penelitian dari 322 responden menunjukkan tidak ada pengaruh media komunikasi terhadap penggunaan suplemen dengan p = 0,122 (α >0,05). Mayoritas responden (252 responden; 78,3%) memiliki kesesuaian penggunaan suplemen saat pandemi COVID-19 dalam hal frekuensi, jumlah, dan indikasi yang baik. Pada uji beda mengenai penggunaan suplemen didapatkan p = 0,000 (α <0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan penggunaan suplemen sebelum dan saat pandemi COVID-19. Terdapat peningkatan konsumsi suplemen saat pandemi COVID-19. Kesimpulan pada penelitian ini adalah media komunikasi tidak berpengaruh terhadap kesesuaian dan penggunaan suplemen saat pandemi COVID-19 serta terdapat peningkatan penggunaan suplemen sebelum dan saat pandemi.
Altmann, T. K. (2008) ‘Attitude: a concept analysis.', Nursing Forum, 43(3), pp. 144-150. doi: 10.1111/j.1744-6198.2008.00106.x.
Alyami, H. S., Orabi, M. A., Aldhabbah, F. M., Alturki, H. N., Aburas, W. I., Alfayez, A. I., Alharbi, A. S., Almasuood, R. A., & Alsuhaibani, N. A. (2020) ‘Knowledge about COVID-19 and beliefs about and use of herbal products during the COVID-19 pandemic: A cross-sectional study in Saudi Arabia', Saudi Pharmaceutical Journal, 28(11), pp. 1326-1332.
Azwar, S. (2011) Sikap Manusia, Teori, dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BPOM RI. (2020) Buku Saku Suplemen Kesehatan Untuk Memelihara Daya Tahan Tubuh dalam Menghadapi COVID-19.
Bafadhal, O. M., & Santoso, A. D. (2020) ‘Memetakan pesan hoaks berita COVID-19 di Indonesia lintas kategori, sumber, dan jenis disinformasi.', Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(2), pp. 235-249.
Barua, Z., Barua, S., Aktar, S., Kabir, N., & Li, M. (2020) ‘Effect of misinformation on COVID-19 invidual responses and recommendations for resilience of disastrous consequences of misinformation.', Journal Progress in Disaster Science, 8, pp. 1-9. doi: 10.1016/j.pdisas.2020.100119.
Chaiwchan, P., Nookhong, J., Wanwadee, N., & Sriviboon, C. (2019) ‘A content analysis of the dietary supplement information on digital media.', The 2019 International Research Conference in Zurich, pp. 63-69.
Chumairoh, H. (2020) ‘Ancaman berita bohong di tengah pandemi COVID-19.', Vox Populi, 3(1), pp. 22-30. doi: 10.24252/vp.v3i1.14395
Dharma, P. S. (2015) Deteksi Dini dan Pencegahan Penyakit Ginjal. Yogyakarta: DAFA Publishing.
Dimara, S. O. (2001) ‘Dampak iklan obat terhadap perilaku konsumsi obat.', Jurnal Media Medika, 1(1), pp. 1-17.
Eirich, F. & Corbett, K. (2007) ‘Guide 4 : Understanding and Measuring Attitudes.', Scottish Government Social Research Group Social Science Methods Series, pp. 1 - 7.
Evans, A., Santos, E., & Ford, M. (2020) Impact of COVID-19 on Vitamins, Minerals and Supplements. https://www.lek.com/insights/ei/impact-covid-19-vitamins-minerals-and-supplements#.
Hurlock, A. (2007) Promosi Kesehatan Bayi dan Balita. Jakarta: Salemba Medika.
Kementerian Kesehatan RI. (2020) Panduan Gizi Seimbang pada Masa Pandemi Covid-19.
Michele, C. A., Angelo, B., Valeria, L., Teresa, M., Pasquale, L., Guisepe, C., Giovani, M., Michele D. P., Ernestina, P., & Mario, B. (2020) ‘Vitamin supplements in the era of SARS-Cov2 pandemic.', GSC Biological and Pharmaceutical Sciences, 11(2), pp. 7–19.
Morison, F., Untari, E. K., & Fajriaty, I. (2015) ‘Analisis tingkat pengetahuan dan persepsi masyarakat Kota Singawang terhadap obat generik.', Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 4(1), pp. 39-48.
Mukti, A. W. (2020) ‘Hubungan pengetahuan terhadap perilaku penggunaan suplemen kesehatan warga Kebonsari Surabaya di masa pandemi COVID-19.', Jurnal Sains Farmasi, 1(1), pp. 20-25.
Ningrum, D. S. (2019) Pengaruh iklan obat nyeri kepala di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi pada masyarakat (studi di Dusun Karang Jambe Desa Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu). Thesis Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Notoatmodjo, S. (2007) Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2014) Ilmu Perilaku Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta.
Prasanti, D. & Faudy, I. (2018) ‘Pemanfaatan media komunikasi dalam penyebaran informasi kesehatan kepada masyarakat.', Jurnal Reformasi, 8(1), pp. 8-14. doi: 10.33366/rfr.v8i1.921
Rachmawati, H. (2011) Pengaruh Iklan Obat Flu di Televisi terhadap Pemilihan Obat secara Swamedikasi pada Masyarakat di Malang.', Jurnal Farmasi dan Ilmu Kesehatan, 1(2), pp. 1-11. doi: 10.22219/far.v1i2.1169.
Rahmawati, F. (2007) ‘Nonprescription drug promotion in mass-media print publication in Indonesia.', Malaysian Journal of Pharmaceutical Sciences, 5(1), pp. 1-6.
Shakoor, H., Feehan, J., Al Dhaheri, A. S., Ali, H. I., Platat, C., Ismail, L. C., Apostolopoulos, V., & Stojanovska, L. (2020) ‘Immune-boosting role of vitamins D, C, E, zinc, selenium and omega-3 fatty acids: could they help against COVID-19?.', Maturitas, 143, pp. 1-9. doi: 10.1016/j.maturitas.2020.08.003.
Shani, H., & Hunny, S. (2020) ‘Role of social media during the COVID-19 pandemic: benefical, destructive, or reconstructive?.', International Journal of Academic Medicine, 6(2), pp. 70-75.
Sweetman, S. C. (2014) Martindale the Complete Drug Reference. London: Pharmaceutical Press.
Tabita, I. A., Sudargo, T., & Nisa, F. Z. (2012) ‘Faktor ibu dalam pemberian suplemen pada anak prasekolah.', Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 8(4), pp. 172-181. doi: 10.22146/ijcn.18214.
Tavakol, M., & Dennick, R. (2011) ‘Making sense of cronbach's alpha.', International Journal of Medical Education, 2, pp. 53-55. doi: 10.5116/ijme.4dfb.8dfd.
Utami, A. P. & Juniarsa, I.W. (2013) ‘Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Konsumsi Vitamin (A, C, E) Pada Ibu-Ibu yang Mengonsumsi Suplemen di Lala Studio.', Jurnal Skala Husada, 10 (2), pp.159 - 166.
WHO, (2020) https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1.
Wiedyaningsih, C., Primayani, N., & Warastuti. (2011) ‘Iklan obat bebas evaluasi dan implementasi metode cema-community.', Jurnal Majalah Farmasi Indonesia, 22(4), pp. 286 – 292.
Wooltorton, E. (2003) ‘Too much of a good thing? toxic effects of vitamin and mineral supplements.', Canadian Medical Association Journal, 169(1), pp. 47–48.
Yilmaz, H. O., Asalan, R., & Unal, C. (2020) ‘Effect of the COVID-19 pandemic on eating habits and food purchasing behaviors of University Students.', National Public Health Journal, 15(3), pp.154-159.
Copyright (c) 2022 Jurnal Farmasi Komunitas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
In order to be accepted and published by JFK, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript, the author(s) agreed to these following terms:
1. Copyright of the article is transferred to the journal (JFK), by the knowledge of the author, whilst the moral right of the publication belongs to the author. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints). JFK maintain the publishing rights to the published articles.
2. The formal legal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-Non-Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA), which implies that the publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Every publication (print/electronic) is open access for educational, research, and library purposes. In addition to the objectives mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright infringement
The Copyright Transfer Agreement Form can be downloaded ON THIS FORM.
Jurnal Farmasi Komunitas (JFK) by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.