Kepuasan Penggunaan Aplikasi Med-Pharm Games dalam Pembelajaran

Farmasi Games Kepuasan

Authors

  • Rani Tiara Desty
    destyranitiara@gmail.com
    Program Studi Farmasi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Dessy Ratna Sari Program Studi Farmasi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Desi Fujiana Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Surakarta
May 31, 2024

Downloads

Teknologi dan pendidikan menjadi kesatuan dalam perkembangan zaman. Game edukasi adalah permainan yang diciptakan untuk memicu kekuatan berpikir. Salah satu perkembangan game edukasi bagi mahasiswa adalah Aplikasi Med-Pharm Games berfungsi untuk mengetahui nama-nama obat dan kegunaanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Med-Pharm Games. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan pengambilan data secara cross-sectional. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah adalah mahasiswa semester 1 Jurusan Farmasi Kampus 3 Poltekkes Kemenkes Surakarta berjumlah 40 mahasiswa. Variabel yang diteliti adalah kepuasan pengguna aplikasi yang mencakup dimensi isi dan kemudahan penggunaan. Analisis data menggunakan analisis univariat secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan lebih banyak responden yang berjenis kelamin perempuan (92,5%) dibanding laki-laki. Sebagian besar (72,5%) responden berusia 18 tahun.  Pada dimensi isi bahwa hampir seluruh responden menilai susunan bahasa yang digunakan pada aplikasi sudah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia maupun bahasa asing dengan sangat baik. Lebih dari separuh responden (70,0%) menyatakan game ini dapat membantu mahasiswa untuk memahami materi farmakologi dengan sangat baik. Sebagian besar responden (47,5%) menyatakan sangat puas saat menggunakan Med-Pharm Games. Hal akurasi dari sistem perlu diperbaiki dari aplikasi. Dengan demikian, dapat meningkatkan kinerja operasi dari aplikasi Med-Pharm Games.