Perancangan dan Penerapan Konten e-Learning melalui Learning Management System dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Studi Kasus pada Mata Kuliah Pemrograman Basis Data
Downloads
Abstrak – Mata Kuliah Pemrograman Basis Data merupakan salah satu mata kuliah inti dan memiliki kompetensi utama pada program studi D3 Manajemen Informatika di Fakultas Ilmu Terapan Unversitas Telkom. masih banyak mahasiswa yang merasa kesulitan mengikuti mata kuliah ini karena metode pembelajarannya masih dilakukan secara konvensional dengan pengajaran berpusat pada dosen. Dosen memberikan materi berupa slide di dalam kelas dan mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara terus menerus di dalam kelas. Hal ini membuat mahasiswa bosan dan menurunkan minat dan motivasi belajar mereka. Untuk mengatasi masalah ini penulis akan membuat suatu rancangan konten e-learning mata kuliah pemrograman basis data dan menerapkannya melalui Learning Management System (LMS) terintegrasi yang bernama iDea milik Universitas Telkom. Metode yang digunakan untuk membangun konten e-learning ini adalah metode prototype dan software aplikasi yang digunakan untuk pembuatan konten interaktif adalah Microsoft Power Point yang didalamnya terkandung teks, video, animasi flash dan narasi serta software aplikasi Wondershare QuizCreator untuk pembuatan soal interaktif. Untuk mengukur konten e-learning yang dihasilkan dilakukan pengujian dengan menggunakan kuesioner dan beberapa contoh soal dalam bentuk aplikasi media interaktif. Hasil pengujian akan memperlihatkan seberapa besar minat dan pemahaman mahasiswa terhadap konten e-learning yang telah dirancang.
Kata Kunci – Perancangan Konten, e-Learning, Media Interaktif
Abstract - Database Programming is one of the core courses and has core competencies in the study program of D3 Information Management at the School of Applied Science of Telkom University. There are many students who find it hard to follow this course because its learning methodology is still done conventionally with teacher-centered learning. The lecturers provide the materials in the form of slides and explain it in the classroom and the students listen to the lecturers' explanation. The learning activities are always carried out in the classroom. This makes the students bored and decreases their learning interest and motivation. To overcome this problem, the writer is going to create a design of e-learning contents for Database Programming course and implement it through an integrated Learning Management System (LMS) named IDEA that is owned by Telkom University. The method used to create this e-learning contents is the prototype method, the application used to create the interactive contents (that contain text, video, flash animation, and narration) is Microsoft PowerPoint, and the application used to create the interactive quiz is Wondershare Quiz Creator. An examination is done to measure the e-learning content created, by using questionnaires and some samples of questions in the form of interactive media application. The test results will show how much the interest and understanding of students to the e-learning content that has been created.
Keywords - Contents Design, e-Learning, Interactive Media
Allen, M. (2013). Michael Allen's Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.
Budi, & Nurjayanti, B. (2012). Pengembangan Metode Pembelajaran Online Berbasis E-Learning. Jurnal Sains Terapan , 2 (1), 103-113.
Budiawan, R., & Maesaroh, L. (2015). Implementasi Konten E-Learning Mata Kuliah Fisika Studi Kasus : D3 Teknik Komputer, Universitas Telkom. Jurnal Infotel , 7 (2), 1-8.
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan , 8 (2), 1-10.
Faesal, A., & Dasriani, N. G. (2015). Rancang Bangun Media Perangkat Bantu Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Mata Kuliah Pemrograman. Jurnal MATRIK , 14 (2), 1-7.
Hidayat, A., & Shinta, Q. (2012). Penerapan e-Learning sebagai suatu metode pembelajaran berbasis teknologi informasi (Studi Kasus : Mata Kuliah Pemrograman Berbasis Visual di STMIK PROVINSI). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi , 3 (2), 55-61.
Kosasi, S. (2015). Perancangan E-Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (pp. 1-7). Singaraja-Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.
Permana, P. (2013). Efektifitas Penerapan Learning Management System (LMS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Bahasa Jerman. Allemania , 2 (2), 136-151.
Pressman, R. S. (2010). Software engineering: a practitioner's approach. New York: McGraw-Hill Education.
Williams, B. K., & Stacey C S. (2007). Using Information Technology. Pengenalan Praktis . Yogyakarta: Penerbit Andi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
All accepted papers will be published under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) License. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication. CC-BY Licenced means lets others to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially).